Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Di Aquascape - Ikanesia.id

Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Di Aquascape

Ikanesia.id - Hobi merupakan salah satu kegiatan yang tidak bisa dilepaskan dari kita sebagai manusia. Jika kita artikan hobi adalah suatu kegiatan yang digemari serta dilakukan pada waktu luang guna mengisi waktu kosong, menenangkan pikiran, dan tak jarang hobi pun bisa menjadi pundi-pundi rupiah. Tergantu dari hobi dan peluang yang diciptakan oleh anda sendiri.

Sedangkan untuk tujuan dari hobi itu sendiri yakni tidak lain untuk mendapatkan kesenangan serta memenuhi keinginan. Terdapat beberapa jenis hobi yang biasa kita jumpai diantaranya seperti membuat, memperbaiki, serta memiliki atau mengoleksi sesuatu. Kegiatan tersebut tentunya memiliki dampak positif jika dilakukan dengan sewajarnya tanpa mengganggu aktivitas utama.

Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara


Aquascape merupakan satu dari sekian banyak hobi yang digemari oleh banyak orang. Hobi yang mengandalkan kreatifitas dalam sebuah kotak aquarium ini nantinya akan diisi oleh tanaman serta beberapa hewan hias. Antara lain seperti misalnya keong, ikan hias, dan bahkan udang hias. Ketiga hewan tersebut tentunya sudah tidak asing lagi bagi para penggemar aquascape, namun bagi anda yang baru mengenal dunia tersebut mungkin akan sedikit diherangkan dengan udang hias bukan?. Yang mana biasanya udang merupakan salah satu menu masakan yang bisa diolah dengan berbagai macam bumbu.

Meskipun begitu hobi memelihara udang hias bukanlah sesuatu yang baru. Udang hias sudah ada sejak lama dan memiliki beberapa komunitas penggemar yang cukup banyak dibeberapa sosial media. Tak hera jika ada diantara mereka yang membudidayakan udang hias dan dapat menjual hingga ribuan ekor per bulannya. 
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

Memelihara Udang Hias Air Tawar

Jika anda memiliki minat untuk memelihara udang hias air tawar, maka anda perlu sedikit mengerti tentang jenisnya. Mengapa begitu? Sebab dari setiap jenis udang hias yang ada akan memiliki toleransi yang berbeda-beda pada suhu air, pH, dan kesadaran airnya.

 Maka dari itu anda tidak bisa sembarangan dalam memilih udang hias, jika anda memaksakan diri untuk memeliharanya dan tidak sesuai dengan toleransi yang ada maka kemungkinan besar udang hias akan mati.

Oleh karena itu, apa saja jenis udang hias yang lebih mudah dipelihara? Berikut diantaranya sudah kami buat daftarnya.

1. Udang Hias Aquascape – Yellow Fire Shrimp

Udang Hias Aquascape – Yellow Fire Shrimp

Seperti namanya, udang ini memiki tubuh cantik yang dibalut warna kuning dan transparan. Udang yellow fire ini terbilang cukup mudah untuk dipelihara, pasalnya ia mampu beradaptasi dengan cukup kuat terutama pada lingkungan baru disekitarnya. 

Udang ini juga bisa bertahan pada suhu 22 sampai dengan 29 derajat celcius, dengan kadar pH 6 – 8. Setting aquascape yang cocok untuk Yellow Fire Shrimp yakni dengan menggunakan tanaman hijau serta subtrat hitam.

Untuk harganya sendiri masih bisa kita sebut terjangkau, pasalnya anda hanya perlu mengeluarkan 10 ribu rupiah untuk setiap ekor udangnya. Bagaimana apakah anda tertarik?
Baca Juga : Cara Membuat Aquascape Untuk Pemula

2. Udang Hias Aquascape – Red Cherry Shrimp

Udang Hias Aquascape – Red Cherry Shrimp

Udang hias red cherry shrimp masih merupakan bagian dari keluar yellow fire shrimp. Udang hias air tawar ini berasal dari Taiwan dan merupakan jenis udang yang paling banyak diminati untuk penggemar aquascape. Masih sama seperti sebelumnya, udang hias jenis ini juga memiliki daya tahan yang kuat, bahkan red cherry shrimp bisa bertahan dengan suhu air antara 18 – 28,5 sedikit lebih unggul jika dibandingkan dengan yellow shrimp. 

Selain itu udang ini juga dibaluti oleh kulit yang berwarna merah transparan, dan untuk dipasaran sendiri harga Red Cherry Shrimp tidak dipatok harga mahal, hanya kisaran 10 sampai dengan 20 ribu rupiah, anda sudah bisa mendapatkan udang hias untuk jenis ini.

3. Udang Hias Aquascape – Mandarin Shrimp

Udang Hias Aquascape – Mandarin Shrimp

Jenis udang yang satu ini memiliki paduan warna yang cantik dan menarik, pasalnya kulit dari mandarin shrimp ini dibalut oleh warna kuning transparan yang dikelilingin oleh bintik-bintik merah. Dengan perpaduan tersebut tak hera jika kita perhatikan udang ini seperti terang dan bercahaya jika dalam gelap.
 
Selain itu, jika dari jenis ikan ada yang memiliki manfaat membersihkan aquarium yakni ikan sapu-sapu, maka dari kalangan udang pun ada yang memiliki manfaat sama, yakni udang mandari shrimp. Bagi anda yang ingin memelihara udang jenis ini, tentunya itu pilihan yang tepat. 

Mengapa demikian? Karena pada dasarnya mandarin shrimp ini masih merupakan bagian dari jenis udang hias yang tergolong mudah untuk dipelihara. Tak hanya itu bagi anda yang suka berbudidaya, udang mandarin shrimp bisa anda coba.
Baca Juga : Jenis-Jenis Pasir Aquascape Yang Wajib Kalian Ketahui

4. Udang Hias Aquascape – Blue Pearl Shrimp

Udang Hias Aquascape – Blue Pearl Shrimp

Apakah anda sudah pernah melihat langsung jenis udang hias ini?, siapa yang tidak terpesona melihat kecantikan udang yang dibalut warna biru mutiara dan transparan ini. Udang blue pearl juga merupakan udang yang eye-catching untuk mengisi hiasan aquascape anda.
 
Udang blue pearl shrimp ini wajib anda pelihara sebagai penggemar aquascape, sebab selain memiliki warna yang menarik dan cantik, mereka juga tidak memiliki sifat yang agresif, justru biasanya udang jenis ini akan memakan alga yang menempel pada tanaman, batu, dan aquarium anda.

Untuk kekuatannya sendiri udang ini bisa bertahan hidup pada pH air 6,5 – 7,5 serta suhu air sekitar 20 – 26 derajat celcius. Meskipun terbilang cantik, udang ini juga memiliki harga yang tidak jauh beda, yakni 10 sampa dengan 15 ribu rupiah.

5. Udang Hias Aquascape – Yamato Amano Shrimp

Udang Hias Aquascape – Yamato Amano Shrimp

Udang amano shrimp selain memiliki tubuh yang warna-warni, masih sama dengan jenis udang sebelumnya yakni tubuh transparan. Beberapa keunggulan dai amano shrimp yakni terlihat pada perbedaan makan, dimana udang jenis ini memiliki nafsu makan yang lebih jika kita bandingkan dengan jenis udang sebelumnya. 

Namun anda tidak perlu khawatir, karena amano shrimp bukanlah udang kanibal yang bisa memakan sesamanya, melainkan mereka lebih menggemari alga. Dengan kata lain juga bisa kita artikan bahwa amano shrimp merupakan udang yang bisa membantu anda membersihkan aquarium. 

Untuk ketahanannya sendiri udang jenis ini bisa bertahan pada pH 6,5 hingga 7,5 dan suhu air 18 hingga 28 derajat celcius.
Baca Juga : Ini Dia, Jenis-Jenis Tanaman Aquascape Yang Bagus Untuk Akuarium

Keuntungan Memelihara Udang Hias 

Jika anda memang memiliki hobi aquascape mungkin keuntungan dari segi materi bukanlah aspek terpenting. Dengan memandang keindahannya saja pasti sudah menjadi suatu keuntungan. Namun bagaimana jika anda sebagai pelaku bisnis? Apakah ini merupakan suatu peluang?, sudah banyak beberapa orang yang membudidayakan udang hias dan bukan hanya sekedar hobi saja, melainkan bisnis. 

Bagaimana dengan hasilnya? Tentu itu tidak akan mengecawakan, tergantung dari anda yang dapat mengelolanya, hal tersebut merupakan suatu keuntungan yang dimiliki oleh anda sebagai para pelaku bisnis. Namun perlu kita ingat bahwa udang hias bukanlah jenis udang konsumtif, jadi untuk pasarnya juga mungkin tidak akan seluas udang konsumtif.

Sekianlah beberapa jenis udang hias air tawar yang mudah dipelihara di aquascape, masih banyak lagi jenis udang hias air tawar lainnya. Jenis lainnya akan di share dilain kesempatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel