Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan Hias

Cara Mengatasi Penyakit White Spot Pada Ikan - Ichthyophthirius multifiliis ialah ektoparasit yang biasa ditemukan pada ikan hias air tawar yang menyebabkan penyakit bercak putih ( White Spot ) atau ich. Ich sendiri merupakan salah satu penyakit yang sering sekali muncul pada ikan. Penyakit ini muncul di tubuh ikan, sirip ikan, dan insang ikan.

Penyebab white spot biasanya muncul lewat ikan yang baru datang atau perlatan aquarium yang dipindah dari suat tempat ke tempat lain tanpa dibersihkan atau di karantina. White spot ini berkembang sangatlah cepat sehingga dapat menyebabkan kematian pada ikan.

Ciri-ciri ikan terkena white spot ialah ikan yang secara visual terlihat bercak putih di tubuhnya atau jika white spot pada insang biasanya tidak terlalu kelihatan ciri-ciinya bisa saja ikan tersebut menjadi lemas, diam di pojokan. menyendiri dan biasanya ikan yang terkena bercak putih tidak mau makan atau kehilangan nafsu makannya.

Penyakit white spot pada ikan ini bukanlah penyakit yang main-main loh, kalian harus segera melakukan pertolongan sehingga ikan kalian selamat dan penyakit wbercak putih juga dapat menular ke ikan lainnya.

Bagaimana cara mengobati atau membunuh white spot pada ikan ? Yuk simak 

1. Menguras Air Aquarium

Menguras Air Aquarium

Tips pertama yang kalian lakukan ialah langsung menguras aquarium kalian sebanyak 25% dari volume air aquarium kalian. 

Tujuannya agar membuang sebagian parasit-parasit yang sudah berkembang di dalam air yang menjadi penyebab ikan terkena jamur white spot.

Dalam hal pengisian ulang air aquarium kembali kalian juga harus berhati-hati jika air di rumah anda mengandung senyawa yang tidak baik untuk ikan misalnya klorin pada air terlalu banyak dapat menyebabkan ikan malah menjadi stress dan menjadi percuma.

Cara paling aman ialah ketahui kualitas air di rumah kalian terlebih dahulu atau biar lebih aman kalian bisa menggunakan air galon isi ulang untuk mengisi kembali air aquarium.

2. Gunakanlah Heater

Gunakanlah Heater

Cara untuk menangani bakteri jamur bercak putih pada ikan bisa dengan menggunakan heater aquarium. Karena jamur white spot tidak akan bisa berkembang biak di air yang panas sehingga kalian perlu alat yang satu ini. Setting heater 30 derajat ceclius unutk membunuh jamur white spot.

Merk heater yang beredar di Indonesia sudah sangat banyak ada yang mahal dan murah semua tergantung budget hobies. Namun saya sarankan belilah heater yang bagus alias mahal karena heater murah dapat menyebabkan suhu yang tidak stabil, konslet listrik bahkan pecah kaca heater.
Baca Juga : 3 Tipe Lampu Aquarium Untuk Mempercantik Aquarium Anda

3. Garam Ikan

Garam Ikan

Pertolongan pertama lainnya kalian bisa menggunakan garam ikan, ingat ya garam ikan bukan garam dapur. Garam ikan mudah kalian dapatkan di toko-toko ikan hias. Harga garam ikan pun sangtalah murah sekitar 5000rb rupiah saja. 

Dalam memelihara ikan hias kalian wajib punya stok garam ikan buat jaga-jaga kalo ikan kenapa-kenapa. Gunakanlah garam ikan secukupnya ya, takaran garam ikan sendiri janganlah kebanyakan ya kalian bisa menakar 1 sendok teh garam dengan 4 liter air.

4. Daun Ketapang

Daun Ketapang

Daun ketapang ini sangatlah populer dikalangan hobies untuk dijadikan obat untuk ikan hias peliharaannya. Manfaat daun ketapang untuk ikan sangatlah banyak yaitu bisa menyerap racun yang terkandung dalam air, sebagai anti jamur mengobati luka serta membuat ikan menjadi tidak stress.

Kalian juga bisa mendaptkan daun ketapang dengan mudah dengan membeli daun ketapang di penjual ikan hias atau di online menggunakan marketplace..

5. Obat biru ( Methylene Blue )

Obat biru ( methylene blue )

Methylene Bue atau biasa disebut dengan obat biru ini merupakan obat ikan yang berfungsi untuk membunuh jamur dan parasit-parasit pada ikan.

Obat biru ini banyak dijual di toko-toko ikan hias dengan harga yang bervariasi tergantung merknya. Penggunaan obat biru sendiri harus berhati-hati ya karena jika kebanyakan akan mengakibatkan ikan mabok dan mati karena obat biru merupakan obat yang keras. Gunakanlah 1 tets obat biru ke dalam aquarium berukuran 20cm.

Pada saat memberikan obat biru janganlah di tetes di 1 titik ya kalian harus membagi beberapa titik agar obat biru dapat merata ke dalam air.

6. Obat Ikan Lainnya

Obat Ikan Lainnya

Selain obat biru kalian bisa menggunakan obat lain yang beredar di pasaran. Sebelum membeli obat ikan kalian harus mengetahui terlebih dahulu fungsi obat yang ingin kalian beli. Cara paling aman kalian bisa bertanya ke sesama hobbies obat apa yang paling ampuh untuk white spot dan lain-lain.

7. Meningkatkan Penggunaan Aerator 

Meningkatkan Penggunaan Aerator

Aerator sangatlah diperlukan dan wajib dalam memelihara ikan hias bahkan ikan yang sehat pun membutuhkan aerator. Fungsi aerator ialah untuk memberikan oksigen ke dalam air. 

Oksigen yang banyak diperlukan untuk ikan yang lemas atau sakit karena ikan yang sakit apalagi penyakit white spot dapat menyebabkan ikan kesulitan dalam bernafas sehingga memerlukan oksigen yang sangat banyak di dalam air. 

8. Perhatikan Pemberian Pakan

Perhatikan Pemberian Pakan

Setelah ikan sembuh atau mencegah ikan dari penyakit white spot adalah memberikan pakan yang benar-benar bersih, steril dan aman untuk ikan kalian.

Jika kalian menggunakan pelet perhatikan tingkat kelembapan kalian dalam menyimpan pelet. Pelet yang lembab dapat menyebabkan pelet berjamur. Namun pakan pelet biasanya lenih terjamin dalam hal kebersihannya hanya saja cara menyimpan pelet lah yang harus diperhatikan.

Jika kalian memelihara ikan predator dan memberikan pakan hidup berupa ikan cere atau anakan ikan mas kalian bisa menaruh pakan hidup terlebih dahulu di wadah lain yang diberi oksigen serta obat anti jamur selama sehari sampai 3 haru baru kalian bisa berikan pakan hidup ersebut ke ikan kalian.

Kesimpulan

Sekian dari saya cara mengatasi atau mengobati ikan dari penyakit white spot atau biasa juga disebut penyakit bercak putih. Selain cara diatas perhatikan juga kebersihan filter dan peralatan aquarium kalian ya. 

Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian dan ikan kalian terhindar dari penyakit bercak putih. Apabila ikan kalian terkena bercak putih mungkin dengkin dengan cara diatas dapat bermanfaat.
ikanesia
ikanesia Salam kenal semuanya. Saya adalah penulis utama sekaligus pemilik dari ikanesia.id
close