Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

Ikanesia.id - Pecinta ikan hias air laut pasti mengenal dan familiar dengan ikan Clownfish atau lebih sering disebut Badut atau Nemo. Cocok sekali dipelihara di dalam rumah menggunakan media aquarium karena bentuknya indah serta lucu membuat siapapapun yang melihatnya akan merasa senang.

Kupas Tuntas Ikan Clownfish: Salah Satu Ikan Hias Terpopuler

Klasifikasi Ikan Clownfish

Secara ilmiah atau ilmu pengetahuan alam, ikan Clownfish dikelompokkan ke beberapa golongan. Berdasarkan paling tinggi yaitu kingdom termasuk ke dalam Animalia. Sedangkan untuk satu tingkatan di bawahnya atau filum, menurut ciri serta keturunan masuk golongan Chordata.

Tingkatan takson berikutnya adalah kelas, ikan ini termasuk ke dalam jenis Actinopterygii. Untuk golonga ordo atau kumpulan dari beberapa keluarga termasuk Perciformes. Masih ada 2 klasifikasi lainnya yaitu famili Pomacentridae serta subfamili Amphiprioninae.

Habitat Ikan Clownfish

Habitat Ikan Clownfish

Salah satu jenis ikan hias paling terkenal dan laris di pasaran ini memiliki habitat asli di karang lautan beriklim tropis, yaitu cenderung pada perairan yang hangat. Biasanya terukur di kedalaman sekitar 50 meter di bawah permukaan air laut. Oleh karena itu, ia termasuk jenis ikan air laut.

Daerah tempat menyebar ikan Badut atau Nemo ini dapat ditemukan di Samudera Pasifik, Hindia, Laut Merah hingga Great Barrier Reef Australia. Ciri airnya harus bersih serta jernih sehingga jika Anda ingin memelihara juga maka harus merawat kondisi air.

Ciri-Ciri Fisik Ikan Clownfish

Ciri-Ciri Fisik Ikan Clownfish

Untuk mengenali jenis ikan Clownfish atau lebih ramah disebut Badut ini dapat dengan mudah dikenali dari bentuk tubuhnya yang cenderung bulat. Jika berdasarkan warna, umumnya terdiri dari gabungan antara merah, kuning, hitam, oranye dan putih.

Uniknya, pada tubuh ikan Nemo dipenuhi pola garis-garis dengan kemampuan menyala di kegelapan. Dengan sisi cenderung besar serta sirip berbentuk unik. Berukuran maksimal sepanjang 10 hingga 18 cm.
Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Karakteristik Ikan Clownfish

Satu fakta menarik, ikan Nemo ini terlahir jantan namun ketika dewasa berubah kelamin menjadi betina. Banyak orang mengagumi keindahannya hingga mendapatkan julukan Badut karena tubuhnya berwarna warni lengkap dihiasi garis-garis.

Bentuk demikian mirip sekali dengan Badut di pertunjukan sirkus. Tetapi warna-warna tubuh ikan Clownfish ini beragam tergantung proses penyesuaian terhadap lingkungan tinggalnya.

Makanan Ikan Clownfish

Makanan Ikan Clownfish

Jika Anda sangat menyukai peliharaan ikan, tidak salah bila Clownfish dipilih karena cara merawat dan memberi makan yang terbilang mudah. Termasuk ke dalam golongan omnivora atau pemakan segala mulai dari jenis tumbuhan hingga hewan.

Tetapi ikan Clownfish juga pandai mencari makanan di lingkungan tempat tinggal. Biasanya menyantap invertebrata serupa parasit yang melekat di anemon. Di beberapa kesempatan juga menyantap alga untuk memenuhi nutrisi.

Harga Ikan Clownfish

Semakin banyak muncul ikan Clownfish di perairan luas, menghasilkan beragam jenis yang terkadang dibedakan berdasarkan warna tubuhnya. Saat ini tercatat sekitar 14 macam mulai dari biak biasa, black ice, platinum, hingga pellet pink serta lainnya.

Harga jual ikan Clownfish pun juga beragam mulai dari paling murah jenis pellet yang hanya dibandrol sekitar 8 ribu rupiah tiap ekor. Sedangkan yang termahal bisa mencapai ratusan ribu hingga 1 juta rupiah untuk kelas lightening. Cukup fantastis bukan?
Baca Juga : Tips Membeli Ikan Hias Baru Untuk Pemula
Membahas seputar ikan Clownfish sebagai salah satu makhluk hidup berhabitat air laut terfavorit memang tidak ada habisnya. Karena keunikan bentuk tubuh hingga karakteristik unik yang tidak dimiliki jenis lainnya. Yuk segera budidayakan ikan menarik satu ini!

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :