3 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memelihara Ikan Hias Dengan Benar

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memelihara Ikan Hias

Memelihara ikan hias merupakan kegiatan positif yang harus kalian coba. Dengan memelihara ikan hias kita bisa mengobati stress ataupun menambah stress. Mengobati stress jika kita memelihara ikan yang pas sesuai dengan kantong dan selera. Memelihara ikan hias akan menambah stress jika kita ingin memelihara ikan tertentu namun tidak pas di kantong ataupun ikan mati mendadak karena kurangnya pengetahuan. Memelihara ikan hias tidak bisa sembarangan kalian harus pahami dulu dasar dasar nya seperti jenis ikan ikannya apakah air laut atau air tawar dan lain-lain. Berikut 3 hal yang harus diperhatikan jika ingin memelihara ikan hias dengan benar.

Baca Juga

1. Tempat Atau Aquarium

Tempat Atau Aquarium Ikan Hias

Yang pertama kali diperhatikan adalah tempatnya atau aquarium sebagai wadah untuk memelihara ikan. Cari tahu dulu jenis ikan yang ingin kalian pelihara apakah air laut dan air tawar karena berbeda jenis air berbeda pula jenis ikan dan settingan aquariumnya. Untuk aquarium ikan laut lebih baik menggunakan sump filter agar cycling air pada saat pertama kali lebih optimal. Apa itu cycling air pada aquarium air laut ? cycling aquarium air laut bertujuan supaya air dan biotope yang ada di aquarium berjalan normal sehingga pada saat memasukan ikan pertama kali ikan tidak stress dan dapat meminimalisir kematian pada ikan karena air yang ada di aquarium sudah siap untuk memlihara ikan. Prosses cycling aquarium air laut berbeda beda tergantung jenis biotope dan volume air yang digunakan. Biasanya sih 2-4 bulan. Sedangkan untuk aquarium ikan air tawar lebih mudah prosses cycling nya bisa hanya dengan 1-3 hari yang bertujuan untuk memberikan kandungan oksigen ke dalam air saja. Jangan lupa sesuaikan ukuran aquarium dengan panjang maksimal jenis ikan yang ingin dipelihara. Rekomendasi 2x lipat panjang ikan ya, misal panjang ikan 50cm kalian minimal memerlukan aquarium dengan panjang 100 cm.

2. Jenis Penyakit dan Cara Mengobatinya

Jenis Penyakit dan Cara Mengobatinya

Hal kedua yang perlu diperhatikan ialah mengetahui jenis-jenis penyakit ikan yang ingin kalian pelihara dan mengetahui cara mengobatinya. Hal ini perlu karena jika kita memelihars ikan yng ingin kita pelihara kita harus tahu dulu susah atau tidaknya merawatnya. Jika kita sudah tau jenis penyakit dan cara penanganannya kita bisa lebih siap jika terjadi sesuatu pada ikan kesayangan kita. Jangan khawatir saat ini banyak merk-merk obat ikan yang dijual dipasaran.

3. Budget

Biaya Memelihara ikan hias

Hal paling penting adalah budget. yups tanpa budget kalian akan kesulitan bahkan tidak bisa memelihara ikan. Pilihlah ikan sesuai dengan budget kalian. Untuk yang keterbatasan budget pilihlah ikan hias yang mudah dipelihara dan perhatikan juga biaya untuk pakannya. Biaya memelihara ikan hias antara lain membeli aquarium, perlalatan, aksesoris, membeli ikan hias, membeli air laut jika memelihara ikan hias laut, baiay bulanan listrik, biaya pakan dan biaya tak terduga lainnya jika ikan sakit/mati/peralatan rusak. 

Sekian 3 hal yang harus diperhatikan jika ingin memelihara ikan hias dengan benar. Buat pemula yang kebingungan atau setiap membeli ikan ikannya langsung mati bisa simak artikel ini :

Labels: tips

Terimakasih Sudah Membaca 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memelihara Ikan Hias Dengan Benar. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: