Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah

Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah


Membuat Aquascape Air Terjun

Cara mudah Membuat Aquascape Air Terjun dengan Modal murah kamu hanya butuh 2 pipa paralon, sambungan t, aerator, cara menyusunnya juga mudah kamu bisa ikuti cara-cara berikut ini.
Aquascape air terjun memang indah, sayangnya harganya mahal dan kamu perlu budget lebih untuk memilikinya. Tetapi, sebenarnya kalau kamu mau membuat aquascape air terjun sendiri, modalnya tipis kok.  Lagipula bahan dan cara membuatnya tidak sulit, yang penting teliti dan mengikuti semua petunjuk pembuatan berikut yang dijamin anti gagal.

Baca Juga

Bahan Pembuatan Aquascape Air Terjun

Jenis aquascape yang akan kita buat kali ini supaya tidak terjadi air terjun aquascape gagal adalah Aquascape air terjun minimalis. Jenis aquascape ini yang paling dasar dan lebih mudah dari aquascape mini. Setelah kamu bisa jenis ini, jenis aquascape lain akan lebih mudah, berikut  bahan-bahannya :
Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah

  1. 1 Double Aerator (mesin pembuat gelembung)
  2. 1 Pipa paralon diameter 2 inci dengan tinggi 30 cm (Paralon A)
  3. 1 Pipa Paralon diameter dengan tinggi 10 cm (Paralon B)
  4. 1 Selang Aerator
  5. 1 Sambungan Paralon letter T
  6. 1 sambungan belokan
  7. Obeng (dipakai melubangi paralon)
  8. Penampungan pasir dengan permukaan miring
  9. Pasir Silika

Cara Pembuatan Aquascape Air Terjun

Cara membuat aquascape kali ini benar-benar sangat mudah dan anti gagal loh, kamu cukup jeli dan teliti saja mengikutinya. Pastikan jangan ada step atau langkah yang tertinggal ya, supaya aquascape sukses.
Untuk cara membuatnya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah rinci seperti di bawah ini :
  1. Pasangkan sambungan paralon leter t dengan pipa paralon yang memiliki tinggi atau panjang 10 cm (Paralon B). Bagian atas sambungan t akan berfungsi sebagai tempat selang aerator dan bagian bawah depan nantinya sebagai tempat keluar pasir.
  2. Sambungkan sambungan belokan dengan ujung pipa paralon B, pastikan sambungan benar-benar kencang dan tidak kendor. Kalau sambungan ini kendor nantinya akan mempengaruhi kekuatan air terjun .
  3. Masukan selang aerator beserta aeratornya melalui ujung sisi atas sambungan paralon T. Lalu keluarkan selang dan aerator lewat ujung sambungan belokan.
  4. Lubangi paralon A pada sisi depan dengan ukuran lubang sekitar 3-5 cm pada bagian bawah untuk tempat menyedot pasir. Lubang pada paralon ini jangan sampai ujung paralon, kira-kira sisakan paralon 5 cm pada bagian bawahnya.
  5. Pasangkan Paralon B ke sambungan paralon  dan pastikan masukan selang aerator beserta aeratornya ke dalam paralon B.
  6. Pasang penampung pasir ke depan mulut lubang paralon B bagian bawah. Bentuk penampungan pasir yang miring ini bertujuan agar pasir bisa turun otomatis dan masuk kedalam pipa paralon B saat menyala.
  7. Masukan rangkaian pipa paralon kedalam air untuk mencoba apakah rangkaian dasar aquascape waterfall ini berhasil.  Jangan lupa taruh pasir silika ke dalam penampungan, jika pasir keluar terlalu cepat, maka ganti dengan pasir yang lebih besar-besar.
  8. Rangkaian dasar selesai

Finishing

Untuk finishing ini, tergantung kamu mau mendesain rangkaian pipa paralon seperti apa. Bisa memasukan rangkaian air terjun kedalam desain mirip kayu atau kedalam desain mirip bebatuan air terjun.
Sebagai catatan, sebaiknya paralon dengan desain finishing air terjun jangan dipasang permanen, Hal ini bertujuan supaya saat air terjun tidak berjalan dengan baik, kamu akan mudah memperbaikinya.
Bagaimana menurutmu cara membuat aquascape air terjun di atas, ternyata bahannya tidak butuh modal banyak dan membuatnya tidak sulit bukan? Asalkan mengikuti cara anti gagal di atas sesuai  urutannya, kamu berhasil membuat aquarium dengan desain cantik ini dirumah. Jadi siapa bilang aquarium dengan aquascape air terjun mahal, kamu bisa kok buat sendiri.


Labels: aquascape, aquascape air terjun, tips

Terimakasih Sudah Membaca Cara Membuat Aquascape Air Terjun Dengan Mudah. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: