11 Jenis Ikan Arwana Atau Ikan Arowana Lengkap Beserta Harganya

11 Jenis Ikan Arwana atau ikan arowana Lengkap Beserta Harganya - Ikan arwana/arowana sebutan ikan ini memang berbeda beda. Membahas ikan arwana ini memang tidak akan pernah bosan. Ikan arwana merupakan ikan hias terindah versi ikanesia.id.

Ikan arwana berasal dari perairan asia khusunya Indonesia, Malaysia dan Thailand. Ikan arwana yang berasal dari Indonesia antara alain  ialah ikan arwana super red dari kalimantan dan ikan arwana jardini

Ikan arowana salah satu ikan predator yang sifatnya agresif dan biasanya hanya bisa 1 ekor arowana dalam satu aquarium. Tips supaya ikan arwana tidak berantem ialah menaruh lebih dari 6 ikan arwana dalam satu aquarium.

Jenis Jenis Ikan Arwana Lengkap Beserta Harganya

Aquarium yang cocok untuk ikan arwana adalah aquarium yang panjangnya 2x lipat dari max size ikan arwana. Rekomendasi ukuran aquarium untuk ikan arwana ialah PxLxT 160cm x 70cm x 70cm dengan tebal kaca minimal 12 mili. 

Membeli arwana jangan sembarangan, Bacalah artikel tips membeli ikan arwana di blog ikanesia. belilah ikan arwana yang mempunyai kualitas bagus untuk kedepannya karena ikan arwana ini juga bisa dikatakan sebagai investasi. Jika ikan arwana yangkalian pelihara dari kecil menjadi bagus akan sangat mahal harganya.

Makanan terbaik ikan arwana ialah udang segar, kelabang, jangkrik. Adapun makanan seperti kodok yang biasanya diberikan untuk push body ikan arwana.

Baca Juga


Ikan arwana sendiri ada berbagai macam jenis serta harga ikan arwana pun berbeda-beda. 

Berikut ini Jenis - jenis ikan arwana yang harus kalian ketahui ?


1. Ikan Arwana Silver

Ikan Arwana Silver

Ikan arowana silver ini merupakan arwoana yang berasal dari brazil. bentuk fisiknya berbeda dari kebanyakan ikan arowana lainnya. Pada saat berukuran kecil tubuh arowana brazil ini sedikit ada merah - merahnya namun jika sudah besar warnanya akan pudar menjadi full silver. Harga ikan arowana brazil ini mulai dari 70 rb rupiah per ekornya.

2. Ikan Arwana Silver Albino

Ikan Arwana Silver Albino

Ikan arowana silver albino ini sama saja dengan ikan arwona silver biasa hanya saja ikan ini mendapatkan kelaianan genetik dan menjadi albino. ciri ciri ikan arowana silver albino ialah badan yang berwarna kuning serta mata yang merah khas albino. Harga ikan arowana silver albino mulai dari 800 rb rupiah per ekor.

3. Ikan Arowana Silver Black 



Ikan arwana silver black ini sama halnya juga dengan ikan aro silver lainnya hanya mempunyai keunikan tersendiri karena berwarna hitam. Harga arwana silver black ini mulai dari 1 juta rupiah per ekornya.

4. Ikan Arowana Golden Red

Ikan Arowana Golden Red

Ikan arwana golden red biasa disebut juga dengan nama arwana RTG ( Red Tail Golden ) ini berasal dari perairan Indonesia tepatnya di Pekanbaru Riau dan juga dapat ditemukan di prairan sumatra lainnya. Harga ikan arwana RTG ini berkisar 800rb hingga 4 juta rupiah per ekornya.

5. Ikan Arwana Banjar Red 

Ikan Arwana Banjar Red

Ikan arwana banjar red juga salah satu ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Ikan arwana banjar red dengan super red ini hampir mirip pada saat ukuran baby maka dari itu untuk pembeli berhati - hati jangan sampai salah beli ya karena harga arwana banjar dan super red tentu berbeda. 

Arwana banjar red pada saat berukuran dewasa tidak bisa semerah ikan super red. Harga anakan arwana red banjar ini mulai dari 350rb per ekornya.

6. Ikan Arwana Pino

Ikan Arwana Pino

Ikan arwana pino ini tersebar di perairan asean diantaranya Myanmar, Malaysia, Thailand, Kamboja serta Indonesia. Ikan ini juga biasa disebut dengan green arowana. Harga ikan arowana pino berkisar 250rb hingga 1 juta rupiah per ekornya.

7. Ikan Arwana Jardini Papua

Ikan Arwana Jardini Papua

Arwana jardini ini juga termasuk salah satu ikan arwana yang berasal dari Indonesia. Arwana jardini mempunyai ciri khas batik dan warna hitam di tubuhnya. Menurut saya arwana jardini ini semakin hitam semakin bagus. Ikan arwana jardini juga merupakan ikan arwana paling agresif dan galak diantara jenis arwana lainnya. Harga ikan arwana jardini mulai dari 100rb rupiah per ekornya.

8. Ikan Arwana 24k

Ikan Arwana 24k

Seperti halnya emas 24 karat ikan arwana 24k juga berwarna seperti emas. Siapkan lah dana yang lebih tebal untuk meminang ikan arwana 24k ini. Harga ikan arwana 24k ini mulai dari 4 juta rupiah per ekor tergantung kualitasnya.

9. Ikan Arwana Super Red


Ikan arwana super red merupakan ikan arwana paling populer diantara ikan arwana jenis lainnya. Ikan arwana yang biasa disebut Asian arowana ini sering sekali diselenggarakan kontesnya. Ikan super red yang warna nya merah menyala dan bentuk body bagus tanpa cacat biasanya akan muncul di acara kontes arwana jenis ini. 

Ikan super red juga berasal dari Indonesia  tepatnya di perairan kalimantan. Untuk warna yang lebih optimal ikan super red membutuhkan uv menggunakan lampu atau bisa juga dijemur dengan terkena cahaya matahri secara langsung untuk mentanning badannya agar lebih merah. Harga ikan arwana super red baby mulai dari 3 juta rupiah. Untuk harga arwana kontes bisa berlipat lipat. Maknya arwana jensi ini bisa menjadi tujuan investasi.

10. Ikan Nile Arwana

Ikan Nile Arwana

Ikan arwana nile ini merupakan ikan arwana satu satunya yang berasal dari afrika tepatnya di sungai nil. Bentuk ikan arwana nil ini sangat berbeda dengan jenis ikan arwana pada umumnya. Bahkan kalau yang tidak tahu atau tidak pernah melihatnya tidak bakal tahu jika ikan ini termasuk jenis ikan arwana.

Ikan arwana nile ini dapat tumbuh hingga 90 centimeter. Harga ikan arwana nile ini mulai dari 400 rb rupiah.

11. Ikan Arwana Unik

Ikan Arwana Unik

Satu lagi jenis ikan arwana apapun namun memliki bentuk yang unik biasanya ada juga kontesnya. arwana unik bisa berupa punggung bengkok, badan aneh, berbuntut slayer bahkan ada yang 2 kepala. Harga arwana unik biasanya lebih mahal daripada arwana normal.

Sekian artikel tentang 11 jenis ikan arowana dari kami. mana jenis ikan arwana favorite mu ? dan ikan arwana termahal menurut kamu yang mana ? jangan lupa share artikel ini ya.

Labels: ikan arwana, predator

Terimakasih Sudah Membaca 11 Jenis Ikan Arwana Atau Ikan Arowana Lengkap Beserta Harganya. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: