Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan Frontosa Si Ikan Cichild Dari Danau Tanganyika

Ikanesia.id - Ikan Frontosa ialah salah satu jenis ikan incaran banyak orang. Ini karena profitnya yang lumayan tinggi. Jika dilihat sekilas saja, fauna air tersebut terlihat seperti Lohan. Namun, sejatinya mereka adalah dua jenis ikan yang sangat berbeda.

Mengenal Ikan Frontosa Si Ikan Cichild Dari Danau Tanganyika

Karakteristik dan Ciri Khas Ikan Frontosa

Meskipun ikan ini mempunyai ciri sangat mirip dengan \ Lohan yang memiliki jenong, namun ia memiliki ciri khas tersendiri sehingga bisa dibedakan jika dilihat secara cermat. Corak binatang ini bergaris-garis dengan mayoritas warna hitam-putih seperti zebra cross.

Ikan Frontosa terdiri dari beberapa jenis. Salah satunya yakni Frontosa Kigoma dengan corak tujuh garis. Jika dilihat dari dekat, nampak warna kuning pada bagian punggungnya. Ini yang membedakannya dengan varian lainnya.

Ada lagi jenis lainnya yaitu Frontosa Zaire Blue. Sesuai namanya, ikan bergaris-garis ini warnanya agak kebiru-biruan. Apabila diamati dengan teliti, birunya sedikit keunguan. Bagian siripnya berwarna biru sehingga saat berenang nampak indah menawan.

Jenis lainnya adalah Frontosa Black Widow. Ikan tersebut berwarna hitam putih. Bagian siripnya yang putih sangat menawan. Terkadang bagian punggung ikan ini berwarna agak kuning emas sehingga terlihat berkilauan saat berenang dalam air.
Baca Juga : Mengenal Dengan Ikan Lemon, Si Ikan Cichlid Yang Berwarna Kuning

Makanan Ikan Frontosa

Jika berencana memelihara Frontosa, maka Anda bisa bernafas lega. Sebab, makanan ikan tersebut cukup mudah ditemukan. Pelet ikan dapat ditemukan di toko pakan ikan terdekat maupun secara online.

Jika dibiarkan hidup secara bebas, ia akan memakan binatang air lainnya karena termasuk pemakan daging atau karnivora. Namun, ikan tersebut dapat diberikan pelet jika dibudidayakan sendiri.
Ada yang mengatakan bahwa ia termasuk jenis ikan penurut karena bersedia memakan apapun. Meskipun demikian, Anda harus memberikan makanan terbaik agar kesehatan Frontosa dapat selalu terjaga.

Habitat Ikan Frontosa

Habitat Ikan Frontosa

Ikan bergaris-garis ini pertama kali ditemukan oleh para peneliti pada tahun 1906. Ikan tersebut  dikenal oleh orang-orang sejak ia berenang di Danau Tanganyika, Afrika. Selanjutnya, ia akhirnya tersebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Nama latinnya ialah Cyphtilapia Frontosa. Ia termasuk dalam ikan air tawar dari family Cichildae. Jika berada di alam bebas, ikan ini lebih senang tinggal bersama grupnya pada kedalaman air 10 hingga 70 meter. Frontosa biasanya hidup di suhu 24 derajat.

Frontosa sangat suka bersembunyi. Anda sebaiknya menyiapkan bebatuan lalu ditata dalam akuarium. Hal ini dikarenakan ikan yang jantan suka menghindari sang betina. Dengan adanya batu-batu tersebut, diharapkan ikan bisa nyaman berada di dalam air.

Jika berencana memelihara untuk dikembangbiakan, sebaiknya isi akuarium dengan memasukkan si jantan dan betina bersamaan dengan perbandingan 1 : 2. Memelihara Frontosa butuh kesabaran sebab butuh 4 tahun bagi ikan tersebut siap bertelur. Uniknya, ikan ini menyimpan telurnya dalam mulut.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Budidaya Ikan Frontosa

Budidaya Ikan Frontosa

Frontosa merupakan bisnis yang menggiurkan. Pembudidayanya masih terbilang langka. Padahal permintaan pasar cukup banyak. Bahkan, terkadang membludak di waktu tertentu. Peluang ini dapat Anda jadikan bisnis rumahan dengan modal tidak terlalu besar.

Apabila berencana budidaya Frontosa, Anda perlu mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu. Sebagai contoh, sang betina akan otomatis meninggalkan grup setelah meletakkan semua telurnya dalam mulut. Ia biasanya akan mencari tempat teraman untuk menetaskan telur nantinya.

Selanjutnya, telur-telur ikan tetap menetas di dalam mulut si betina setelah 3 hari meninggalkan grup. Mereka akan dikeluarkan jika telah berusia 4 minggu. Saat itu, Frontosa kecil kira-kira memiliki ukuran tubuh 10 mili.

Agar budidaya bisa berkembang dengan baik, rawatlah dengan benar. Beri ia pakan terbaik agar segera tumbuh dan besar. Sebagai informasi, harga ikan hias ini bervariasi tergantung jenisnya, yakni mulai 15.000 hingga 900.000.


Demikian ulasan mengenai ikan Frontosa. Perawatannya tidak terlalu susah dan harga jualnya pun fantastis. Hanya saja Anda perlu sedikit bersabar saat membudidayakannya. Dapat dikatakan, ikan ini layak untuk jadi bisnis 2020. 
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :