Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Atau Goldfish Beserta Gambarnya - Ikanesia.id

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Atau Goldfish Beserta Gambarnya

Jenis-jenis ikan mas koki atau goldgish beserta gambarnya - Ikan mas koki atau goldfish adalah ikan hias air tawar dari keluarga Cyprinidae dan ordo Cypriniformes. Ikan mas koki merupakan salah satu ikan hias terindah versi ikanesia.id. Kabarnya ikan mas koki merupakan ikan pertama yang berhasil dibudidayakn oleh manusia.

Ikan yang mempunyai nama latin Carrasius Auratur ini awalnya dibudidayakan oleh masyarakat di China pada tahun 960 hingga 1729. Awal mula ikan mas koki memang ikan mas karena masih dalam satu keluarga dengan ikan mas. Lalu pada tahun 1368 mulailah banyak variasi bentuk dan warna ikan mas koki.

Jenis-Jenis Ikan Mas Koki Atau Goldfish Beserta Gambarnya
Photo by Skitterphoto from Pexels

Selain di china mas koki juga di kembangkan dan dibudidayakan di jepang sehingga lebih bervariasi lagi dalam bentuk warna dan jenisnya.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

Jenis Jenis Ikan Mas Koki Atau Goldfish

1. Ikan Mas Koki Ranchu ( Ranchu Goldfish )

Ikan Mas Koki Ranchu ( Ranchu Goldfish )

Ikan mas koki ranchu ini memiliki ciri ciri seperti gambar diatas. Ikan mas koki ranchu ini ada beberapa varian warnanya diantaranya orange, red, red white, black, black and white dan lain-lain. Selain warna terdapat jenis ranchu lion head yang mempunyai ciri ciri kepanyanya lebih jenong dari ranchu biasa.

2. Ikan Mas Koki Oranda 

Ikan Mas Koki Oranda

Ikan Mas koki oranda ini berasal dari china dan jepang. Ikan mas koki oranda mempunyai ciri benjolan di kepalanya.

3. Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan Mas Koki Ryukin

Ikan mas koki ryukin merupakan salah satu ikan mas koki yang paling terkenal. Ciri ciri ikan mas koki ryukin ialah bentuk punggungnya yang unik.

4. Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan Mas Koki Bubble Eye

Ikan mas koki jenis Bubble Eye ini dari penampilannya sudah dapat dibedakan secara langsung. Dinamakan bubble eye karena ikan mas koki ini mempunyai bubble atau gelembung yang berisi cairan di bawah matanya. Untuk harganya karena ikan ini sangat unik harga ikan mas koki bubble eye masih terbilang mahal.

5. Ikan Mas Koki Calestial Eye Atau Choten 

Ikan Mas Koki Calestial Eye Atau Choten

Calestial goldfish atau ikan mas koki calestial eye ini salah satu ikan jenis mas koki yang unik. Hampir mirip dengan ikan mas koki bubble eye bedanya tidak terdapat bubble di ikan mas koki calestial ini. 

6. Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara disebut dengan kata mutiara karena ikan mas koki jenis ini terdapat benjolan-benjolan kecil ditubuhnya seperti gerombolan mutiara. Ikan mas koki jenis mutiara ini tidak dapat disatukan karena sering diserang oleh jenis ikan lainnya karena benjolan mutiaranya menarik perhatian jenis ikan lain.

7. Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan Mas Koki Black Moor

Ikan mas koki black moor sesuai namanya ikan ini mempunyai ciri fisik seluruh tubuh berwarna hitam pekat. Mempunyai mata menonjol seperti sedang melotot dan mempunyai tubuh dan ekor yang panjang.

8. Ikan Mas Koki Tosakin


Ikan mas koki jenis tosakin ini secara fisik memang mirp dengan mas koki jenis lainnya namun untuk jenis tosakin memiliki ekor dan sirip yang panjang sehingga ikan mas koki tosakin ini cocok di lihat dari atas ataupun dari samping.

9. Ikan Mas Koki Demekin

Ikan Mas Koki Demekin

Ikan mas koki demekin secara fisik mirip dengan ikan mas koki ryukin. Perbedaan yang paling kelihatan ada di bentuk mata. Bentuk mata ikan mas koki demekin lebih menonjol dibandingkan dengan jenis ikan mas koki ryukin.

10. Ikan Mas Komet

Ikan Mas Komet

Ikan mas komet masih termasuk dari keluarga ikan mas koki dengan nama ilmiah carassius auratus. Ikan ini sangat populer dan mudah didapatkan. Ikan komet lebih mirip dengan ikan koi ketimbang ikan goldfish hanya saja ikan komet berukuran kecil dan bantet tidak bisa sebesar ikan koi.

Cara Memelihara Ikan Mas Koki

Ikan mas koki memerlukan kualitas air dan tempat yang baik agar dapat hidup sehat. Namun tenang saja ikan mas koki dapat beradaptasi dengan kualitas air sangat baik. 

Namun hal hal yang harus diperhaikan adalah tingkat kepadatannya. Janganlah memelihara Ikan mas koki terlalu banyak di aquarium yang kecil. Hal itu membuat kualitas air akan turun drastis karena overpopulasi. Jika ingin memelihara ikan maskoki banyak aquarium nya juga harus besar ya.

Makanan Ikan Mas Koki

pakan ikan mas koki bisa berupa pelet, cacing beku ataupun tubefex. Terdapat beberapa pelet khusus mas koki yang beredar di toko maupun online store. Ada yang pelet lokal dan juga pelet import tinggal sesuaikan saja dengan budget anda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :