Mengenal Ikan Black Ghost Dan Cara Memeliharanya - Ikanesia.id

Mengenal Ikan Black Ghost Dan Cara Memeliharanya


Mengenal Ikan Black Ghost


Mengenal Ikan Black Ghost


Ikan black ghost ini merupakan ikan hias air tawar yang mempunyai sifat pemalu. Ikan black ghost atau biasa disebut ikan hantu ini berhabitat asli di wilayah amerika selatan seperti Colombia, Guyana, Ecuador, Suriname, Guiana, Paraguay, Bolivia, Venezueala dan Brazil.

Ikan Black ghost ini mempunyai ciri-cii berwarna hitam dan terdapat warna putih sedikit dibagian ekor dan juga tubuhnya mirip seperti bulu ayam.

Sebutan ikan ini ada berbagai macam diantaranya black ghost, ikan hantu, black knife, knife fish dan lain-lain. Namun nama ilmiah dari ikan ini ialah Apterontus albifrons.
Baca Juga : Jenis - Jenis Ikan Discus Yang Perlu Anda Ketahui - Part 1

Cara memelihara Ikan Black Ghost

Cocok Di Aquarium


Meskipun nama ikan ini seram ikan ini sangat aman dipelihara baik di aquarium maupun di kolam. Namun akan sangat enak dilihat di aquarium karena ikan black ghost bukanlah ikan top view.

Walaupun di aquarium ukuran maksimal ikan black ghost dapat mencapai 50 centimeter. Jadi buat yang ingin memelihara ikan ini sebaiknya memelihara di aquarium minimal 1 meter.
Baca Juga : Cara Membuat Aquarium Sendiri Dengan Mudah Di Rumah

Perawatan Ikan Black Ghost

Ikan black ghost sebernya cukup sulit dipelihara di air dingin karena ikan ini gampang sekali terkena jamur atau penyakit pada ikan. Untuk memelihara ikan black ghost sebaiknya di ph air 7 - 7,5 dan suhu 28-30 derajat celcius, jika dibawah itu bisa diberi heater di dalam aquariumnya.

Setting Akuarium Black Ghost

Karena ikan black ghost merupakan ikan yang pemalu kalian perlu setting akuarium kalian dengan menyediakan tempat sembunyi bisa dengan daun-daunan atau bebatuan.

Menggabung Ikan Black Ghost Dengan ikan Lain

Menggabung Ikan Black Ghost Dengan ikan Lain

Ikan black ghost aman untuk digabung dengan ikan lain asal ikan yang digabung ukurannya tidak terlalu kecil. Karena ikan ini masuk kedalam ikan karnivora.
Baca Juga : Jenis Ikan Hias Air Tawar Yang Dapat Di Gabung Satu Aquarium

Makanan Ikan Black Ghost

Black ghost merupakan ikan karnivora yang di alamnya memakan ikan kecil, serangga, larva dan ulat-ulat kecil. Namun buat kalian yang memelihara ikan ini di aquarium bisa dengan memberikan ikan ini dengan cacing merah, cacing beku, tubifex, udang segar di potong-potong kecil dan ikan kecil. Kalian juga bisa melatih ikan black ghost agar mau makan pelet dengan sesekali memberikan pelet.

Perbedaan Ikan Black Ghost Jantan dan Betina

Dari bentuk tubuh ikan black ghost jantan lebih besar serta panjang lurus dan ramping berbeda dengan betina yang lebih kecil, gemuk dan tidak lurus. Jika dari gerakan pejantan bergerak lebih lincah daripada betina.

Harga Ikan black ghost

Harga ikan black ghost ini sangatlah murah, kalian bisa membeli ikan ini dengan harga mulai dari 8.500 rupiah di ukuran 2 inch.

Harga merupakan estimasi saja dan dapat berbeda beda berdasarkan penjual serta jumlah pembelian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel