7 Tips Membeli Ikan Hias Secara Online

7 Tips membeli ikan hias secara Online

Di jaman yang modern saat ini membeli ikan hias bisa dilakukan dengan cara online. Membeli ikan secara online mempunyai keuntungan dan kerugian tersendiri. Keuntungannya anda tidak perlu repot-repot keluar rumah atau mendatangi toko ikan untuk membeli ikan, anda hanya mengeluarkan gadget anda untuk membeli ikan. kerugiannya adalah kita tidak bisa melihat kondisi ikan secara langsung dan hanya bisa melihat kondisi ikan melalui gambar atau video, kerugian lainnya bisa saja kita tertipu dalam membeli ikan hias secara online. biasanya dikarenakan kita sudah sangat ingin mendapatkan tersebut dan mendapat harga murah kita lupa melihat latar belakang penjualnya.

Maka dari itu dengan membaca tips membeli ikan hias secara online pada postingan ini menambah wawasan pembeli untuk membeli ikan secara online dengan aman.

Baca Juga

Inilah 7 Tips membeli ikan secara Online

1.  Budget atau Uang

Pertama anda harus mempunyai budget khusus untuk membeli ikan dan jangan sampai mem-PHP ( Pemberi Harapan Palsu ) ke penjual. Hal ini sering terjadi dalam jual beli ikan secara online dimana pembeli dan penjual sudah deal lalu si pembeli membatalkan pembelian secara sepihak karena beberapa alasan tertentu. 

2. Latar Belakang Penjual

Kedua, cari tahu lah latar belakang penjual seperti rekam jejaknya apakah dia pernah menipu atau memakai akun palsu ( biasanya menggunakan akun penjual ternama ). Atau belilah ikan hias di penjual langganan anda biasa membeli.

3. Rekber ( Rekening Bersama )

Ketiga, Jika anda ragu dalam membelinya beli lah ikan hias tersebut menggunakan rekening bersama. Dalam hal ini anda juga harus memerhatikan akun rekbernya ya. bisa saja akun rekber nya menyerupai atau palsu. Dalam hal ini biasanya penipu bekerja sama dengan rekber penipu.

4. Marketplace 

Keempat, anda bisa mencoba membeli ikan hias melalui marketplace ternama yang ada di indonesia. Tips keempat ini adalah cara aman buat anda yg tidak mau repot-repot melihat latar belakang  penjual. Pastikan tanyakan stok dan kondisi ikan.

5. Refund/Garansi DOA ( Dead On Arrival )

Kelima, Mintalah garansi dalam transaksi pembelian ikan secara online. karena namanya makhluk hidup kita tidak tahu apakah ikan tersebut selamat sampai tujuan atau tidak. Mintalah garansi refund atau garansi DOA.

6. Pengiriman

Keenam, Gunakanlah  pengiriman tercepat dan terbaik. Makin cepat ikan sampai tujuan makin bagus karena jika lama dalam pengiriman dapat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti ikan stress terlalu lama bahkan bisa saja kehabisan oksigen atau plastik bocor akibat packaging yang buruk.

7. Video

Ketujuh, dalam poin 5 yaitu garansi biasanya penjual memnita video tanpa cut sebagai bukti untuk mengclaim garansi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Persiapkan lah gadget anda untuk merekam. Minta bantuan orang lain dalam merekam jika anda repot membuka packaging sambil merekam atau gunakan tripod.


Sekian 7 tips membeli ikan secara online dari saya, semoga bermanfaat. >_<

Labels: aksesoris, tawar, tips

Terimakasih Sudah Membaca 7 Tips Membeli Ikan Hias Secara Online. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: