Rekomendasi Cat Kolam Ikan Yang Bagus Dan Awet

Rekomendasi cat kolam ikan yang bagus dan awet - Cat merupakan salah satu elemen penting dalam pembuatan kolam ikan untuk memperindah atau finishing dalam hal hal pembuatan kolam ikan.

Banyak sekali hobies yang mempertanyakan merk cat yang bagus untuk kolamnya. Rekomendasi cat kolam ikan ialah yang anti bocor dan rembes serta tahan lama. Hindari memakai cat biasa pada kolam ikan karena akan sangat repot sekali bila cat mengakibatkan rembes air pada kolam atau mengeletek baru beberapa hari.

Selain cat banyak sekali faktor yang membuat kolam ikan rembes atau bocor diantaranya pemilihan semen, pondasi kolam dan lain-lain. Maka dari itu gunakanlah damdex agar adonan semen lebih tahan bocor dan tahan lama.



Sekarang ini banyak sekali merk cat untuk dinding kolam ikan yang beredar di pasaran. Di sini saya akan membagikan beberapa cat kolam untuk dinding yang bisa dicoba di kolam ikan kalian.
Baca Juga : 16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto

Merk Cat dinding Untuk Kolam Ikan

1. Flexicoat Waterponding

Cat Kolam Ikan Flexicoat Waterponding - Ikanesia

Flexycoat waterponding ini dibuat khusus untuk dinding-dinding kolam ikan koi/kolam ikan hias sehingga cat ini aman dari bahan-bahan kimia yang berbahay untuk ikan. Cat flexycoat ini juga mengklaim bahwa catnya anti bocor dan anti rembes.

Banyak sekali hobies ikan koi yang merekomendasikan cat ini karena diformulasikan khusus untuk ikan koi sehingga aman dari racun dan bahan kimia yang berbahaya untuk ikan kesayangan.

Walaupun aman dari racun saya tetap merekomendasikan jangan terlalu cepat menaruh ikan saat kolam ikan baru jadi. Tunggulah 1 atau 2 minggu untuk meminimalisir bahan kimia yang ada di kolam baru.

2. No Drop

Cat No Drop Untuk Kolam Ikan

Cat pelapis anti bocor dari avianbrands yang biasa digunakan untuk dinding eksterior rumah ini juga bisa digunakan untuk mengecat kolam ikan kalian. Namun karena cat no drop di khususkan untuk cat eksterior ini masih terdapat beberapa bahan kimia yang berbahaya untuk ikan. Jadi jika kalian memakai cat no drop sebaiknya jangan memasukan ikan terlalu cepat. Tunggulah sebulan agar bahan kimia pada kolam hilang.

3. Aquaproof

Cat Aquaproof Untuk Kolam Ikan

Selain no drop cat tembok yang biasa digunakan lainnya ialah cat aquaproof. Cat ini di klaim dapat menghambat air yang masuk ke pori-pori dinding yang dilapisi sehingga cat ini juga merupakan cat pelapis anti bocor. Dalam iklannya cat aquaproof dapat bertahan hingga 5 tahun lamanya.

Sama seperti cat tembok lainnya cat aquaproof masih mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk ikan. Jangan memasukan ikan terlalu cepat, tunggu hingga 1 bulan setelah di cat agar bahan kimia pada cat tembok hilang.

4. INDEKS

Cat Kolam INDEKS - Ikanesia

Cat khusus kolam lainnya ialah Cat INDEKS water resistance buatan PT. Inti Daya Guna Aneka Warna. Cat INDEKS di formulasikan untuk kondisi tropis bawah air , tahan terhadap alkali, menahan terbentuknya jamur dan lumut, flexible dan tidak mudah luntur.

Karena cat INDEX berbahan dasar air maka cat INDEKS mengclaim catnya aman digunakan untuk kolam ikan.

5. Bondall Aquatite

Cat Kolam Bondall Aquatite

Cat bondall aquatite yang satu ini dibuat untuk melapisi dinding dari air yang berbahan dasar acrylic. Cat bondall aquatite merupakan cat yang dibuat oleh PT. Bondall Kumala Jaya. Aquatite mempunyai daya tahan yang bagus terhadap tekanan air. Cat ini diklaim dapat bertahan hingga 15 tahun. Karena cat ini tidak benar-benar dibuat untuk ikan maka sebaiknya kolam yang baru di cat di tunggu hingga bahan-bahan yang berbahaya untuk ikan ternetralisir.

Harga Cat Untuk Kolam Ikan

No Merk Cat Harga/Kg
1 Flexycoat 260rb/2.5Kg
2 No Drop 50rb/1Kg
3 Aquaproof 170rb/4Kg
4 INDEKS 70rb/4Kg
5 Bondall Aquatite 140rb/1Kg

*Harga diatas merupakan estimasi harga yang ditemukan di Internet.
Baca Juga : Daftar Harga Pompa Air Untuk Aquarium atau Kolam Terlengkap dan Terbaru

Ringkasan

Disamping merk dan kualitas cat agar dinding kolam tidak gampang rembes dan bocor pengaplikasian merupakan hal yang penting agar cat bekerja optimal. Gunakanlah tukang cat yang ahli dalam hal membuat kolam atau pakai saja jasa pembuatan kolam yang bergaransi kolam tidak rembes dan bocor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel