Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik


Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik

Makanan Ikan Cupang Terbaik

Salah satu cara merawat ikan cupang adalah memperhatikan kualitas makanannya. Karena, dengan memberikan makanan ikan cupang terbaik yang mempunyai gizi tinggi, ikan cupang kamu akan tumbuh cepat. Tidak hanya itu saja, pengaruh makanan juga mampu menjaga kesehatan sekaligus warnanya bagus dan semakin menarik. Makanan Ikan cupang tidak boleh sembarangan. Karena, bisa mempengaruhi tumbuh kembangnya. Berikanlah, makanan bergizi tinggi murah dan mudah didapatkan berikut ini.

Baca Juga

Makanan Ikan Cupang

Memilih makanan ikan cupang sebenarnya tidak susah dan juga tidak perlu mahal, hanya saja perlu selektif agar ikan-ikan cepat tumbuh besar. Masih bingung makanan apa saja yang mempunyai nilai gizi tinggi, simak rekomendasinya di bawah ini,

1. Cacing Sutra

Makanan Ikan cupang pertama yang bisa kamu pilih adalah cacing sutra. Untuk menemukannya pun tidaklah sulit. Kamu hanya perlu pergi ke selokan, disana banyak sekali cacing sutra berkeliaran.
Manfaat makanan ini salah satunya mempercepat pertumbuhan ikan cupang kamu. Selain itu, bentuk ikan cupang akan terlihat sangat sempurna dalam waktu yang relatif singkat.
Tetapi, ada yang perlu kamu perhatikan bila ingin memberikan makanan ini ke ikan cupang kamu. Sebelum memberikannya, bersihkan dahulu dengan air bersih. Cacing ini mengandung berbagai macam kotoran yang menyebabkan ikan cupang sakit.
Bila kamu merasa jijik untuk membudidayakan atau malas membersihkan tempatnya. Kamu bisa membelinya di berbagai toko baik online maupun offline.

2. Jentik Nyamuk

Selanjutnya adalah jentik nyamuk yang konon katanya sangat bagus untuk makanan anak-anak cupang. Jentik nyamuk merupakan makanan dengan kadar protein yang cukup tinggi. Menariknya, untuk membudidayakannya pun cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu besar.
Kamu bisa mencari jentik nyamuk ini di bak mandi, selokan, sawah, air menggenang. Sehingga, kamu hanya perlu menyiapkan ember yang berisi air kotor. Tetapi, ada yang perlu kamu perhatikan.
Jangan berikan ikan cupang jentik yang sudah menjadi kepompong. Hal tersebut bisa menyebabkan gangguan kesehatan, membuat perut ikan cupang membuncit hingga akhirnya mati.

3. Pelet

Makanan Ikan cupang pelet ini bisa kamu jadikan alternatif pula. Disarankan untuk memilih pelet yang bisa mengambang di air. Pada dasarnya, ikan cupang menyukai makanan yang berada di permukaan air. Ikan ini akan memangsanya layaknya serangga.

4. Cacing Darah

Sebenarnya nama cacing darah tidaklah tepat, karena sebenarnya makanan ini adalah larva nyamuk Chironomus. Tetapi, kebanyakan orang menyebutnya dengan nama Cacing Darah. Cara mendapatkannya pun mudah, kamu hanya tinggal pergi ke para penjual ikan, beberapa diantara mereka sudah menjualnya.
Bila kamu memilih makanan ini, disarankan untuk segera memberikannya setelah membeli. Kemudian, pastikan cacing ini tidak lebih dari 6 bulan. Karena kualitasnya akan menurun.
Kadar proteinnya cukup membentuk anak ikan cupang menjadi lebih besar dengan cepat. Tetapi, ada beberapa ikan yang tidak menyukainya, sehingga jadikan makanan ini sebagai alternatif bila memang tidak suka.

5. Kutu Air

Makanan ini cocok untuk anak ikan cupang yang baru berusia 3 hari. Kandungan lemaknya yang sedikit membuat ikan cupang kamu tidak akan tumbuh dengan cepat. Tetapi, makanan ini mampu memperkuat tulang dan membuat warnanya semakin cantik.
Hanya saja untuk membudidayakannya tidaklah mudah. Kutu air mempunyai usia yang relatif singkat. Selain itu, tidak tahan dengan suhu air yang berubah-ubah. Kamu bisa mencarinya di area sawah yang banyak ditemukan.
Makanan ikan cupang yang mempunyai gizi yang tinggi memang lebih unggul dalam segala hal. Apalagi, ke lima rekomendasi diatas cukup mudah dicari dan dibudidayakan. Sehingga, tidak ada alasan untuk tidak memberikan makanan yang sudah terjamin kualitas dan manfaatnya. Yuk beri makan terbaik untuk ikan cupangmu.


Labels: ikan cupang, makanan

Terimakasih Sudah Membaca Jenis Makanan Ikan Cupang Terbaik. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: