Daftar Jenis Kura Kura Air Tawar Yang Dapat Dipelihara Di Rumah

Daftar Jenis Kura Kura Air Tawar Yang Dapat Dipelihara Di Rumah

Ikanesia | Kura kura merupakan termasuk jenis hewan reptil yang mempunyai ciri ciri berkaki empat dan mempunyai tempurung. Ada berbagai macam jenis kura kura, ada kura kura air ( Turtle ) seperti kura kura sawah, kura kura ambon, kura kura brazil, kura kura monbi ( moncong babi ), kura kura dada merah dan kura kura darat ( Tortoise ) seperti kura kura galapagos, kura kura sulcata, kura kura leopard, kura kura indian star dan masih banyak lagi yang lainnya. Dari segi cara meemlihara sudah jelas kalau kura kura air harus dipelihara di air namun harus menyediakan tempat untuk kura kura berjemur kecuali kura kura full air seperti monbi sedangkan tortoise atau kura kura darat dipelihara di daratan dan wajib di beri minum dan kena matahari langsung karena kura kura merupakan jenis hewan berdarah dingin maka dari itu butuh sinar uv agar tubuh kura kura tetap hangat. Harga kura kura air biasanya lebih murah dibandingkan harga kura kura darat. Ciri ciri kura kura air pada telapak kaki nya ada selaput untuk berenang nya sedangkan kura kura darat tidak ada selaput nya.

Kura kura merupakan hewan yang seru juga jika dipelihara di rumah loh. kura kura dapat hidup lama jika dipelihara dengan baik dan benar.

Berikut daftar kura kura air tawar yang dapat dipelihara di rumah.


1. Kura Kura Brazil

Gambar Kura kura brazil

Kura kura brazil atau biasa disebut res merupakan kura kura yang sangat familiar dan mudah di cari. Banyak sekali pedagang kura kura yang menjual jenis kura kura ini lantaran mudah di budidayakan dan harga yang terbilang masih murah membuat kura kura ini menjadi sangat laku. Untuk pemula sangat di rekomdasikan untuk mencoba memelihara kura kura jenis ini. Makanan kura kura brazil bisa berupa pelet, udang dan ikan ikan kecil seperti anakan ikan mas dan lain-lain. Kura kura brazil ada yang albino nya loh, namun harganya sangat tinggi. Untuk harga anakan kura kura brazil albino berkisar 2 juta ke atas.

2. Kura Kura Ambon

Gambar Kura Kura Ambon

Kura kura ambon merupakan kura kura asli dari indonesia. Kura kura ambon adalah kura kura air tawar namun kura kura ini malah jarang di air atau lebih suka di darat daripada di air. Cara memelhira kura kura ambon sangat mudah mungkin karena memang berasal dari indonesia jadi sudah biasa dengan iklim di indonesia. Makanan kura kura ambon sama dengan kura kura pada umumnya.

3. Kura Kura Monbi ( Moncong Babi ) 

Kura Kura Monbi ( Moncong Babi )

Lаbі-lаbі moncong bаbі adalah satu-satunya jenis lаbі-lаbі yang masih lеѕtаrі уаng mеruраkаn аnggоtа dari keluarga Cаrеtосhеlіdае. Hewan еndеmіk asal Pарuа уаng kеrар disebut kurа-kurа іnі рорulаѕіnуа dі аlаm bebas sangatlah tеrаnсаm kаrеnа mеruраkаn hewan peliharaan рорulеr dаn ѕеrіng juga dіѕеlunduрkаn ke luаr negeri (Cіnа dаn Tаіwаn) untuk dіkоnѕumѕі ѕеbаgаі obat. Iа hіduр di ѕеjumlаh sungai dі dаеrаh ѕеlаtаn Pарuа dаn dі bеbеrара tеmраt di Quееnѕlаnd utаrа. Kura kura ini sebenarnya sangat lucu jika dipelihara di aquarium namun apakah kura kura monbi ini dilindungi ? yups sayang sekali buat yang ingin memelihara kura kura jenis ini ternyata dilindungi oleh negara. Kura kura monbi atau moncong babi ini masuk dalam apendix II. 

4. Common Snapping Turtle ( CST )



Kura kura CST ( Common Snapping Turtle ini merpuakan jenis kura kura air tawar yang terbilang sangat ganas karena dapat menyerang musuh atau makanan nya secara tiba tiba.  Ukuran kura kura cst ini dapat tumbuh hingga 30 - 50 centimeter tergantung dengan cara perawatannya. Makanan kura kura cst bisa berupa ikan kecil, udang, ulet dan bisa dilatih dengan pelet.

5. Alligator Snapping Turtle ( AST ) 

Alligator Snapping Turtle ( AST )

Alligator Snapping Turtle atau yang disingkat AST merupakan kura kura air tawar yang sduah hidup di jaman purba. Kura kura yang mempunyai nama latin Macrochelys Temminckii berhabitat di perairan amerika tenggara dari kawasan texas hingga ke florida, serta di bagian Missouri dan indiana. Kura kura AST dan CST hampir mirip perbedaannya paling mencolok ada di tempurungnya AST lebih kasar dan berpola. kekuatan gigitan kura kura alligator snapping turtle ini sangatlah kuat jadi sebaiknya jangan sampai tergigit ya jika ingin memlihara kura kura ini. Harga kura kura alligator snapping ( AST ) berkisar 1 - 3 Jt ukuran anakan. Cara memelihara kura kura ast cuku mudah bisa di taruh di aquariu yang berisi air jangan terlalu dalam dan melakukan penggantian air jika air sudah keruh. Makanan kura kura ast sama seperti kura kura air lainnya.


Labels: tawar, turtle

Terimakasih Sudah Membaca Daftar Jenis Kura Kura Air Tawar Yang Dapat Dipelihara Di Rumah. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: