Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

Rahasia Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

Ikanesia.id - Rahasia cara memelihara ikan koi yang baik dan benar


Apakah anda ingin memelihara ikan koi ? atau berencana memelihara ikan koi ? kalo iya makah simak baik baik tips rahasia cara memelihara ikan koi yang baik dan benar ini ya.

Ikan Koi ialah ikan hias air tawar berasal dari jepang di jepang, ikan ini biasanya di pelihara sebagai hiasan di rumah dan untuk memelihara ikan koi sebetulnya gampang-gampang susah sih. Sebaiknya cari tahu dulu cara merawat dan memelihara jenis ikan ini sebelum membelinya. Berikut akan saya berikan sedikit tips dalam memelihara ikan koi ini.

Baca Juga

1. Tempat / Kolam Ikan Koi

Kolam Ikan Koi

Untuk memelihara ikan koi sebaiknya buatlah kolam ikan jangan memelihara ikan koi di aquarium karena menurut saya ikan koi akan enak dilihat dari atas. Jika anda menginginkan kolam dengan kaca bisa mencotoh pada gambar di atas. Kedalam kolam yang ideal untuk ikan koi adalah 1 meter dan panjang 2 meter lebar 2 meter agar pertumbuhan ikan koi bisa maksimal.

2. Filter Kolam Ikan Koi

Filter Kolam Ikan Koi

Dalam membuat kolam ikan jangan lupa membuat filternya ya. Filter kolam ikan koi sebaiknya mempunya luas 30% dari kolam yang di buat agar air lebih terjaga. Adapun susunan filter kolam ikan koi yang baik ialah chamber pertama sebagai chamber vortex untuk pembuangan kotoran kotoran ikan yang padat atau bisa juga langsung memakai filter mekanik seperti busa atau jaring. Chamber kedua untuk filter mekanik seperti bioball, crystal bio dan lain-lain sesuai dengan budget. Chamber ketiga adalah chamber pompa untuk mengalirkan kembali air yang sudah terfilter ke kolam. begitulah gambaran tentang susunan filter kolam ikan yang baik lebih simpel nya urutan filter Mekanis> biologis> Pompa. Anda bisa menambahkan beberapa chamber lagi misalnya menggunakan 6 chamber asalkan jangan salah menauh urutan jenis filternya ya.

3. Jenis Penyakit Ikan Koi


Jenis Penyakit Ikan Koi
Sumber waterlife.co.uk


Sebelum memelihara ikan sebaiknya anda harus tahu terlebih dahulu jenis penyakit ikan koi dan cara penanganannya sehingga jika terjadi sesuatu anda sudah tau cara menanganinya. 

4. Membeli Ikan Koi Yang Sehat

Membeli Ikan Koi Yang Sehat

Saat membeli ikan koi belilah ikan yang sehat terlebih dahulu baru lihat kualitasnya. percuma beli ikan koi yang berkualitas tapi berpenyakit. Kecuali yang sudah paham dan ahli baru silahkan saja membeli ikan yang berkualitas namun lagi sakit dengan harga murah.

5. Kualitas Air Kolam Ikan Koi

Kualitas Air Kolam Ikan Koi
cliqmo

Selain memelihara ikan koi kita wajib memlihara air nya juga. Jagalah kualitas air dengan baik dan sesuaikan populasi ikan koi dengan volume air pada kolam ikan koi. Jangan lah memelihara ikan koi dengan over populasi karena air akan cepat kotor dan pertumbuhan ikan pun tidak optimal.

6. Pakan Ikan Koi 

Pakan Ikan Koi

Dalam memelihara ikan koi jangan lupa beli pakan ikan koi nya. Belilah pakan ikan koi sesuai kemampuan budget anda. Alangkah baiknya jika koi import yang harganya relatif mahal di berikan pakan import juga yang bagus. namun sekarang pakan ikan koi lokal juga banyak yang bagus dan murah kok. oiya dalam pemberian pakan jangan lah berlebihan ya. perhatikan kemampuan filter kolam anda.

Setelah membaca cara memelihara ikan koi yang baik dan benar di atas semoga anda bisa memelihara ikan koi dan ikan nya sehat terus ya, Ikan koi sangat indah di pandang dan dapat menenangkan tubuh apalagi yang lagi stress bekerja. Nongkrong aja di depan kolam ikan koi nanti stres anda akan berkurang hehe.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id
close