Tips Meninggalkan Peliharaan Ikan Hias Ketika Ingin Liburan Atau Mudik - Ikanesia.id

Tips Meninggalkan Peliharaan Ikan Hias Ketika Ingin Liburan Atau Mudik

Liburan merupakan hal yang diperlukan oleh setiap manusia untuk sekedar bertemu keluarga ( familiy time ) atau bertemu teman dan juga me-refresh otak dari kesibukan sehari-hari yang padat.

Namun pada saat ingin liburan biasanya penghobi dilema saat ingin meninggaklan peliharaan ikan kesayangannya. Hampir semua penghobi ikan hias pasti merasakan apalagi buat yang pemula memelihara ikan hias.

Tips Meninggalkan Peliharaan Ikan Hias Ketika Ingin Liburan Atau Mudik

Bagaimana sih supaya ikan hias yang kita pelihara aman di saat kita tinggalkan berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan sebelum meinggalkan ikan peliharaan kita , Di antaranya :

Baca Juga

Air 

Saat kita ingin mudik lama atau meninggalkan peliharaan ikan hias kita hal pertama yang di cek ialah air. Cek kualitas airnya apakah airnya dalam keadaan kotor atau tidak. Tipsnya gantilah air sebanyak 40% 2 hari sebelum kita meninggalkannya dan pantau sehari setelah ganti air untuk mengecek apakah ikan  normal tidak ada yg celeng atau lemas.

Filter dan Pompa

Saat mengganti air cek juga kondisi filter serta pompanya dan bersihkan jika diperlukan. Hal tersbut untuk menghindari pompa aquarium yang macet dan air bersih lebih lama karena filter baru dibersihkan ketika kita meninggalkannya dalam waktu yang lama.

Puasa

Hal salah bila ikan di push makan dulu sebelum kita pergi. Hal tersebut dapat membuat ikan membuang kotoran saat kita pergi dan amoniaknya akan berlebih. Lebih baik tidak usah di kasih pakan. Ikan hias kuat tidak diberi makan hingga seminggu bahkan sebulan. Ketahui terlebih dahulu jenis ikan yang anda pelihara. Dan cari info kuat berapa lama tidak ikan hias yang anda pelihara tidak makan.

Matikan Lampu

Ketika kita meninggalkan ikan hias yang kita pelihara jangan lupa mematikan lampu aquarium untuk meminimalisir tumbuhnya lumut yang membuat air menjadi lebih cepat keruh.

Pompa Udara AC/DC

Siapkan pompa udara atau areator ac/dc untuk menghindara mati listrik di rumah anda. Jika listrik mati pompa udara tetap menyala menggunakan batterai secara otomatis.

Titip Tetangga atau Keluarga

Tips yang ini mungkin paling terbaik namun akan merepotkan tetangga atau keluarga anda. Titipkanlah ikan and ake orang terdekat yang menegerti ikan atau ngga sekedar memantau saja.

Sekian tips meninggalkan peliharaan ikan hias ketika ingin liburan ataupun mudik dari ikanesia.id semoga bermanfaat dan selamat berlibur dengan tenang tanpa khawatir terhadap ikan anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel