Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal - Ikanesia.id

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

Ikanesia.id - Ikan sidat merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang kaya akan protein, karbohidrat dan juga omega 3 yang cukup tinggi. Tiga kandungan tersebut merupakan asupan yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga tak heran jika ikan sidat ini selalu mengalami peningkatan dalam permintaan pasar dunia dari setiap tahunnya.

Secara umum ikan ini dieksport tidak hanya ke negara bagian asia saja, melainkan beberapa negara dari benua eropa dan juga amerika mempunyai permintaan yang cukup besar. Jika kita melihat pasar dunia yang ada, ini merupakan bisnis yang cukup menggiurkan bukan? Terlebih jika kita lihat bahwa pebisnis ikan sidat ini masih terbilang sedikit.

Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

Sebelum membahas lebih jauh mengenai peluang bisnis ikan sidat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu asal usul ikan sidat dinegara Indonesia, yang mana pada setiap daerah nya memiliki nama yang berbeda-beda mulai dari larak, mosa, lumbon, mengaling, luncah, dan juga sigili.

Perlu anda ketahui juga bahwa ikan sidat merupakan ikan yang berasal dari perairan samudra indonesia. Menurut penelitian yang ada, dari 18 spesies diseluruh dunia 12 diantaranya berada dinegara kita, Indonesia.
Baca Juga : Peluang Bisnis Budidaya Ikan Koi Bisa Capai Omset Puluhan Juta
Hal tersebutlah yang mendorong kita sebagai Home Land (asal-usul) dari ikan sidat. Untuk habitat terbesarnya sendiri diindonesia tersebar dibeberapa daerah seperti NTT, NTB, Jawa, Bali, Kalimantan timur, Papua, Sulawesi, dan juga perairan Maluku.

Peluang Dan Permintaan Pasar Global/ Lokal

Untuk dinegara jepang ikan ini lebih dikenal dengan nama unagi dan dalam bahasa inggris ikan sidat disebut giant mottled eel. Dijepang ikan unagi (ikan sidat) ini merupakan salah satu menu utama dari beberapa restoran ternama. Namun perlu anda ketahui bahwa disana, mereka hanya bisa memproduksi 30% saja ikan sidat, sedangkan untuk 70% nya lagi jepang mengandalkan hasil import yang ada termasuk dari indonesia. 

Ini menunjukan fakta yang ada bahwa permintaan pasar dari negara tetangga saja sudah cukup banyak, belum lagi kita menilik pada beberapa negara bagian eropa dan amerika, tentu saja permintaan disana akan lebih banyak lagi.

Sedangkan untuk diindonesia sendiri ikan sidat banyak diburu secara kiloan untuk menu makanan sehari-hari masyarakat didaerah. Ikan sidat ini pun sangatlah cocok untuk diolah menjadi berbagai jenis makanan. Selain itu permintaan ikan juga sering kali datang untuk restoran-restoran dibeberapa kota besar.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Usaha Sampingan

Budidaya Ikan Sidat Dengan Kolam Terpal

Budidaya Ikan Sidat Dengan Kolam Terpal

Bagaimana apakah anda tertarik untuk terjun kedalam bisnis ikan sidat ini? jika iya maka ada dua pilihan untuk anda dalam mengembangbiakan ikan sidat ini. yang pertama dengan menggunakan kolam beton, dan yang kedua menggunakan kolam terpal. Namun jika kita lihat dari segi kemudahan dan keuntungan yang ada, maka kolam terpal merupakan pilihan yang tepat karena beberapa keuntungan dan kemudahan yang anda dapatkan.

A. Kelebihan Menggunakan Kolam Terpal Untuk Ikan Sidat 

  1. Hasil budi daya dengan kolam terpal nantinya tidak berbau tanah
  2. Cocok untuk anda yang berada diarea minim air
  3. Tempratur air dari kolam terpal terbilang lebih terjaga atau stabil
  4. Biaya yang dikeluarkan lebih murah
  5. Panen ikan sidat akan lebih mudah dilakukan
  6. Mudah dan simple untuk dibersihkan
Itulah kelebihan dari kolam terpal jika kita bandingkan dengan kolam beton. Adapun beberapa alat dan kebutuhan yang perlu anda persiapkan untuk budidaya ikan sidat dengan kolam terpal ini diantaranya seperti berikut.

B. Kebutuhan Untuk Membuat Kolam Terpal

  1. Kedalaman Air sekitar 40 – 80 cm
  2. Ukuran terpal sebesar 2x7x0,7 atau untuk ukuran sedang bisa dengan ukuran 4x14x1,4
  3. Gunakan kayu maupun besi sebagai rangka kolam
  4. Gunakan pompa udara setidaknya 12 – 16 lubang guna menambah oksigen
  5. Lengkapi juga dengan pompa air untuk menjaga sirkulasi air tetap stabil

Cara Berternak Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

Untuk berbisnis ikan sidat ini ada beberapa cara atau langkah yang perlu anda perhatikan dari awal hingga akhir, yang mana setiap langkahnya harus anda lakukan dengan baik demi mendapatkan hasil ikan yang memuaskan untuk para konsumen nantinya. Seperti apa langkah atau cara berternnak ikan sidat yang baik? Berikut diantaranya.

A. Pilih Bibit Sidat Berkualitas

Pemilihan bibit merupakan langkah awal yang sangat menentukan bisnis kedepannya. Bagaimana cara memilih bibit yang baik?, biasanya bibit ikan sidat yang sehat memiliki ciri-ciri ekor yang lebih kecil dibanding dengan badannya. Apabila ukuran ekor ikan sidat lebih besar ataupun lebih panjang, maka bisa dipastikan itu bukanlah bibit yang baik untuk dibudidayakan.
Sekedar info, untuk harga bibit ikan sidat dipasaran sekitar Rp 150.000 per kilogram (kurang lebih 500 benih ikan).

B. Memberi Pakan Ikan Sidat

Tingkat keberhasilan budidaya akan sangat ditentukan oleh pakan yang diberikan pada ikan sidat. Beberapa contoh pakan terbaik diantaranya seperti cacing tanah, kepiting, dan juga pelet dengan kadar protein diatas 40% dan berukuran setidaknya 1ml. Untuk pemberian makan ini juga sebaiknya dilakukan secara rutin dan teratur sebanyak 3x sehari, dan jangan lupa juga untuk mematikan pompa kolamnya sebelum anda memberi pakan.

C. Menjaga Kesehatan Ikan Sidat

Untuk mengatur kesehatan dari ikan sidat pastikan hal yang paling utama diperhatikan adalah kondisi airnya agar selalu dalam keadaan baik, kemudian jaga tempratur diangka 29 derajat celcius (pada saat pembenihan), pastikan oksigen yang terlarut pada air memiliki angka sekitar ½ sampai 2 ½ ppm, kontrol juga untuk tingkat keasaman atau pH diangka 7 hingga 8. 
Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Nila Lengkap Beserta Tipsnya

D. Tahap Pemeliharaan

  1. Tahap Pendederan Pertama – ini merupakan salah satu tahap benih untuk saling mengenal satu sama lain, atau dalam artian ini merupakan tahap adaptasi ikan sidat dengan kondisi kolam yang ada dan juga pakan yang diberikan. Tahap ini melakukan pengembangan dari glass eel hingga elver.
  2. Tahap Pendedera Kedua – tahap ini adalah proses untuk pembesaran dari elver hingga fingerling dimana pada proses ini setiap ekornya akan memiliki bobot sekitar 10gr/ ekornya.
  3. Tahap Pembesaran – ini merupakan tahap terakhir yang mana tahap ini bertujuan untuk pembesaran ikan sidat dari 200 gr/ ekor hingga siap untuk dipanen.

E. Masa Panen

Apabila beberapa langkah dan tahapan diatas sudah dipahami dan dilalui maka sudah waktunya anda menunggu masa panen, yang mana ikan sidat ini membutuhkan waktu panen sekitar 1 ½ tahun sampai 2 tahun sesuai dengan kebutuhan anda, apakah anda akan mengirim sidat ini hanya didalam negeri atau melakukan ekspor keberbagai negara diberbagai benua.

Analisa Biaya Bisnis Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal


A. Peralatan (Biaya Tetap)

Wadah dan Jirigen : Rp  87.000
Kolam Terpal 5 buah  @200.000 : Rp 1.000.000
Selang 3 meter : Rp 70.000
Alat pompa air 5 buah : Rp 500.000
Total : Rp 1.657.000

B. Biaya Operasional

Bibit ikan sidat : Rp 500.000
Obat-batan : Rp 200.000
Pakan : Rp 600.000
Total : Rp 1.300.000

Penutup 

Sekian pembahasan peluang bisnis budidaya ikan sidat menggunakan kolam terpal, analisa dan harga diatas merupakan gambaran kasar jika kalian ngin budidaya ikan sidat menggunakan kolam terpal. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel