13 Jenis Ikan Hias Palmas Si Ikan Naga Predator Perenang Dasar Aquarium

15 Jenis Ikan Hias Palmas Si Predator Perenang Dasar Aquarium

Hallo sobat ikanesia.id, sekian lama tidak post dikarenakan kesibukan akhir tahun kali ini saya akan post 13 jenis ikan hias palmas si predator perenang bawah atau dasar akurium. Sudah tahukah anda dengan jenis ikan yang satu ini ? kalau belum silahkan di simak baik-baik artikel tentang palmas ini.

Palmas merupakan ikan yang berasal dari family polypteridae biasa di sebut bichir ini merupakan ikan primitif dan sering di sebut sebagai ikan ular atau ikan naga. Ikan palmas merupakan salah satu jenis ikan predator ( carnivora ) yamg banyak digemari oleh penghobi ikan hias. Habitat ikan palmas berasal dari perairan afrika dan aliran sungai nil. Ikan ini dapat dipelihara tanpa oksigen karena dapat mengambil udara dengan cara berenang ke atas dan menbgabil udara mirip dengan ikan cupang. Karena ikan palmas merupakan ikan predator maka dari itu makanan ikan palmas berupa ikan ikan kecil hidup. ikan atau udang segar yang di potong potong dan bahkan ikan palmas bisa memakan pelet jika dilatih. Jika ingin diberi dan dilatih memakn pelet

Cara melihat jenis kelamin ikan palmas dapat dilihat dengan melihat lebar dari sirip anus. Sirip anus ikan palmas jantan biasanya lebih lebar dua kali lipat daripada ikan palmas betina. Untuk cara breeding ikan palmas yaitu gabungkan ikan palmas jantan dan betina usia dewasa di wadah yang cukup dan di beri daun-daunan atau serat untuk tempat telurnya. Setelah ada telurnya biasanya telur akan menetas 4-7 hari kemudian.

Gimana menurut kalian ikan palmas ini ? unik kan. Ikan palmas atau ikan naga ini mempunyai 3 sub spesies dan 15 jenis ikan palmas yang berbeda-beda motifnya. Penasaran ? yuk simak 13 jenis ikan palmas beserta gambarnya di bawah ini.
Baca Juga : Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

1. Palmas Endlicheri ( Polypterus endlicherii )


Palmas Endlicheri ( Polypterus endlicherii )

Ikan palmas jenis endlicheri ini merupakan ikan palmas yang sering ditemukan di penjual ikan hias. Harganya murah serta patern warna nya yang bagus membuat ikan ini menjadi menarik. Untuk jenis ikan palmas endlicheri platinum harganya bisa sampai 10x lipat dari endlicheri yang normal. Ukuran maksimal dari ikan palmas endlicheri ini bisa mencapai panjang 70cm hingga 100cm.
Baca Juga : Mengenal Ikan Genghis khan, Si Ikan Predator Air tawar Yang Mirip Ikan Hiu

2. Palmas Ansorgi ( Polypterus ansorgii )

Palmas Ansorgi ( Polypterus ansorgii )
Source Image : Fishyguy's
Palmas ansorgi ini hampir mirip sekali dengan endlicheri hanya saja palmas jenis ansorgi tidak bisa tumbuh besar. Ukuran maksimal palmas ansorgi hanya mencapai 28cm - 30cm.
Baca Juga : Asal Usul Dan Harga Ikan Sili Api Atau Ikan Fire Eel Tebaru

3. Palmas Lapradei ( Polypterus bichir )

Palmas Lapradei ( Polypterus bichir )

Palmas lapradei ini termasuk jenis ikan palas yang dapat tumbuh menjadi monster. Max size ikan palmas jenis ini mencapai 75cm - 100cm.

4. Palmas Congicus ( Polypterus congicus )

Palmas Congicus ( Polypterus congicus )

Ikan palmas congicus merupakan ikan palmas yang termasuk keluarga lower jaw. Apa itu itu lower jaw nanti akan dibahas di akhir postingan artikel ini. Balik lagi ke palmas congicus, palmas jenis dapat tumbuh hingga 100cm - 120cm.
Baca Juga : Berbagai Macam Jenis Ikan Pari Air Tawar (Stingray) Beserta Harganya

5. Palmas Senegalus ( Polypterus senegalus )

Palmas Senegalus ( Polypterus senegalus )

Palmas senegalus atau biasa di sebut gray bichir ini salah satu palmas yang mudah di jumpai di penjual ikan hias. Palmas senegalus ini ada juga yang jenis albinonya. max size palmas senegalus berkisar 13cm - 23cm.
Baca Juga : 5 Jenis Ikan Predator Belida Beserta Harganya

6. Palmas orna ( Polypterus ornatipinnis ) 

Palmas orna ( Polypterus ornatipinnis )

Palmas orna ( Ornate Bichir ) salah satu ikan palmas yang dapat berukuran hingga 70-100cm. Motif ikan palmas jenis orna ini lain dari jenis palmas lainnya. Palmas orna mempunyai ciri ciri badan hitam dan bintik bintik oren atau kuning ditubuhnya.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Arwana Atau Ikan Arowana Lengkap Beserta Harganya

7 Palmas Teugelsi ( Polypterus teugelsi )

Palmas Teugelsi ( Polypterus teugelsi )

Palmas teugelsi merupakan jenis ikan palmas yang mempunyai ciri ciri coklat kekuningan dan motif garis hitam. Panjang maksimal palmas teugelsi mencapai 45cm-70cm. Palmas teugelsi ini merupakan ikan palmas yang tidak bisa gendut atau pot belly seperti ikan palmas sengalus dll. Ikan ini walaupun sering diberi makan akan tetap langsing dan memanjang.

8. Palmas Mokelembembe ( Polypterus mokelembembe )

Palmas Mokelembembe ( Polypterus mokelembembe )

Palmas mokelembembe ini masih sangat jarang ditemui di penjual-penjual ikan hias. Palmas mokelembembe ini hampir mirip dengan teugelsi namun warnanya lebih gelap serta sirip atasnya lebih sedikit dibanding teugelsi.
Baca Juga : 37 Jenis Ikan Gabus Hias atau Channa Lengkap Beserta Gambarnya

9. Polypterus Retropinnis

Polypterus retropinnis

Palmas retropinnis ini juga salah satu jenis ikan palmas yang masih jarang dijumpai di pasar ikan. Ikan palmas retropinnis dapat tumbuh hingga 35cm.

10. Palmas Palmas ( Polypterus palmas )



Palmas palmas atau yang biasa disebut shortfin bichir atau biasa juga disebut palmas b├╝ttikoferi. Panjang maksimalnya ialah 35cm.

11. Polypterus polli


Palmas polli atau poll's bichir mempuyai ciri ciri motif yang gelap dan maksimal tumbuhnya hanya mencapai 35cm.

12. Polypterus Weeksii

Polypterus Weeksii

Palmas weeksii atau biasa disebut Mottled bichir merupakan jenis ikan palmas yang hampir mirip juga dengan palmas teugelsi hanya saja warnanya lebih gelap dan ukurannya hanya mencapai 55cm.

13. Polypterus bichir bichir ( Palmas PBB )


Polypterus bichir bichir ( Palmas PBB ) Ikan naga termahal

Polypterus bichir bichir atau biasa disebut nile bichir merupakan jenis ikan palmas termahal yang dijual di pasaaran Indonesia. Harga palmas PBB ini bisa mencapai 7 jutaan lebih bahkan belasan juta. Panjang ikan nile bichir mencapai 75cm -90cm.


Sekian 13 Jenis ikan hias palmas si ikan naga predator. kalau ada salah kata dan gambar mohon dimaafkan hehehe. Oiya ikan palmas terdiri dari 2 jenis loh yaitu upper jaw dan lower jaw. Upper jaw mempunyai rahang atas yg lebih besar sedangkan lower jaw mempunyai ciri ciri rahang bawah yang lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel