Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning

Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning - Ikan lemon merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari keluarga cichlid atau siklid. Ikan lemon mempunyai ciri khas warna kuning ini sudah sangat familiar di kalangan hobies.

Ikan yang mempunyai nama lain Labidochromis Caeruleus atau Electric Yellow Cichild  ini biasa ditemukan di danau malawi afrika selatan. Ikan lemon cocok dipelihara di aquarum hardscape yang terdapat batu-batuan untuk tempat bersembunyi. Kenapa di hardscape ? karena jika di aquascape ikan lemon ini dapat memakan tanaman yang di tanam di aquascape.

Aquarium untuk ikan lemon bisa mulai dari ukuran 1 meter dan sebaiknya memlihara ikan lemon lebih dari satu agar aquarium enak dipandang. Pelihara sekitar minimal 10 ekor agar ikan lemon terlihat seperti bergerombol.

Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning

Ikan lemon mudah sekali ditemukan di penjual ikan hias yang ada di daerah daerah sekalipun. Ikan yang berwarna kuning cerah ini pun sangat mudah dipelihara dan di kembang biakan.
Baca Juga : Mengenal Ikan Black Ghost Dan Cara Memeliharanya

Ikan Lemon / Electric Yellow Cichild

Nama Ilmiah : Labidochromis caeruleus
Ordo : Cichliformes
Classification : Labidochromis

Karakteristik Ikan Lemon

Ikan lemon mempunyai karakterisitik yang lebih tenang dan tidak se-agresif ikan cichilds pada umumnya. Maka dari itu ikan lemon ini cocok buat pemula yang ingin memelihara ikan hias air tawar. 

Walaupun tidak agresif ikan lemon ini bersifat teritoral sesama ikan lain. hal ini wajar karena memang sifat ikan cichlids seperti itu pada dasarnya. Maka dari itu perlu aquarium setidaknya minimal 1 meter untuk memelihara ikan lemon ini.   

Ikan Yang Dapat Digabung Dengan Ikan Lemon

Ikan yang dapat digabung dengan ikan lemon bisa juga dari jenis cichlid lainnya yang berasal dari malawi juga. Ikan cichlid lain yang dapat digabung antara lain electric blue, mbuna , demansoni, alunocara dan lain-lain. Di kesempat berikutnya saya akan bahas jenis-jenis ikan cichlids yang berasal dari africa, ditunggu ya.

Makanan Ikan Lemon

Makanan ikan lemon dapat berupa cacing beku dan pelet yang mengandung spirulna agar warna kuning ikan lemon semakin ngejreng.

Pastikan kondisi pakan yang digunakan dalam keadaan bersih ya karena ikan ini sering sekali bermasalah jika pakan tidak bersih.

Cara Budidaya Ikan Lemon

Cara bidudaya ikan lemon ialah dengan menaruh minimal 1 jantan dewasa dan 4 betina dewasa ke dalam sebuah wadah yang cukup besar bisa menggunakan kolam semen, kolam terpal atau aquarium. 

Pada saat budidaya hal yang pertama diperhatikan ialah kualitas airnya. Jagalah kualitas air sebaik mungkin agar budidaya ikan lemon menjadi optimal.

Pada saat ikan lemon betina bertelur si ikan lemon jantan ini akan membuahinya lalu telur telur ikan lemon akan di simpan di mulut ikan lemon betina.

Setelah ikan lemon betina menyimopan telur pada mulutnya biasanya si betina akan berhenti makan dan akan bersembunyi sampai telur telur tersebut menetas.

Lalu pisahkan kembali indukannya dan masukan kembali ke tempat semula dan biarkan burayak berkembang hingga ukuran 5 cm,
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Usaha Sampingan

Penutup

Sekian mengenai ikan lemon si ikan cichlid yang berwarna kuning ini. Semoga dengan artikel ini kalian dapat menambah wawasan dan pengetahuan baru tentang ikan ini,
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :