11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur - Ikanesia.id

11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur




11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur - Aquascape merupakan seni tanam menanam yang dilakukan di dalam air atau aquarium. Untuk mempercantik aquascape biasanya hobies memasukan ikan ke dalam aquascape.

Ada beberapa ikan yang tidak cocok dengan kondisi aquascape dikarenakan air aquascape cenderung bersuhu rendah sedangkan ada beberapa ikan yang kurang cocok dengan air suhu rendah.

Hindari pemeliharan ikan hias yang dapat merusak atau memakan tumbuhan yang ada di dalam aquarium aquascape.

11 Jenis Ikan Yang Cocok Untuk Aquascape

Jenis ikan yang cocok untuk aquarium ialah ikan-ikan yang berukuran kecil karena pada dasarnya aquascape diperuntukan untuk ikan-ikan kecil agar enak dilihat. Jika ikan yang digunakan berukuran besar akan merusak tanaman karena ikan tidak dapat berenang leluasa.

Baca Juga


Pengen tahu ikan apa saja yang cocok dipelihara di aquascape ? Yuk simak

11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

1. Ikan Neon

Ikan Neon Aquascape

Neon tetra atau semua jenis ikan tetra adalah ikan yang cocok untuk aquascape karena ikan tetra merupakan ikan yang berenang secara bersama-sama alias schooling dan juga ukuran tetra yang kecil membuatnya terlihat cocok untuk di taruh di aquarium aquascape.

2. Ikan Guppy 

Ikan Guppy Aquascape

Ikan guppy ialah ikan yang sangat populer dikalangan penghobis ikan. Ikan ini juga sering di keep atau dipelihara di dalam aquarium aquascape.

3. Ikan Platty 

Ikan Platty

Ikan platty atau yang biasa disebut ikan molly ini mempunyai bentuk yang lucu dan kecil-kecil sehingga ikan ini juga salah satu ikan yang terbaik untuk aquarium aquascape.

Ikan molly mempunyai berbagai macam jenis dan warna diantaranya merah, kuning, putih, hitam dan juga marble.

4. RainbowFish

RainbowFish

Rainbowfish atau Boesemani rainbowfish ini merupakan ikan hias air tawar terindah untuk di pelihara di dalam aquarium aquascape.

Habitat ikan ini berasal dari perairan Indonesia loh, tepatnya di danau Ayamaru Papua Barat. Ukuran maksimal boesemani rainbowfish ini dapat mencapai 10 centimeter.

5. Harlequin Rasbora

Harlequin Rasbora

Harlequin rasbora ini merupakan ikan hias air tawar yang cocok juga dipeliahar di aquascape. Ikan yang dikenal juga sebagai red rasbora ini berasal dari perairan Kalimantan dan Sumatra namun juga tersebar ke perairan Malaysia, Singapore dan Thailand.

Ikan harlequin rasbora ini hanya dapat tumbuh sampai 4,5 centimeter saja dan berumur maksimal 6 tahun. Ikan jenis ini merupkan ikan yang berkelompok jadi buat kalian yang ingin memelihara ikan harlequin rasbora ini peliharalah minimal 6 ekor di satu aquarium.

6. Mosquito Rasbora

Mosquito Rasbora

Mosquito rasbora atau biasa disebut chili rasbora ini merupakan salah satu jenis ikan rasbora yang sangat cocok untuk dipelihara dengan aquascape. Ikan ini juga merupakan ikan schooling yang berarti berenang secara berkelompok. Sama seperti ikan schooling lainnya peliharalah ikan chili rasbora ini minimal 6 ekor di dalam satu aquarium.

7. Red Nose Fish

Red Nose Fish

Red nose fish atau rummy nose merupakan ikan jenis tetra yang direkomendasikan dapat dipelihara di aquascape. Ikan ini mempunyai ciri-ciri unuk yang tidak ada di ikan jenis tetra lainnya yaitu mukanya yang berwarna merah.

8. Dwarf Gourami

Dwarf Gourami

Dwarf gourami ini merupakan ikan hias air tawar berukuran kecil serta warnanya yang keren dan indah. Ikan gourami ini berbeda dengan ikan gurame untuk konsumsi ya.

Kalian wajib coba memelihara ikan dwarf gourami ini.

9. Otocinclus Affinis

Otocinclus Affinis

Otocinclus affinis ini merupakan ikan favorit saya di aquarium aqquascape. Ikan oto ini dapat dipelihara di aquascape dan berfungsi sebagai pemakan lumut di aquarium aquascape.

Buat kalian yang ingin mencari algae eater untuk aquarium aquascape janganlah menggunakan ikan sapu-sapu tapi gunakanlah ikan otocinclus affinis ini.

10. Ikan Discus 

Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan hias air tawar terindah menurut saya karena warna dan bentuknya yang menarik perhatian. Ikan ini juga cocok dipelihara di aquascape namun sebaiknya kondisi air aquascapenya jangan terlalu dingin.

Aquascape yang cocok untk ikan discus ialah aquascape yang simpel-simpel saja. Itu dikarenakan ikan discus merupakan ikan yang rewel dan sangan sensitif dengan parameter air.

11. Angelfish / Manfish

Angelfish / Manfish

Ikan aquascape ke 11 yang cocok ialah ikan angelfish. Ikan yang sudah tidak asing di mata penghobis atau masyarakat ini bisa kalian coba memeliharanya di dalam aquascape kalian.

Demikian ke 11 jenis ikan hias untuk aquascape yang terindah dan terbaik. Ikan-ikan diatas aman bila ingin di campur atau digabung dengan ikan lainnya. 

Mana yang menurut kamu ikan hias terindah untuk aquascape ? jawab di kolom komentar ya


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel