Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Ikan Hias Dengan Aman Selamat Sampai Tujuan

Jasa pengiriman saat ini sudah banyak sekali beredar dari mulai Tiki, Jne, JNT, Sicepat, Lalamove bahkan jasa kirim menggunakan kereta api bahkan bus juga ada. Namun apakah mengirim ikan ataupun hewan di jasa pengiriman tersebut aman dan legal ?

Pertama kalian harus cek dulu syarat dan kententuan apakah boleh mengirim hewan ke dalam atau luar kota. Kedua apabilah boleh mengirim ikan atau hewan biasanya terdapat surat ketentuan dan juga surat dari badan karantina. Cara mengurus surat karantina bisa cek di ( Sini )
Baca Juga :  7 Tips Membeli Ikan Hias Secara Online

Cara Mengirim Ikan Hias Dengan Aman Selamat Sampai Tujuan


Pastikan dalam mengirim ikan hias kalian memilih paket jasa pengiriman yang sehari langsung sampai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
Baca Juga : 3 Hal Yang Harus Diperhatikan Jika Ingin Memelihara Ikan Hias Dengan Benar
Selain jasa pengiriman di atas anda bisa juga menggunakan gojek atau grab untuk mengirim ikan namun jaraknya biasanya terbatas tidak bisa terlalu jauh atau bisa menggunakan herona kereta untuk pulau jawa dan titip di bus-bus antar kota dan jika punya budget lebih untuk yang terlalu jauh bisa menggunakan kargo pesawat.

Ada juga jasa pengiriman hewan khusus yang menyediakan jasa pengiriman beserta mengurus dokumennya kalian bisa search aja di google " Jasa Kirim Ikan Ke luar Kota, Jasa pengiriman hewan, Jasa pengiriman hewan terpecaya dan lain-lain. Di situ banyak sekali jasa atau perusahan yang menawarkan pengiriman hewan dengan resmi.

Selain mengurusi jasa pengiriman ikan, Banyak hal yang harus diperhatikan agar ikan selamat sampai tujuan biasanya anatara lain
Baca Juga : Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

Kondisi Ikan

Perhatikan kondisi ikan apakah ikan dalam keadaan sakit atau tidak ? Apabila ikan sakit ikan perlu disembuhkan terlebih dahulu. Jangan sampai mengirim ikan yang sakit. Lagian juga ikan sakit tidak akan lolos surat karantinanya.

Puasa

Jangan memberikan pakan ke ikan yang ingin di kirim, tujuannya untuk ikan tidak buang kotoran di kantong plastik selama perjalanan yang akan membuat amoniak tinggi di kantong plastik sehingga menyebabkan ikan mati dijalan.

Plastik/Packaging

Packaging juga merupakan hal yang penting. Makin besar plastik makin banyak juga oksigen yang dapat dimasukan ke kantong plastik sehingga ikan bisa tahan lebih lama diperjalanan. Jangan lupa plastiknya di double untuk menghindari kebocoran akibat terkena benda-benda tajam, gigi ikan atau sirip ikan. Gunakan Styrfoam agar ikan lebih aman dari benturan.

Obat

Sebagian orang memberikan obat anti stress dalam pengirim ikan yang tentunya bertujuan untuk meminimalisir tingkat stress pada ikan.

Penutup

Sebagai pengirim khususnya sebagai seller sebaiknya harus memberikan garansi DOA dalam pengiriman ikan. Karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi walaupun sudah berusaha yang terbaik mengikuti tips-tips di atas. Ya namanya juga makhluk hidup.

Apa itu DOA ? DOA merupakan singkatan dari Death On Arrival. biasanya garansi DOA akan memberikan garansi apabila ikan sampai dan di buka packaging nya dengan bukti rekaman unboxing ikan berupa video tanpa cut.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id
close