Cara Mengobati Penyakit Ikan Dengan Mengenali Jenis Penyakitnya

Cara Mengobati Penyakit Ikan Dengan Mengenali Jenis Penyakitnya

Sebagai pecinta ikan, Anda perlu mengetahui mengenai cara mengobati penyakit ikan. Terdapat beberapa jenis penyakit ikan yang perlu diketahui, seperti jamur, bakteri dan parasit. Kebanyakan, infeksi jamur ini disebabkan oleh kondisi kesehatan sebelumnya. Jenis penyakit parasit merupakan jenis penyakit yang paling mudah menular, serta bisa masuk ke dalam akuarium.

Penyebab yang kerap terjadi dari penyakit bakteri termasuk air yang memiliki kualitas buruk serta cara merawat ikan yang kurang baik. Berikut beberapa cara mengobati ikan sakit yang bisa Anda terapkan sendiri dirumah.

Baca Juga



Beberapa cara mengobati penyakit ikan 


1. Mengobati penyakit sirip dan ekor ikan

Mengobati penyakit sirip dan ekor

Seperti namanya, jenis penyakit ini akan memberikan pengaruh pada bagian sirip, serta ekor ikan. Hal ini dikarenakan adanya bakteri atau jamur pada tubuh ikan. Sirip, serta ekor akan terlihat mencair karena adanya pembusukan. Hal ini bisa Anda cegah dengan selalu menjaga akuarium selalu dalam keadaan yang bersih.  

Jenis penyakit ini bisa Anda obati dengan memberikan obat-obatan yang memiliki kandungan antibiotik. Beberapa jenis obat-obatan yang bisa Anda pilih diantaranya trimetroprim, eritromisin serta sulfadimin. Ketika Anda memberikan pengobatan dengan efektif, maka tingkat kematian pada ikan Anda akan berubah menjadi sedang. Akan tetapi, jika Anda sudah memiliki Fin serta Tail Rot yang memberikan pengaruh untuk ikan Anda, bisa jadi Anda sudah mencoba beberapa jenis obat ikan lain seperti Tetracyline, Jungle Fungus Eliminator, Maracyn atau Melafix. 

2. Mengobati Penyakit Hemoragik Pada Ikan

Penyakit jenis ini kerap disebut dengan Redmouth. Jenis penyakit ini bisa menimbulkan pendarahan serius pada bagian mulut, serta mata ikan. Anda bisa melakukan pencegahan penyakit ini dengan melakukan identifikasi akuarium untuk membunuh Yersinia Ruckeri, yang merupakan penyebab utama penyakit Hemoragik pada ikan Anda. 

Jenis penyakit ini bisa diobati dengan menggunakan antibiotik sperti ampisilin. Kemudian, untuk infeksinya bisa Anda obati, hingga akhirnya tingkat kematiannya berubah menjadi rendah.

3. Kolumnaris Pada Ikan

Kolumnaris

Jenis penyakit ini merupakan jenis penyakit yang bisa mengakibatkan sirip ikan menjadi lapuk serta keributan. Hal seperti ini dapat mengakibatkan kulit menjadi bisul atau lesi, timbul bintik-bintik putih di mulut, hingga adanya perubahan warna pada bagian insang ikan. Selain itu, ikan juga bisa mengalami kesulitan bernapas karena infeksi pada bagian insangnya.

Jenis penyakit ikan ini bisa dicegah dengan memeberikan pengobatan serta infeksi jamurnya. Selain itu, jenis penyakit ini juga bisa dicegah cara menghindarkan faktor-faktor, seperti kurangnya jumlah oksigen. 

Cara mengobati penyakit ikan jenis ini bisa dengan menggunakan Oxytetracycline dan antibiotik yang memiliki kandungan Sulfa 4 TMP, P Sulfa dan triple sulfa. Infeksi jenis ini jika tidak diobati, bisa menyebabkan ikan mati dalam jangka waktu kurang dari 72 jam. 

4. Penyakit ikan Dropsy

Penyakit ikan dropsy

Dropsy merupakan jenis penyakit ikan yang mematikan. Pasalnya, jenis penyakit ini bisa memberikan pengaruh pada kinerja ginjal. Ikan yang terkena jenis penyakit ini bisa memiliki perut yang bengkak. Perut bengkak pada ikan tersebut bisa terjadi karena adanya akumulasi cairan internal. 

Selain itu, terdapat bebrapa gejala lain seperti sisik yang menjulur ke luar, serta mata ikan yang berubah menjadi cekung. Jenis infeksi ini bisa Anda cegah dengan selalu menjaga akuarium dalam keadaan yang bersih.

Selain menjaga akuarium senantiasa dalam keadaan bersih, jenis penyakit ini bisa juga dicegah dengan memberikan makan ikan dengan makanan yang kaya akan vitamin. Sampai sekarang, belum ada jenis obat yang diketahui mampu mengobati penyakit Dropsy. Akan tetapi, jenis obat-obatan seperti Betta Revive, bisa digunakan untuk membantu meredakan infeksinya. Akan tetapi, sebagian besar, ikan yang menderita jenis penyakit ini tidak mampu untuk bertahan hidup.

5.  Penyakit Ikan Cloud Eye

Penyakit Cloud Eye

Jenis penyakit ini secara umum dikenal dengan nama Cloudy korena. Penyakit jenis ini bisa menimbulkan film putih dibagian mata ikan. Penyakit ikan jenis ini bisa Anda cegah dengan cara meningkatkan kualitas air yang anda gunakan. 

Selain itu, juga bisa dilakukan dengan menggunakan pendingin air. Untuk jenis obatnya, jenis penyakit ini bisa And aobati dengan memberikan antibiotik seperti Metafix, serta Fungus Clear. Jenis penyakit ini bukanlah jenis penyakit yang fatal, akan tetpi, bisa membuat penglihatan menjadi rusak.

6. Penyakit Pop Eye Pada Ikan

Penyakit pop eye

Penyakit jenis ini merupakan jenis penyakit yang bisa menimbulkan pembengkakan di salah satu bagian mata, atau pada kedua mata. Pembengkakan ini akhirnya bisa menimbulkan tumor, atau infeksi virus. Jenis penyakit ini bisa dihindari dengan mencegah infeksi di akuarium. Terkait dengan obatnya, Anda bisa menggunakan antibiotik seperti  Tetracycline. Jenis antibiotik tersebut bisa menyembuhkan penyakitnya. Kebanyakan ikan yang menderita jenis penyakit ini masih bisa disembuhkan.

7. Penyakit Jamur Mulut Pada Ikan

Penyakit jamur mulut

Jamur mulut merupakan jenis penyakit ikan yang disebabkan oleh bakteri. Jamur mulut bisa menimbulkan garis putih, serta gumpalan pada sekitar bibir dan mulut pada ikan. Jamur mulut bisa dicegah dengan meningkatkan kualitas air pada akuarium.  Adapun jenis antibiotik yang bisa Anda gunakan adalah Amoxicilin. Ikan yang sudah mengalami infeksi tidak akan bisa bertahan lama jika penyakitnya tidak segera ditangani.

8. Penyakit Ikan Furunculosis

Jenis penyakit ini bisa dilihat dari beberapa gejala. Adapun gejala dari penyakit ini seperti ulkus pada bagian kulit serta luka merah yang terbuka. Untuk mencegah penyakit ini, maka anda bisa meningkatkan kualitas air dengan efektif. Anda bisa menggunakan jamur cerah sebagai antibiotik. Apabila tidka diberikan pengobatan secara tepat waktu, maka jenis penyakit ini bisa membunuh ikan.

9. Penyakit Velvet pada Ikan

Penyakit velvet

Ikan yang terinfeksi jenis penyakit ini biasanya memiliki kulit yang berkarat. Untuk mencegah jenis penyakit ini, Anda bisa meningkatkan kualitas air, serta memastikan kondisi ikan terbebas dari stres. Untuk memperbaiki kualitas air, Anda bisa menggunakan water conditioner. Velvet merupakan jenis penyakit ikan yang menular. Anda bisa mengobati jenis penyakit ini dengan menggunakan Bettafix Remedy. Kami memberikan saran kepada Anda untuk menggunakan antibiotik tersebut untuk mencegah, mengendalikan, serta mengobati beragam kondisi kesehatan ikan yang kurang baik.  Ketika ikan Anda terkena penyakit vekvet, dan tidak segera diobati, maka bisa menyebabkan ikan mati dalam hitungan hari. 

10. Penyakit lubang di kepala Ikan

Ikan yang terkena jenis penyakit ini akan memiliki abrasi di bagian kepala yang terlihat seperti lubang jarum. Jenis infeksi ini bisa Anda cegah dengan cara membersihkan air dari karbon. Untuk mengobatinya, Anda bisa menggunakan antibiotik berupa Parasite Clear. Ikan yang terinfeksi biasanya akan mati, setelah beberapa saat jika tidak segera diatasi. Untuk memberikan pengobatan, langkah pertama yaitu dengan mengenali ikan milik Anda. langkah ini, merupakan langkah yang sulit dikarenakan adanya komunikasi yang terbatas antara manusia dengan ikan. Akan tetapi, Anda bisa mendeteksi penyakit ikan ini dengan melihat perubahan pada ikan Anda. 

Labels: obat, tawar, tips

Terimakasih Sudah Membaca Cara Mengobati Penyakit Ikan Dengan Mengenali Jenis Penyakitnya. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: