Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan Predator Untuk Pemula

Ikan Predator Untuk Pemula - Ikan Predator di anggap ikan yang galak oleh beberapa masyarakat apalagi bagi pemula karena wujudnya yang seram dan memakan ikan kecil atau daging. Banyak yang takut memelihara ikan predator karena takut tangan nya tergigit dll. Ikan predator sebenarnya hanya memangsa ikan yang ukuran nya muat di mulutnya. kalo tidak muat di mulutnya dia tidak akan memakannya pengecualian untuk ikan piranha. 

Ikan predator juga takut kepada tangan manusia loh jadi aman untuk membersihkan aquarium. tapi ada beberapa yang gigit sih. Memelihara ikan predator sebaiknya memberi makan yang teratur jangan sampai kelaperan banget bisa bisa berantem atau ikan tankmate yang tadinya tidak muat dimulut bisa-bisa dimakan oleh yg besar. 

Rata-rata ikan predator dapat tumbuh besar jadi sebaiknya ukuran aquarium yg pas adalah minimal 1 meter, kalo bisa lebih. Karena ikan predator tergolong galak saya akan memberikan 5 ikan predator yang cocok di pelihara untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator. Berikut 5 Ikan predator yang dapat di pelihara untuk pemula :

1. Ikan Aligator 

Jangan Buang Ikan Aligator Di Kali atau Sungai

Ikan aligator atau biasa disebut ikan buaya karena mempunyai moncong yang seperti buaya. Ikan ini mampu tumbuh hingga 1 meter dan rata rata hidupnya yaitu 18 tahun. Ikan aligator adalah ikan predator yg pas untuk pemula karena harga nya yang murah serta pemeliharannya yang mudah.  Ada bermacam jenis untuk ikan ini. Namun yang paling mahal adalah aligator spatula platinum, Harganya bisa mencapai jutaan rupiah, Makananya berupa ikan-ikan kecil atau udang. Namun masyarakat banyak yang kurang pengetahuannya akan ikan ini. Buat pemula yang ingin memelihara ikan predator jenis ini berkomitmen lah untuk memeliharanya jangan sampai karena harga ikan ini yang murah setelah bosen untuk memeliharanya atau terlalu besar ikan ini malah dibuang dikali atau sungai indonesia karena ikan-ikan lokal kita akan habis di mangsanya.

Nama Ilmiah : Atractosteus spatula
Klasifikasi : Actinopterygii
Sebutan : Aligator
Subclass : Neopterygiii

2. Ikan Oscar

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula


Ikan satu ini mempunyai corak yang cantik cocok di pelihara di akuarium. Ikan Oscar masuk di keluarga ikan cichild. mempunyai beberapa jenis seperti oscar paris,batik,alibno bahkan ada yang buntutnya slayer atau panjang. Ikan ini mudah di dapat serta murah sehingga baik untuk pemula yang ingin mencoba memelihara ikan predator. Makananya pun sama seperti ikan predator lainnya namun oscar bisa memakan pelet jika dilatih.

Nama Ilmiah : Astronotus ocellatus
Kingdom : Animalia
Klasifikasi : Actinopterygii
Sebutan : A. ocellatus
Subclass : Cichliformes

3. Ikan Palmas

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan Palmas adalah ikan predator yang berenang pada dasar aquarium ikan ini disebut juga dengan ikan naga karena kepalanya yang seperti naga. Ikan ini cukup murah tergantung paa jenisnya. Yang termahal adalah jenis Polypterus Bichir Bichir atau nile bichir yang harnya mencapai 5 juta rupiah lebih. Makanan terbaik ikan ini adalah daging segar yg dipotong kecil-kecil bisa daging ikan atau daging udang.

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Polypteriformes
Family : Polypteridae
Genus : Polypterus

4. Ikan Belida

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan belida atau ikan clown fish ini dagingnya biasa dibuat makanan khas palembang yaitu pempek. Namun yang biasa dibuat pempek itu belida jawa. Jenis seperti belida bengkok, belida albino, dan belida royal kini menjadi favorit penghobi untuk memeliharanya karena motif dan bentuknya yang lucu. 

Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygii
Ordo : Osteoglossiformes
Famili : Notopteridae
Genus : Chitala
Spesies : C. lopis

5. Ikan Peacock Bass 

5 Ikan Predator Yang Dapat Di Pelihara Untuk Pemula

Ikan pbass atau peacock bass ini masuk dalam keluarga ikan cichild yang mempunyai corak dan warna yang bagus sehingga cocok sekali untuk di pelihara di akuarium apalagi saat memberi makannya ikan ini akan berebutan dan sangat cepat mengejar mangsanya. Ikan ini beraal dari benua amerki dan hidup di sungai sungai. Untuk jenisnya ikan ini sangat banyak.

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Class : Actinopterygii
Order : Cichliformes
Family : Cichlidae
Tribe : Cichlini
Genus : Cichla

PS: Bagi pemula yang ingin memlihara ikan predator dari luar negri janganlah membuang ikan predator tersebut ke kali dan sungai ya.

ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id
close