Jenis-Jenis Pasir Aquascape Yang Wajib Kalian Ketahui

Jenis-jenis pasir aquascape yang wajib kalian ketahui - Aquascape merupakan seni tanam menanam dan dekorasi kombinasi antara tumbuhan, batu dan pasir. Aquascape saat ini banyak sekali peminatnya.

Aquascape pun banyak macamnya sperti iwagumi style, jungle style, biotope style dan masih banyak lagi yang lain.

Pada umumnya aquascape menggunakan pasir sebagai alas untuk menaruh batu dan menanam tanaman. Tahukah kalian jenis jenis-jenis pasir yang biasa digunakan untuk membuat aquascape ?



Untuk jenis-jenis batu silahkan di cek di Jenis Batu Aquascape

Untuk melihat jenis-jenis pasir aquascape silahkan simak dibawah ini :

Baca Juga

1. Pasir Malang 

Pasir Malang

Pasir malang merupakan pasir yang terbuat dari lahar gunung berapi. Sesuai namanya pasir malang berasal dari kota malang. Pasir malam cocok digunakan untuk aquascape yang menginginkan warna dasar hitam. Pasir malang ini sangat bagus juga sebagai media tanam aquascape bahkan media tanam di hidroponik.

2. Pasir Silika

Pasir Silika

Pasir silika juga merupakan salah satu pasir yang sering digunakan sebagai dasar aquasape. Pasir ini berwarna putih dan semakin putih pasir silika harganya akan semakin mahal. 

Pasir silika dijual berdasarkan grade. Ada yang kualitas bagus dan kualitas biasa saja. Dan juga pasir silika biasanya di jual berbeda beda ukuran, Ada yng kasar dan juga ada yang halus.



3.Pasir Kandila

Pasir Kandila

Pasir jenis ini merupakan pasir pabrikan buatan yang artinya pasir ini berbeda dari kedua pasir diatas yang asalnya memang dari bumi. Pasir kandila ini tersedia berbagai warna diantaranya merah, kuning, biru  putih dan hijau. Untuk jenis pasir pabrikan ini biasanya sudah bersih dan tidak perlu dicuci lagi.

Pasir kandila yang halus ini cocok dijadikan air terjun di aquascape

Keuntungan Menggunakan Pasir di Dasar Aquarium

  1. Lebih keren tidak polos sehingga tidak bosan
  2. Sebagai media tanam
  3. Agar Batu Aquascape tidak terkena kaca aquarium secara langsung.
  4. Bisa sebagai media bakteri baik.

Kerugian Menggunakan Pasir Di Dasar Aquarium

  1. Untuk awal setup air akan keruh
  2. Kotoran mengendap di pasir
  3. Kalo bosen dan ingin rombak akan pegel dan encok

Sekian jenis-jenis pasir aquascape yang wajib kalian ketahui dan sebenarnya masih ada beberapa lagi seperti pasir bangka dan pasir pabrikan lainnya. Pasir apapun sebenarnya juga bisa dijadikan dasar aquascape asal pasir yang digunakan tidak berbahaya terhadap ikan dan tidak mengubah ubah kualitas air.



Labels: aquascape, pasir aquascape

Terimakasih Sudah Membaca Jenis-Jenis Pasir Aquascape Yang Wajib Kalian Ketahui. Jangan Lupa Share Artikel Kami ya.

Share: