Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon - Ikanesia.id

Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Jenis-jenis ikan yang hidup di sungai amazon - Sungai amazon merupakan salah satu sumber flora dan fauna yang terletak di benua amerika.

Sungai amazon yang terletak di benua amerika selatan ini memliki panjang 7.200 km. Debit air sungai amazone sendiri merupakan yang terbesar dibandingkan sungai sungai lainnya. Debit rata-rata dari sungai Amazon ialah berkisar 209.000 meter kubik per detik (7.400.000 cu ft / s: 209.000.000 L / dt: 55.000.0000 USgal / dtk) - sekitar 6.591 kilometer kubik per tahun (1.581 cu mi /a). Sungai ini juga mewakili 20% dari debit sungai global ke laut

Dengan panjang tersebut tidak heran lagi sungai amazon ini banyak di hidupi satwa satwa liar termasuk ikan.

Sungai amazon dikenal sebagai sungai yang ikan-ikan nya yang buas dan galak. Menurut penelitian terdapat 2000 spesies ikan yang hidup di perarian sungai amazon ini. Tak hanya ikan sungai amazon pada mulanya dikenal dengan sungai tempat berkembang biak ular anaconda.

Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Sungai Amazon

Ciri khas sungai amazon yang tenang ini lah yang menjadi tempat sarang ikan-ikan buas. Tak hanya ikan buas disungai amazon juga terdapat ikan ikan yang cantik dan indah.

Ikan liat tangkapan langsung sungai amzon biasanya harganya sangat tinggi loh. Sedangkan oleh masyarakan sekitar amazon ikan tersebut malah dijadikan santapan.

Tidak heran jika banyak importir yang membeli ikan langsung oleh penduduk sekitar amazon karena harganya lebih murah dan di jual lagi ke negaranya dengan harga tinggi.

Langsung saja ke topik utama yaitu ikan apa saja sih yang ada di sungai amazon ? penasaran ? yuk simak.

Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Sungai Amazon

1. Ikan Arapaima Gigas

Ikan Arapaima Sungai Amazon

Ikan predator kelas atas ikan terbesar di sungai amazon merupakan julukan dari ikan arapaima ini. Ikan arapaima dapat tumbuh hingga 2,5 meter bahkan lebih.

2. Ikan Lele Ekor Merah ( Red Tail Catfish )

Ikan Lele Ekor Merah ( Red Tail Catfish )

Ikan lele di amazon ini berbeda ya dibandingkan ikan lele lokal di Indonesia. Ikan lele amazon atau biasa disebut red tail catfish ini mempunyai ciri-ciri ekor berwarna merah dan dapat berukuran besar hingga 80cm.

3. Ikan Piranha 

Ikan Piranha Sungai Amazon

Ikan piranha dari sungai amazon ini mungkin sudah tidak asing lagi. Ikan ini pun sempat di film kan karena keganasannya. Ikan piranha sungai amazon berada di sungai amazon yang airnya tenang, Ikan ini banyak sekali di amazon.
Baca Juga Jenis Ikan Piranha

4. Ikan Tambaqui ( Ikan Pacu Amazon )

Ikan Tambaqui ( Ikan Pacu Amazon )

Masih dalam keluarga ikan bawal ikan Tambaqui atau ikan pacu dari sungai amazon merupakan ikan dari keluarga bawal yang paling besar.

5. Ikan Pbass ( Peacock Bass )

Ikan Pbass ( Peacock Bass )

Ikan predator peacock bass merupakan salah satu ikan predator yang hidup di sungai amazon. Ikan pbass yang hidup di sungai amazon dapat berukuran besar.
Baca Juga : Jenis Ikan Peacock Bass

6. Ikan Payara Armatus Atau Vampire Fish

Ikan Payara Armatus Atau Vampire Fish

Ikan payara ini mempunyai tampang yang seram layaknya vampire maka dari itu banyak juga yang menyebut ikan ini dengan nama ikan vampire. Ikan predator yang berasal dari sungai amazon ini sudah banyak yang di import ke Indonesia loh.

7. Ikan Discus

Ikan Discus asal sungai amazon

Tidak hanya ikan predator yang ganas dan seram, di sungai amazon juga terdapat ikan yang sangat cantik dan mempesona diantaranya adalah ikan discus. Ikan discus ini berkembang sangat baik disana. Ikan discus wild alias ikan disucs tangkapan sungai amazon harganya bisa 3x lipat dari harga ikan discus ternakan loh.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Discus

8. Angelfish atau Manfish

Angelfish atau Manfish Asal Amazon

Sama halnya dengan ikan discus ikan angelfish ini berasal di sungai yang sama tepatnya di sungai orinoco basin dan di hulu sungai venezuela bagian selatan. Ikan angelfish yang terkenal di sungai amazon dan berharga sangat tinggi ialah jenis Altum angelfsih.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Manfish

9. Ikan Oscar

Ikan Oscar Sungai Amazon

Ikan oscar merupakan salah satu ikan predator yang juga berasal dari sungai amazon walaupun saat ini ikan oscar sudah banyak dibudidayakan.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Oscar

10. Ikan Aligator Gar

Ikan Aligator Gar Sungai Amazon

Salah satu jenis ikan aligator yaitu Ikan aligator gar ini berasal dari sungai amazon loh. 
Baca Juga : 8 Jenis Ikan Aligator

11. Ikan Arowana Silver Brazil

Ikan Arowana Silver Brazil

Ikan arowana silver dari brazil ini habitat aslinya ialah di sungai amazon. Di amazon ikan arowana silver ini dapat tumbuh hingga 90cm.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Arowana 

12. Ikan Golden Dorado

Ikan Golden Dorado

Ikan golden dorado ini mirip sekali dengan ikan salmon. Ikan golden dorado banyak juga yang memelihara karena warnanya yang mencolok serta merupakan ikan perenang aktif sehingga enak dilihat.

13. Ikan Wolfish

Ikan Wolfish

Ikan predator wolfish ini merupakan ikan yang sangat agresif sekali sehingga tidak dianjurkan apabila ingin dipelihara oleh pemula. Ikan wolfish dapat menyabar tangan kita apabila tangan masuk ke air berisi ikan ini.

14. Stingray atau Ikan Pari Air Tawar

Stingray atau Ikan Pari Air Tawar

Stingray atau ikan pari air tawar ini merupakan ikan yang sedang populer dikalangan hobis ikan hias di Indonesia. Harga ikan pari air tawar ini masuh tinggi karena masih banyak di Import. Jenis-jenis ikan pari air tawar antara lain pari motoro, pari black diamond dan lain-lain.

14. Ikan Piraiba

15. Tiger catfish

16. Ikan Candiru

17. Ikan Barracuda Air tawar


Penutup

Sekian beberapa jenis ikan yang hidup di sungai amazon. Sebenarnya masih banyak lagi ikan yang hidup di sunai tersebut. Saya akan mengupdate list nya secara bertahap.

Share artikel ini apabila bermanfaat dan jangan lupa follow akun IG kami di @ikanesia.id apabila kalian teahu jenis ikan di amazon lainnya bisa dm ke admin di Instagram ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel