Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Makanan Terbaik Untuk Ikan Discus

ikanesia.id - Makanan merupkan salah satu faktor penting dalam pertumbuhan ikan discus. Makanan yang bagus tentunya akan berefek membuat discus jadi lebih sehat, cepat besar dan keluar warna lebih cepat.

Selain pakan faktor penting lain yang membuat ikan discus menjadi bagus ialah faktor genetik dan cara memelihara ikan tersebut. Maka dari itu jika memang ikan discus mempunyai genetik yang buruk dan berpasir alias bintik-bintik hitam pada ikan discus maka bintik tersbut tidak bisa dihilangkan dengan cara apapun.

Makanan Terbaik Untuk Ikan Discus

Tips memberikan pakan yang baik untuk ikan discus antara lain :
  • Memberikan pakan ikan discus secukupnya namun lebih sering.
  • Melatih ikan discus dengan memberikan makanan menggunakan tangan atau biasa disebut handfeeding.
  • Apabila ikan discus sduah kenyang dan tidak mau makan lagi dan terdapat makanan sisa di air aquarium maka sedot atau ambil makanan sisa tersebut.
Setelah mengetahui cara memberikan pakan yang baik untuk ikan discus saatnya kalian tentukan makanan terbaik untuk ikan discus diantaranya :

1. Burger Discus

Burger Discus

Burger untuk ikan discus yang dimaksud bukanlah burger makanan mcd atau kfc ya. Burger discus yang dimaksud ialah makanan buatan yang bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan badan dan warna pada ikan discus.

Tidak heran jika burger untuk ikan discsus merupakan makanan ikan disucs yang mempunyai gizi yang paling lengkap. Cara membuatnya pun cukup mudah dengan menggunakan bahan-bahan antara lain :

Bahan-bahan untuk membuat burger ikan discus :
  1. Jantung Sapi
  2. Udang
  3. Ikan Salmon/Tuna
  4. Sayur-sayuran bisa menggunakan brokoli, bayam dll.
  5. Spirulna
  6. Pewarna Sepeerti Carophyll Pink Untuk Ikan discus yang mempunyai warna merah, carophyll yellow untuk ikan discus yellow. Sedangkan warna lain tidak perlu menggunakan pewarna ini.
  7. Bawang
  8. Vitamin 
  9. Tepung./Tepung Agar-agar
Untuk takaran dan cara buatnya lebih jelas kalian bisa lihat di youtube. Setelah semuanya di cincang dan dicampur menjadi adonan biasanya burger disucs di cetak dan di simpan di freezer sebelum diberikan ke ikan.

2. Cabek ( Cacing Beku )

Cabek ( Cacing Beku )

Cabek merupakan makanan ikan yang sudah sangat terkenal cocok untuk pertumbuhan ikan dan ikan pun sangat lahap jika diberikan makanan ini. cacing beku juga mudah sekali didapatkan di penjual-penjual ikan hias dan biasanya cacing jenis ini sudah dibersihkan sebelum di simpan di freezer.

Semakin merah cacing beku yang dijual biasanya semakin bagus juga kualitas cacing beku tersebut.
Cacing beku sangat cocok digunakan untuk ikan discus untuk pertumbuhan badan namun untuk warna masih lebih cepat menggunakan burger.

3. Pelet Ikan Discus


Pelet Ikan Discus

Makanan ketiga terbaik untuk ikan discus ialah pelet buatan atau pabrikan. Pelet untuk ikan discus biasanya dibuat dan diracik khusus untuk kebutuhan ikan discus. Banyak berbagai macam pelet ikan discus yang dijual dipasaran dan yang paling terkenal untuk ikan discus ialah merk tetrabits.

Namun tidak mudah buat kalian untuk memberikan ikan discus makanan jenis pelet karena ikan discus yang baru pertama kali diberikan pelet biasanya tidak akan doyan dengan makanan jenis pelet ini.

Caranya kalian harus melatih pelan-pelan ikan discus kalian menggunakan pakan pelet atau bisa juga dengan cara mempuasakan ikan discus selama 2-3 hari lalu dicoba berikan sedikit demi sedikit pelet ikan discus tersebut.
Baca Juga : Jenis - Jenis Ikan Discus Yang Perlu Anda Ketahui

Penutup

Sekian 3 makanan terbaik untuk ikan discus yang akan membuat discus kalian sehat dan tumbih optimal. Untuk yang bertanaya jenis ikan discus apa yang ada digambar no 3 ? itu namanya ikan discus wild. 

Ikan discus wild ialah ikan discus yang ditangkap langsung dari habitatnya dan harganya sangat mahal.

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :