Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong - Ikanesia.id

Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih - Pada kesempatan kali saya kan berikan beberapa tips untuk merawat atau menjaga air aquarium anda agar kualitas air terjaga dan air terap kinclong.

Merawat ikan wajib hukumnya untuk merawat air, maka dari itu mulai sekarang perhatikanlah air aquarium anda agar ikan dapat hidup sehat dan tumbuh optimal.

Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih


Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru


Berikut ini cara merawat air aquarium agar tetap bersih diantaranya :

1. Gunakan Filter Yang Memadai

Gunakan Filter Yang Memadai

Dalam memelihara ikan anda perlu yang namanya filter agar air di aquarium and dapar tercycle sehigga air menjadi lebih terjaga.

Fungsi filter aquarium tersendiri ialah sebagai mpenyaring kotoran ikan serta sebagai tempat berkembang biaknya bakteri baik yang dibutuhka dalam hal memelihara ikan. Jika bakteri baik di dalam air aquarium anda sudah berkembang dengan baik maka air akan terlihat bersih dan gak gampang kotor.

Gunakanlah filter yang menurut anda cukup untuk aquarium anda. Rekomendasi dari saya ialah volume filter harus 20% dari volume air aquarium.

Media filter yang digunakan wajib menggunakan kapas dan media biologi untuk tempat berkembang biak bakteri baiknya. Media biologi yang dimaksud bisa berupa bioball, crystal bio dan sejenisnya.

Baca Juga : Rekomendasi Filter Aquarium Ukuran 60cm Murah

2. Bakteri Starter

Bakteri Starter

Penggunakan bakteri starter sebenarnya ialah optional yang maksdunya bisa digunakan atau tidak. Tapi menurut saya sebaiknya menggunakan bakteri starter apalagi buat aquarium yang baru. 

Fungsi bakteri starter ialah untuk menghidupkan dan berkembang biaknya bakteri baik jadi lebih cepat dibandingkan tidak menggunakan bakteri starter.

Bakteri starter bisa kalian beli di toko-toko ikan terdekat dan juga ada di marketplace online atau grup-grup ikan di facebook juga banyak yang jual.

Cara menggunakan bakteri starter bisa kalian ikuti petunjuknya di kemasannya. Setiap kemasan bakter starter biasanya ada cara pemaikaiannya.

3. Rajin Nguras Air Aquarium

Rajin Nguras Air Aquarium

Kuraslah air aquarium anda sebanyak 20% dari total volume air aquarium anda perminggunya. Hal ini dapat membantu membuang kotoran-kotoran yang membuat air menjadi kotor.

Sebaiknya pada saat menguras air perminngu sebanyak 20% ini kotoran ikan yang berada di dasar aquarium yang tidak tersedot pompa kalian siphon menggunkan selang bersama air yang 20% itu.

Pada sat menguras jangan lupa bersihkan kaca aquarium dari lumut-lumut yang menempel. Karena lumut juga dapat membuat air menjadi butek.

Cara membersihkan kaca aquarium sebaiknya menggunakan sikat atau spon dan jika anda memelihara ikan yang galak dan takut mencemplungkan tangan, anda bisa menggunakan sikat kaca yang ada magnetnya. 
Baca Juga : Daftar Harga Pompa Air Untuk Aquarium atau Kolam Terlengkap dan Terbaru

4. Jangan Banyak Penghuninya

Jangan Banyak Penghuninya

Maksud dari jangan banyak penghuninya ialah jumlah ikan yang ada di aquarium. Anda harus bisa menentukan berapa jumlah ikan yang kalian dapat pelihara dengan ukuran aquarium yang Anda punya.

Karena semakin banyak ikan akan semakin banyak juga kotoran ikan yang diproduksi di dalam aquarium anda sehingga filter dan bakteri tidak dapat memfilter kotoran tersebut dengan cepat karena terlalu kebanyakan.

Akibat terlalu lama memfilter aquarium anda akan lebih cepat menjadi kotor. Maka dari itu pertimbankan dalam membeli ikan dengan ukuran aquarium yang kalian miliki jangan samapai over populasi.
Baca Juga : Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula

5. Pemberian Pakan Yang Benar

Pemberian pakan Yang Benar

Berilah pakan ikan secukupnya jangan berlebihan hanya karena anda ingin membuat ikan lebih cepat besar. Jika anda ingin ikan cepat besar sebaiknya memberikan pakan dengan cara sedikit tetapi sering dalam arti ada interval waktunya,

Sisa makanan yang tidak dimakan ikan akan membuat air menjadi keruh dan tidak sehat. Cara terbaik ialah jika ikan sudah kenyang dan masih terdapat pakan sisa di aquarium sebaikanya bisa kalian ambil menggunakan serokan jika pakan terapung jika pakan tenggelam sebaiknya di siphon saja menggunakan selang.

6. Gunakan Filter UV ( Optional )

Gunakan Filter UV ( Optional )

Menggunakan filter uv ini sifatnya optional saja namun wajib bagi anda yang aquariumnya terkena sinar matahari atau outdoor. Karena jika aquarium anda berada di outdoor pastinya akan membuat air aquarium anda menjadi hijau. Maka dari itu anda butuh filter uv ini untuk mencegah berkembangnya algae yang membuat air di dalam aquarium anda jadi hijau 

7. Bersabar

Memelihara ikan dengan sabar

Tips terakhir ialah bersabar dan rutin melakukan cara diatas sampai bakter baik dan filter menjadi mature sehingga membuat aquarium andda lama kelamaan akan lebih optimal.

Penutup

Sekian beberapa tips cara merawat air aquairum agar tetap bersih dan kinclong ( crystal clear ). Komen dibawah apabila kalian punya tips dan trik lainnya agar aquarium tetap bersih dan kinclong.

Jangan lupa share artikel ini apabila bermanfaat ke teman-teman dan keluarga anda. Terimakasih..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel