Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

Membeli ikan hias memang hal yang paling menyenangkan apalagi ikan yang di beli merupakan ikan inceran nya atau ikan favoritnya. Terkadang banyak pembeli yang membeli ikan hias dengan minimnya pengetahuan akan ikan hias yang di belinya. Apakah itu ikan bisa digabung atau bisa di pelihara bersama dan apakah ikan itu perlu akuarium luas atau tidak dan masih banyak lagi. Biasa pembeli ikan hias dengan minim pengetahuan akan menyebabkan ikan hias yang baru di beli akan gampang mati atau tiba-tiba mati karena penanganan dan handling yang salah. Maka dari itu saya akan memberikan sedikit pengetahuan tips untuk membeli ikan hias agar ikan hias yang baru di beli tidak mudah mati. Berikut tips nya.

Tips Membeli Ikan Hias Untuk Pemula Supaya Tidak Gampang Mati

1. Tempat / Akuarium

Pastikan anda mempunyai tempatnya terlebih dahulu seperti akuarium yang layak. Sesuaikan besar akurum dengan jumlah ikannya atau ukuran ikannya. Semakin besar akuarium semakin bagus untuk ikan. Ketahui maksimal tumbuh ikan yang akan di beli lalu persiapkan akuariumnya. Akurium bisa beli langsung jadi atau membuatnya di tukang akurium.

Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

2. Alat-Alat

Persiapkan alat2 berupa filter yang berfungsi menjernihkan dan mencycle air agar tetap sehat, Pompa Udara yang berfungsi sebagai oksigen yang terlarut dalam air agar ikan tidak kehabisan oksigen, Lampu jika di perlukan.

Baca Juga : Rekomendasi Filter Aquarium Ukuran 60cm Murah

3 Air

Sebelum membeli ikan hias hal yang paling terpenting adalah mempersiapkan air terlebih dahulu sebelum membeli ikan hias. Fungsinya agar air sumur yang mempunyai kandungan2 negatif untuk ikan dapat terminimalisir. Dengan cara mengendapkan air minimal 24 jam sebelum membeli ikan dengan cara membiarkan air dan filter berjalan di akuarium.

4. Membeli Ikan

Selanjutnya membeli ikan hias, Pastikan ikan yang dibeli sesuai dengan akuarium yang sudah dipersiapkan., Jangan lupa sesusai dengan budget juga haha. Belilah ikan hias yang sehat kalau bisa beli di tempat langganan yang bisa menjamin ikan itu sehat. Ciri-ciri ikan sehat biasanya tidak berenang malas dan tidak gelap.

5. Aklimitasi / Adaptasi

Tahap ini adalah tahap yang sering para pembeli ikan hias ceroboh. Biasa nya penghobi tidak melakukan tahap ini karena memang tidak tau atau karena malas. Walaupun sepele tahap ini saya rasa dapat membatu meningkatkan daya hidup ikan. Aklimitasi adalah prosses adaptasi ikan dengan cara menyesuikan kondisi air lama dengan air baru. Caranya aadalah setelah kita membeli ikan hias letakan plastik ikan yang baru dibeli ke air baru di dalam akuarium biar kan lah mengambang selama minimal 30 menit. Setelah 30 menin lepaskan karet pada plastik lalu perlahan masukan sedikit air akuarium setelah 5menit buang air dalam plastik. Dan masukan ikan nya, Ingat ya masukan hanya ikannya saja.

6 Makanan

Jangan lupa membeli makananya sob. Ikan juga perlu makan agar pertumbuhannya optimal. Beri makan ikan sehari 2 kali.

Labels: aksesoris, laut, tawar

Terimakasih Sudah Membaca Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: