5 Cara Menjinakan Ikan Koi Agar Mudah Di Hand Feeding - Ikanesia.id

5 Cara Menjinakan Ikan Koi Agar Mudah Di Hand Feeding

Ikanesia,id - Melihat ikan koi jinak dan mudah di hand feeding alias memberikan makan dengan tangan merupakan kepuasan tersendiri oleh hobies ikan khususnya ikan koi.

Biasanya ikan koi yang baru dipelihara akan mudah sekali panik dan ketakutan jika melihat manusia. Hal ini wajar dan pasti dialami oleh sebagian penghobi ikan koi.

Ikan koi yang takutan dan panik biasanya berukuran kecil atau juga ikan koi tersebut baru saja dibeli. Ada berbagai macam cara agar ikan koi menjadi lebih jinak dan mudah dikasih makan dengan tangan.

5 Cara Menjinakan Ikan Koi Agar Mudah Di Hand Feeding

Cara ini boleh kalian terapkan atau tidak terserah kalian namun cara ini sangatlah berhasil di kolam ikan koi saya.
Baca Juga : Rahasia Cara Memelihara Ikan Koi Yang Baik Dan Benar

1. Biasakan Beri Makan Dengan Tangan

Cara pertama ialah mengubah kebiasaann ikan koi kalian dengan memberikan makan dengan tangan selama masa latihan ini, Cara ini memerlukan kesabaran agar si ikan berani memakan peletnya langusng dari tangan,

2. Puasa

Jika cara pertama lama sekali dan si ikan masih saja takut coba dengan memuasakan ikan 1 hingga 2 hari dan gunakanlah cara pertama pada saat buka puasa. Karena keadaan ikan yang lapar dapat membuat ikan mau gak mau harus makan walapun dengan hand feed.

3. Sabar, Jangan Grasak Grusuk

Sabar merupakan kunci dari keberhasilan menjinakan ikan koi. Jangan lah membuat gerakan gerakan yang membuat ikan koi jadi kaget. Jika ikan koi sering kaget malah dapat memperburuk mental dari ikan koi tersebut.
Baca Juga :Pakan Pelet Ikan Koi Import Yang Berprotein Tinggi

4. Tambah Ikan Koi Jenis Pemberani

Menambah ikan koi jenis pemberani merupakan salah satu solusi terbaik agar ikan koi menjadi jinak. Jika ada salah satu ikan koi yang berani di hand feeding maka ikan koi lainnya yang ada dikolam perlahan akan mengikutinya dan menjadi berani juga.

Apasih jenis ikan koi penjinak kolam alias pemberani ?. Ikan koi yang dapat menjinakan kolam dan tidak takut pada orang kalian bisa mencoba jenis chagoi ukuran minimal 25cm.

Jika ikan koi kalian masih kecil-kecil tidak apa-apa, tambahkan lah ikan koi chagoi sebagai panutannya. Nanti ikan koi yang kecil-kecil akan mengikutinya dan jadi pemberani.

5. Jika berhasil, Tetap Lakukan Hand feeding

Jika dengan cara ke 4 berhasil maka tetaplah lakukan latihan makan dengan tangan agar si ikan terbiasa. Jika ikan koi sudah terbiasa nanti setiap ada orang ikan tersebut selalu mendekati dan meminta makan.

Sekian, 5 cara menijakan ikan koi agar mudah di hand feeding yang pernah saya lakukan sendiri dirumah. Cara ini cukup berhasil dan hingga sampai saat ini sudah 4 tahun memelihara ikan koi masih saja jinak dan mudah sekali di hand feed.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel