Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

Bagaimana cara membuat aquarium sendiri dengan mudah ? Gampang kok. Jika anda banyak waktu luang gak ada salahnya membuat aquarium sendiri di rumah. Siapkan barang barang atau perlengkapan di bawah ini jika anda ingin merakit aquarium sendiri.

Baca Juga

1. Kaca 


Kaca bening untuk aquarium
Belilah kaca di tempat penjualan kaca atau pabrik kaca. Untuk aquarium biasanya memakai jenis kaca bening dan laminated. Tipsnya ketika membeli kaca pesanlah kaca sesuai dengan ukuran aquarium yang ingin kalian buat. Misalnya kalian ingin membuat aquarium 2 meter , kalian wajib memesan kaca dengan ukuran ketebalan 12ml atau kalian ingin membuat aquarium mini bisa membeli ukuran ketebalan kaca yang lebih kecil. Kalian bisa request kaca yang sudah di potong potong atau membeli kaca dengan ukuran lembaran. Tapi untuk awal awal sebaiknya membeli kaca yang sudah di potong-potong agar lebih mudah untuk menghindari salah ukuran. Dan juga jika kalian membeli kaca yang sudah dipotong kalian tidak memerlukan alat pemotong kaca lagi.

2. Lem Silikon

Lem Silikon

Lem silikon dipergunakan untuk perekat antar sisi kaca dengan kaca lain biasanya kaca di lem di ujung2nya dan di rekatkan. Gunakan lah lem silikon yang berkualitas menurut anda. Semakin bagus lem biasanya semakin mudah di aplikasikannya sehingga pada saat lem silikon di gunakan tidak berantakan. Biasanya lem silikon yang menurut saya kurang bagus ialah lem silikon yang cepat sekali mengering. Jadi ketika lem belum sempat dibersihkan lem sudah kering dluan jadi terlihat belepotan.

3. Lakban/Solasi Kertas dan Spidol

Lakban/Solasi Kertas dan Spidol

Siapkanlah solasi kertas dan spidol untuk mengukur dan membatasi jarak lem silikon yang akan di aplikasikan sehingga lem silikon tidak terkena bagian kaca lain atau tidak berantakan.

Tahap awal pembuatan aquarium bisa dengan melakban sisi sisi kaca di bagian dekat lem mau di aplikasikan lalu mengelem sisi sisi kaca bagian bawah terlebih dahulu, setelah itu sisi depan belakang di rekatkan lalu tunggu sebentar sampai lem agak kuat. Setelah itu baru sisi kiri dan kanan kaca lalu lakban lagi dengan kertas agar semua sisi kaca kuat. setelah dirasa sudah agak kuat bersihkan dan rapihkan lem lem yang berantakan menggunakan tangan. Cabut semua lakban kertas yang menempel dan tunggulah hingga besok baru di test dengan mengisi air ke dalam aquarium.

Untuk video lebih jelesnya bisa di tonton di sini :

Source : Rudi Muryanta

Begitulah cara merakit atau membuat aquarium sendiri dengan mudah di rumah. Dengan merakit aquarium sendiri kalian bisa lebih menghemat budget. Karena kalian hanya harus mengeluarkan modal di kaca, lem, lakban dan spidol saja. Untuk membuat aquarium yang besar bagi pemula sih sangat merepotkan kalau dilakukan hanya 1 orang. Mintalah bantuan untuk membuat aquarium yang besar setidaknya 2 orang untuk bantu pegangin kaca sambil menerapkan lem silikon.

Labels: akuarium, tips

Terimakasih Sudah Membaca Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: