Mengenal Dengan Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir - Ikanesia.id

Mengenal Dengan Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir

Ikanesia.id - Dewasa ini, keberadaan ikan Payara semakin digemari oleh banyak orang. Ia banyak disenangi karena kemampuannya sebagai predator sangat diunggulkan. Di samping itu, bentuk gigi dan mulutnya yang menyerupai vampir juga dianggap sebagai keunikan tersendiri.

Mengenal Dengan Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir

Klasifikasi Ikan Payara

Ikan Payara atau yang memiliki nama ilmiah Hydrolicus Armatus merupakan salah satu jenis ikan predator terkenal di muka bumi ini. Ia hidup di air tawar serta memiliki ukuran tubuh tidak terlalu besar dan kecil.

Adapun klasifikasi mendetail dari jenis ikan Payara adalah sebagai berikut:

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Actinopterygil
Ordo : Characiformes
Famili : Cynodontidae
Genus : Hydrolycus
Spesies : H. Armatus

Habitat Ikan Payara

Habitat Ikan Payara

Karena ikan Payara ini hanya bisa hidup di air tawar saja, maka sudah pasti bahwa habitat aslinya berasal dari sungai. Ikan ini pertama kali ditemukan di wilayah perairan Sungai Amazon Brazil, Benua Amerika.

Selain di Amazon, ikan yang satu ini dahulunya juga banyak ditemui di Sungai Orinoco, tepatnya pada Negara Guyana. Persebarannya memang tidak terlalu luas sehingga Anda pasti sangat jarang menemukannya di berbagai macam tempat.

Saat ini, di Indonesia sendiri telah dipelihara beberapa macam ikan Payara walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Biasanya, pemeliharanya adalah seorang aktivis alam atau pecinta ikan yang sangat gemar terhadap kelestarian habitat tersebut.
Baca Juga : Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri Fisik Ikan Payara

Jika Anda melihatnya detail, maka pasti akan mengetahui ciri-ciri fisik dari ikan Payara secara jelas. Ia mempunyai bentuk lumayan unik dengan rahang bagian bawah lebih maju ke depan. Giginya bertaring panjang dan hampir mirip seperti vampir.

Panjang dari ikan Payara bisa mencapai 90 hingga 100 cm. Beratnya sendiri dapat menambus timbangan sebesar 8-9 kg. Namun, hal itu tidak tetap dan bergantung pada bagaimana kualitas makanan serta perawatannya.

Karakteristik Ikan Payara

Sebagai ikan predator, tentu saja karakter utama dari Payara ini ganas dan menyeramkan. Akan tetapi, jika berhubungan dengan manusia ia bisa berubah menjadi baik serta bersahabat akrab.

Ikan ini akan marah dan meraung-raung ketika dalam keadaan lapar. Jadi jika Anda memliharanya, jangan sampai telat memberinya makanan apabila tidak ingin akuarium pecah dan ikan-ikan lain habis dimakan.

Makanan Ikan Payara

Karena ikan Payara merupakan ikan predator, maka makanan utamanya yaitu ikan-ikan kecil jenis lain. Hal itu sudah lumrah jika memang ia tidak diberi hidangan lain dan hidup bebas di sungai.

Akan tetapi, jika Anda memelihara ikan yang satu ini, maka makanan seperti halnya ikan Lele, Komet, Molly dan juga Nila sangatlah cocok untuk diberikan. Di samping itu, sebagian jenis Payara juga sangat menyukai ulat serta udang.
Baca Juga : Harga Pakan Hidup Literan Untuk Ikan Predator terbaru 2019

Harga Ikan Payara

Harga Ikan Payara

Jika ingin membeli dan mempelihara ikan Payara, maka berpirkirlah matang-matang terlebih dahulu. Selain harganya akan menguras isi kantong, biaya pemeliharaan dan pembelian makanannya juga cukup mahal.

Umumnya, satu ekor ikan Payara bisa dijual paling murah dengan harga Rp 1.000.000,- hingga Rp 2.000.000,-. Nah, biaya perawatan akuarium serta ventilasinya pun akan sangat mahal hingga puluhan juta. Karena itu, siapkan biaya khusus saat ingin membudidayakan ikan jenis ini.
 
Nah, kini Anda telah mengenal ikan Payara secara lebih mendalam bukan? Lestarikan keberadaan habitatnya agar tidak mudah punah. Demikianlah informasi yang dapat diberikan dan semoga menambah wawasan pembaca sekalian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel