16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

Ada banyak sekali konsep pembuatan kolam ikan minimalis yang kamu terapkan di pekarangan rumah, teras, maupun bagian dalam rumah yang bisa sesuai dengan budget.
Kamu memiliki halaman luas di bagian teras atau belakang rumah, maka kamu bisa lho membuat kolam ikan. Kolam tersebut tidak harus besar lho, kamu bisa mengikuti ide kolam ikan minimalis dengan berbagai macam tema.
Ada banyak jenis ikan yang bisa kamu pelihara dalam kolam tersebut juga lho. Bisa saja kamu membuat kolam ikan koi, maupun kolam ikan hias lainnya. Pastinya hal ini akan membuat suasana rumah kamu menjadi lebih indah, nyaman, dan dapat refresh pikiran.

Baca Juga

Kolam Ikan Minimalis Berbagai Tema

Kamu harus tentukan dulu untuk membuat kolam minimalis yang seperti apa untuk ikan peliharaan kamu. Bahkan, saat ini, kamu akan bisa menggunakan desain kolam ikan kaca minimalis untuk outdoor. Penasaran mengenai bagaimana rinciannya, maka kamu bisa simak sebagai berikut.

1. Kolam Ikan Minimalis Gaya Akuarium Outdoor

Kolam Ikan Minimalis Gaya Akuarium Outdoor
Kalau biasanya kolam ikan koi itu dibangun di bawah dan kamu hanya bisa memandangi ikan dari permukaan air saja. Pastinya hal ini kurang seru, apalagi saat kamu dengan rajin merawat ikan-ikan tersebut. Akan menjadi pemkamungan yang spektakuler saat kamu bisa memandang dari bagian samping juga kan.


Kolam ikan minimalis teras ini bisa lho diwujudkan dengan membuat kolam ikan minimalis outdoor dengan perpaduan kaca dan konblok. Pastinya kola mini dibuat lebih tinggi dari permukaan tanah, sehingga pemasangan kaca memungkinkan untuk dilakukan di bagian samping kolam.
Kolam seperti ini tidak harus berukuran ekstra besar. Kamu bisa membuat dengan ukuran kolam ikan sekitar 2 x 1 x 0,5 meter kubik saja. Kamu bisa juga memilih untuk menggunakan kaca di setiap sisi sampingnya atau di salah satu sisi samping dari kola mini saja. Kaca yang dipakai juga tidak bisa sembarang kaca ya. Ini harus menggunakan kaca khusus yang tahan tekanan tinggi.

2. Kolam Ikan Minimalis Batu Alam

Kolam Ikan Minimalis Batu Alam
Membuat kolam ikan tidak harus selalu ribet. kamu bisa memanfaatkan berbagai bebatuan alami yang dijual di daerahmu. Indonesia itu memiliki sumber daya alam yang kaya, sehingga bebatuan alami ada banyak sekali jenisnya. Mewujudkan kolam ikan minimalis bebatuan ala mini sangat mudah dan tidak terlalu menguras kantong.
Pembuatan kolam pastinya menggunakan semen. Sedangkan bagian pinggir kolam biasanya disusun dengan berbagai bebatuan alami besar maupun kecil. Sisanya bisa dihiasi dengan menggunakan berbagai tanaman alami di luar kolam, seperti puring atau berbagai tanaman hias lainnya.
kamu juga bisa menambahkan efek air mancur di bagian kolam untuk menciptakan gelembung udara yang sangat berguna untuk ikan hias bernafas. Dijamin, bagian teras atau belakang kamu akan terlihat manis saat ada kolam ikan batuan alami seperti ini.

3. Kolam Ikan Minimalis Modern

Kolam Ikan Minimalis Modern
Ikan hias koi adalah ikan yang sering ada dalam berbagai kolam hias, termasuk kolam ikan minimalis modern. Cara ini juga bisa dibuat tanpa terlalu menguras keuangan kamu. Biasanya kolam seperti ini dibangun lebih tinggi dari bagian tanah dari teras maupun halaman belakang.
Setelah itu, kolam dibuat dengan semen yang diberi ukuran berupa garis-garis. Setelah itu pada bagian atas semen dilapisi dengan keramik kasar yang biasa digunakan pada carport.
kamu bisa menambahkan bagian kolam kedua untuk tanaman yang lebih tinggi dari kolam ikan. Kolam kedua tersebut akan diberikan sedikit celah untuk mengalirkan air menuju ke kolam pertama. Pastinya kamu akan memerlukan pompa untuk bisa mengalirkan air ke kolam kedua yang bisa berisi tanaman air.

4. Kolam Ikan Eksotis Kombinasi Kaca

Kolam Ikan Eksotis Kombinasi Kaca
Konsep selanjutnya yang bisa digunakan sebagai ide pembuatan kolam ikan mini adalah kolam ikan kaca sederhana yang dikombinasikan dengan konsep eksotisme. Kolam ikan dengan jenis ini biasanya menggunakan perpaduan material konkrit dan juga kaca.
Pastinya konkrit tersebut memiliki warna yang hitam pekat, sehingga terkesan seperti material tradisional. Sedangkan perpaduan kaca akan membuat tampilan kolam menjadi lebih modern dan kamu jadi dapat melihat ikan dengan lebih leluasa. Pastikan kamu menggunakan kaca yang tahan tekanan air
Penggunaan kaca pada kolam ikan akan sangat memudahkan orang dalam menikmati berbagai ikan hias kolam melalui bagian samping. Sisi yang diberikan kaca bisa Cuma dari satu sisi saja lho, sehingga sisi lainnya yang tidak memungkinkan untuk dilewati tidak perlu diberi kaca.

5. Kolam Ikan Minimalis dengan Dek Kayu

Kolam Ikan Perpaduan Etnis dan Platform Kayu
Memiliki mini gazebo di atas kolam ikan bisa dijadikan tempat untuk mencari inspirasi. Gazebo tersebut tidak harus selalu memiliki atap. Jadi kesan berbaur dengan alam akan lebih terasa dengan menggunakan konsep ini.
Pembangunan gazebo tersebut memiliki bahan utama dari dek kayu. Selanjutnya kolam  ikan minimalis belakang rumah dibangun tepat di atas tanah. kamu bisa menambahkan kesan natural dengan memberikan beberapa hiasan kolam seperti air mancur bamboo dan juga beberapa tanaman air kolam ikan.
Setiap kali kamu jenuh saat melakukan rutinitas di rumah, maka kamu bisa melakukan refresh pikiran dengan duduk di atas dek kayu kolam tersebut. Konsep kolam ikan minimalis yang sangat menarik bukan.

6. Kolam Ikan Perpaduan Etnis dan Platform Kayu

Kolam Ikan Perpaduan Etnis dan Platform Kayu
kamu tidak perlu menambahkan banyak ornament maupun polesan untuk membuat kolam ikan sederhana di bagian belakang rumah kamu. Salah satu konsep yang bisa dipakai adalah kolam ikan perpaduan etnis kayu. Kolam ikan ini biasanya dibagun tepat di tanah dan tidak perlu untuk ditinggikan.
Biasanya kolam jenis ini juga dibangun menempel dengan tembok. Bagian tembok dipasangi dengan batuan alami berwarna putih yang disusun secara rapi. kamu bisa menambahkan adanya air mancur pada bagian tembok tepat di atas kolam. Hal ini akan mampu menambahkan suara gemericik air yang menenangkan pikiran.
Kolam jenis ini memungkinkan orang untuk menikmati pemkamungan ikan hias melalui bagian atas dari kolam. Bagian pinggir dari kolam bisa ditambahkan dengan platform yang terbuat dari kayu.

7. Kolam Ikan Minimalis Super Mini

Kolam Ikan Minimalis Super Mini

Memiliki pekarangan rumah yang mini, bukan berarti kamu tidak bisa membuat kolam ikan hias. kamu bisa membuat kolam ikan kaca minimalis dengan biaya yang luar biasa murah dan indah. Ukuran kolam ikan minimalis kaca yang satu ini bisa berukuran 1x1x0,5 meter kubik saja.
Pemberian kaca diberikan pada bagian yang menghadap ke jalan setapak di pekarang rumah kamu. Kamu bisa menambahkan air mancur super mini pada bagian tengah kolam tersebut. Sedangkan pada bagian pinggir kolam disusun dengan menggunakan keramik dinding maupun lantai rumah.
Kolam kecil ini menggunakan tepian yang licin, jadi memang tidak untuk diinjak atau dilihat secara sangat dekat. Melihatnya hanya perlu melalui jalan setapak tadi. Kolam mini ini bisa diisi dengan berbagai ikan hias, seperti koi, koki, ikan cupang, maupun ikan guppy.

8. Kolam Ikan Minimalis Bentuk Lingkaran Kecil

Kolam Ikan Minimalis Bentuk Lingkaran Kecil
Kolam ikan mini tidak harus selamanya dibuat berdempetan dengan tembok rumah lho. Tidak ada juga keharusan bentuknya yang kotak. kamu bisa saja membuat kolam ikan minimalis bundar. Diameter juga tidak harus besar, sehingga sangat cocok diletakkan di bagian tengah dari pekarangan rumah.
Proses pembuatan kolam ini juga mudah. kamu juga tidak perlu meninggikan pembuatan kolam, sehingga hal yang perlu dilakukan hanyalah menggali tanah, menyemen, dan menghiasi dengan berbagai batuan alam berwarna kehitaman pada setiap bagian pinggir kolam.
Kesan asri dan natural juga bisa ditambahkan dengan menggunakan air mancur buatan yang bertangga dan alirannya menuju ke kolam bundar tersebut. kamu bisa menambahkan berbagai tanaman kolam, seperti Selada air, teratai dalam jumlah yang sedikit saja. Tanaman air ini hanya berfungsi sebagai pemanis saja.

9. Kolam Ikan Minimalis Bentuk Tak Beraturan

Kolam Ikan Minimalis Bentuk Tak Beraturan
Bentuk kolam ikan juga bisa dibuat tidak beraturan dan tetap tampak indah. Semua tinggal bergantung pada cara penataan dari bebatuan dan tanaman di sekeliling kolam. Kamu bisa saja lho membuat kola mini menyatu dengan bagian lantai dek kayu dari teras rumah.
Penggunaan dek kayu maupun keramik kasar yang disusun dengan rapi dapat menjadi kunci, agar kolam berbentuk tidak beraturan dapat terlihat tetap cantik. Gunakan bebatuan alam dengan ukuran yang cukup besar untuk menghiasi bagian tepi kolam sampai dengan bagian dalam kolam ikan.
Gunakan tanaman penghias pinggir luar kolam dengan tanaman yang pendek-pendek, tapi lebat. Hal ini akan menambahkan suasana hijau yang tampak sangat asri. Di sisi satunya bagian kolam bisa juga kamu hiasi dengan jalan setapak dengan bebatuan alam putih yang disusun rapi.

10. Kolam Ikan Minimalis Dalam Rumah

Kolam ikan hias bisa dibuat tidak hanya berada di outdoor saja lho. Saat ini ada banyak sekali kolam ikan yang mana dibuat di dalam rumah. Biasanya diletakkan di bagian dekat dengan tangga atau di ruang tamu maupun ruang keluarga.
Ukuran kolam ikan dalam rumah ini bisa sangat bervariasi mulai dari sangat luas sampai dengan mini. Saat kamu memiliki rumah yang luas, maka kamu bisa saja membuat kolam ikan dengan luas 3 meter sampai dengan 5 meter. Kola mini tidak perlu dalam-dalam dan biasanya hanya sekitar 0,5 meter saja.
Tipe kolam ikan dalam ruang berukuran besar biasanya terdapat pada rumah mewah, sehingga luas tidak lagi jadi masalah. Peletakan kolam mini bisa dilakukan di bagian ruang tengah rumah yang atapnya dibuat dari bahan transparan, sehingga matahari dapat masuk dan menerangi kolam.

11. Kolam Ikan Minimalis Model Raised

Kolam Ikan Minimalis Model Raised
Konsep kolam ikan minimalis yang paling banyak akan mengundang kata wow adalah kolam ikan minimalis model raised. Kolam jenis ini saat membangunnya memerlukan teknik khusus. Jadi bisa dikatakan bukan kolam biasa.
Kolam jenis ini memiliki permukaan yang tersambung dengan kolam ikan yang terletak di bawah dan juga kolam ikan yang naik ke permukaan. Kolam ikan yang naik di permukaan menggunakan sebagian bahan dari kaca. Sedangkan yang berada di bawah, menggunakan teknik pembuatan kolam yang biasa.
Ada banyak sekali bukan konsep pembuatan kolam ikan minimalis? kamu lebih tertarik dengan konsep yang mana, maka kamu bisa sesuaikan dengan anggaran dana dan juga luas dari pekarangan maupun rumah kamu.

12. Kolam Ikan Minimalis Air Mancur Bertingkat

Kolam Ikan Minimalis Air Mancur Bertingkat

Kolam ikan tidak harus memiliki desain yang membosankan lho. kamu bisa membuat kolam ikan minimalis air mancur bertingkat. Setiap tingkatan juga bisa didesain kecil-kecil saja membentuk tatakan-tatakan kecil yang terbuat dari bebatuan alam.
Setiap tingkatan dan juga bagian kolam bisa disinari dengan menggunakan lampu. Kolam ikan hias ini juga tidak selalu harus dibuat luas. Ukurannya bisa sekitar 2x3x1 meter kubik saja.
Di sekitar kolam tersebut juga bisa dihiasi dengan bebatuan kecil warna putih. Warna ini akan membuat kesan bersih dan teratur pada daerah sekitar kolam. BIsa juga pada bagian dasar kolam, kamu juga memasukkan bebatuan putih tersebut.

13. Kolam Ikan Minimalis dengan Banyak Air Mancur

Kolam Ikan Minimalis dengan Banyak Air Mancur

Pembuatan air mancur yang ada juga tidak harus dibuat bertingkat. kamu bisa memberikan beberapa air mancur yang keluar dari tembok bagian atas kolam maupun membuat kolam kedua yang letaknya lebih tinggi dari kolam pertama.
Kolam kedua berkonsep tanaman kolam berfungsi untuk menyediakan oksigen bagi kolam pertama. Beberapa tanaman tersebut adalah tanaman air, seperti Teratai, Selada Air, Lotus, dan Iris Jepang.
Kalau bisa, kamu memilih keramik dengan warna seperti marmer yang putih dan ada guratan krem. Selanjutnya, kamu bisa menghiasi bagian depan kolam yang dekat dengan kaca dengan berbagai batuan alam yang berwarna putih dan krem juga. Dipastikan, kolam ikan kamu akan tampak seperti desain professional yang sangat menakjubkan. 

14. Kolam Ikan Super Minimalis Gerabah

Kolam Ikan Super Minimalis Gerabah

kamu juga bisa lho tidak harus repot-repot menggali tanah untuk bisa membuat kolam ikan minimalis mudah. Caranya adalah dengan memesan kolam ikan minimalis gerabah atau tanah liat.
Ada juga bagian gerabah yang dibuat bertingkat, sehingga menambahkan nuansa unik tersendiri. Bagian gerabah yang paling dasar biasanya berdiameter paling besar. Ada bisa menambahkan dengan berbagai bebatuan dengan berbagai ukuran.
Ikan yang bisa dimasukkan ke dalam kolam jenis ini sudah pasti ikan hias kecil, seperti guppy maupun cupang. Kolam ini tidak cocok untuk ikan besar koi.

15. Kolam Ikan Minimalis Bergazebo

Kolam Ikan Minimalis Bergazebo

Salah satu konsep kolam ikan hias lainnya yang bisa ditiru adalah kolam ikan minimalis bergazebo. Kolam jenis ini pastinya memerlukan budget yang lebih besar, karena ada gazebo yang beratap.
kamu bisa menambahkan beberapa bebatuan alami di samping tanaman tersebut sebagai jalan setapak untuk mengelilingi kolam. Setiap kali kamu memerlukan pemkamungan yang ingin merefresh pikiran, maka kamu bisa memandang kolam ikan tersebut.
Kolam ikan kecil seperti ini akan bisa membuat bagian teras maupun belakang rumah menjadi lebih hidup. Kolam tersebut akan tampak seperti TV yang hidup 24 jam. Untuk lebih memberikan efek mengagumkan, maka kamu bisa menambahkan lampu yang dapat berpendar warna-warni di sekitar kolam.

16. Kolam Ikan dengan Jembatan Kayu

Kolam Ikan dengan Jembatan Kayu

kamu juga bisa lho menambahkan jembatan di atas kolam ikan. Untuk menambahkan nuansa yang alami, maka jembatan tersebut bisa saja terbuat dari kayu. Sedangkan bagian tepi kolam diberi keramik kasar.
kamu bisa menambahkan beberapa tanaman air di dalam kolam. Namun, usahakan untuk jangan sampai menggunakan enceng gondok, karena pertumbuhannya sangat cepat dan bisa tidak terkendali.
Ada banyak sekali bukan konsep ide kolam ikan minimalis? kamu lebih tertarik dengan konsep yang mana, maka kamu bisa sesuaikan dengan anggaran dana dan juga luas dari pekarangan maupun rumah kamu.

Labels: aksesoris, akuarium, gambar kolam ikan minimalis, tips

Terimakasih Sudah Membaca 16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: