Jenis-Jenis Filter Akuarium Terbaik

Jenis-Jenis Filter Akuarium Terbaik

Filter akuarium merupakan salah satu komponen terpenting dalam memelihara ikan. Jenis filter akuarium ada beebrapa macam maupun merk. Filter akuarium biasanya terdiri dari filter mekanik, filter biologi dan filter kimia. Fungsi filter mekanik sebagai penyaring air dan biasanya terdapat di bagian awal dalam proses filter air. Contoh filter mekanik adalah kapas, japmat, dll. Fungsi filter biologi merupakan filter akuarium untuk mengembangkan bakteri baik yang dapat mengurai zat zat bahaya untuk ikan seperti amoniak. Contoh filter biologi adalah bio ball, crystall bio, ceramic ring dll. Dan yang terakhir filter kimia, fungsi filter kimia ini biasa digunakan untuk mengubah atau menghilangkan kandungan air seperti air yang banyak kaporit atau air berbusa dll. contoh filter kimia yaitu karbon aktif.

Filter akuarium yang baik merupakan kunci dari kesuksesan dari memelihara ikan hias. Pilihlah filter dan jenis filter akuarium yang cocok untuk akuarium anda.  Semakin bagus filter akuarium biasanya semakin mahal juga harganya. Pilihlah filter akuarium yang bagus dan murah menurut anda.

Baca Juga

Berikut jenis dan tipe filter akuarium terbaik :


1. Sump Filter

contoh Sump Filter

Sump filter merupakan filter akuarium yang biasanya terletang di bawah akuarium utama. Cara kerja sump filter yaitu mengalirkan air dari akuarium utama jatuh ke sump filter lalu akan tersaring oleh filter media mekanik, media biologi ataupun kikma yang terdiri dari beberapa chamber, lalu air di pompa untuk mengembalikan air yang sudah tersaring bersih ke akuarium utama. Filter sump filter ini sangat saya rekomendasikan karena perawan yang gampang dan mudah dibersihkan.

2.  Filter Canister Eksternal

Filter Canister Eksternal

Filter canister mempunyai pola perputaran air yang sama dengan sump filter. Filter ini dibuat untuk anda yang ingin langsung jadi atau tinggal pasang tanpa memikirkan ini itu. Filter canister banyak dijual di toko-toko ikan. Carilah filter canister yang sesuai dengan volume akuarium anda dan juga sesuai budget anda.

3. Top Filter

Top Filter akuarium contoh terbaik


Top filter adalah filter akuarium yang berada di atas akuarium beda halnya dengan sump filter yang berada di bawah akuarium. Top filter biasa dibuat dengan kaca, akrilik, talang air bahkan ada yang dijual di toko-toko ikan bermerk tertentu. Sesuai pada umumnya filter akuarium top filter digunakan dengan susunan pompa air yang berada di tahap awal terlebih dahulu biasanya di dlam akuarium. agar air dapat tersedot terlebih dahulu ke atas agar dapat di filter oleh top filter. Dan pada bagian chamber terakhir top filter diberi lubang yang mengarah k akuarium.


Sekian Jenis filter akuarium terbaik menurut saya. Mahal dan bagusnya filter akuarium tidak menjamin ikan anda sehat. Karena bagaumanapun ikan merupakan makhluk hidup.

Labels: akuarium

Terimakasih Sudah Membaca Jenis-Jenis Filter Akuarium Terbaik . Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: