3 Fakta Tentang Ikan Mola Mola Yang Sering Terdampar Di Pantai

5 Fakta Tentang Ikan Mola Mola Yang Sering Terdampar

Tahukah kalian jenis ikan laut yang satu ini ?. Ikan mola mola atau yang biasa disebut ikan sunfish merupakan ikan air laut besar yang berbentuk sangat unik. Ikan mola mola termasuk ikan tersubur dikarenakan dapat bertelur hingga ratusan juta sekali bertelur. Memang sebagian besar masyarakat belum mengenal dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan mola mola sering sekalli masuk berita di indonesia dengan headline ikan terdampar di pinggir pantai. Kenapa sih ikan mola mola sering terdampar di pantai ? Yuk simak beberapa fakta tentang ikan mola mola di bawah ini.

1. Habitat Ikan Mola Mola


Ikan mola mola selain bisa di temukan di permukaan air sebenarnya ikan ini mempunyai habitat di perairan dalam yang tersebar di perairan dunia diantaranya samudera Atlantik, samudera Pasifik, samudera Hindia dan laut mediterania. Kalau Di indonesia ikan mola mola ini sering muncul di perairan bali loh

2. Ikan Mola Mola Suka Berjemur

Ikan Mola Mola Suka Berjemur

Ikan mola mola pada dasarnya berburu mangsa dengan memakan ubur ubur, plankton, ikan kecil dan bintang laut di perairan dalam. Namun setelah berburu ikan mola mola biasanya akan muncul ke permukaan laut untuk berjemur untuk melancarkan pencernaan mereka ataupun mencari burung burung dan membiarkan tubuhnya di patoki untuk membersihkan parasit yang menempel di badannya. Walaupun ikan mola mola sering muncul di permukaan air ikan ini sama sekali tidak membahayakan manusia. Bahkan ikan mola mola sering sekali mendekati manusia yang sedang diving dan snorkeling.

3. Ikan Mola Mola Sangat Berat 


Ikan Mola Mola terbesar

Ikan mola mola merupakan salah satu ikan bertulang sejati terbesar di lautan dengan ukuran yang mencapai hingga 3 m dan berat 2,5 ton dan juga ikan ini tidak mempunyai ekor. Karena ikan ini mempunyai berat bada yang berat dan tidak mempunyai ekor dan juga sering berjemur di permukaan air mungkin saja hal tersebutlah yang membuat ikan ini sering terdampar di pinggir laut. Dengan berat badan yang berat dan tidak mempunyai ekor ikan mola mola hanya dapat berenang dengan kecepatan 3,2 km/jam.


Labels: laut

Terimakasih Sudah Membaca 3 Fakta Tentang Ikan Mola Mola Yang Sering Terdampar Di Pantai. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: