Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Paludarium, Aquarium dan Kolam Yang Perlu Kalian Ketahui

ikanesia.id - Belakangan ini banyak sekali yang bertanya-tanya apa sih perbedaan antara paludarium, aquarium dan kolam. Pada kali ini saya akan mencoba membahas perbedaan ketiga jenis wadah tersebut.

1. Paludarium

Perbedaan Paludarium, Aquarium dan Kolam Yang Perlu Kalian Ketahui

atau

Palud megatank irfan hakim
deHakims Channel
Langsung saja yang pertama ialah paludarium, paludarium adalah pada dasarnya merupakan ganungan antara habitat air dan habitat darat. Contoh hewan yang cocok dipelihara di paludarium ialah kura-kura.

Namun belakangan ini paludarium banyak di modifikasi untuk full air dengan konsep seperti aquarium yang tampilan view depannya kaca dan dikelilingi oleh dinding semen contohnya seperti megatank milik om irfanhakim juga bisa disebut paludarium.

Trend paludarium sekarang banyak yang memodifikasi dengan menggunakan full air tanpa hiasan ataupun dibuat seperti aquascape besar dengan biotope sesuai selera.

Jadi pada intinya paludarium ialah sebenarnya ialah kolam yang dikelilingi tembok semen serta depannya diberi kaca untuk view dan bisa juga gabungan antara habitat air dan habitat darat bisa juga disebut paludarium.

2. Aquarium

Aquarium adalah

Seperti pada umumnya mungkin kalian juga sudah tau apa itu aquarium, aquarium ialah wadah seni untuk meemlihara ikan. Kata aquarium sendiri berasal dari aqua yang artinya air dan arium yang artinya wadah ayau ruang.

Pada dasarnya aquarium ialah wadah yang dibuat dari full kaca yang bentuknya berbeda-beda ada yang paling umum ialah persegi dan ada juga yang berbentuk bulat.

Semakin besar aquarium yang digunakan maka semakin tebal juga kaca yang diperlukan karena kaca tersebut harus bisa menahan beban debit air yang akan digunakan nantinya.

Aquarium 150cm sampai 200cm masih bisa menggunkan ukuran kaca 12ml agar aquarum kalian aman. Jika lebih panjang dan besar lagi aquariumnya saya sarankan menggunakan kaca tempered atau kaca yang lebih tebal dari 12ml.
Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

3. Kolam


Yang terakhir kita bahas ialah kolam, kolam sendiri yaitu sebuah wadah air yang dibuat do daratan yang ukurannya lebih kecil dari danau. Intinya seperti itu

Kolam untuk ikan hias mempunyai standarisasi yang berbeda-beda tergantung jenis ikan yang ingin dipelihara. Namun untuk syarat paling utama dan penting untuk kolam ikan ialah harus adanya filter untuk kolam ikan tersebut.

Filter untuk kolam ikan ini hukumnya wajib jika kalian ingin memlihara ikan hias di kolam. Ukuran filter kolam untuk ikan hias yang direkomendasikan ialah 30% dari volume air pada kolam tersebut. 

Jadi misalnya kalian membuat kolam berukuran 10.000 liter kalian harus juga membuat filter untuk kolam sebesar 3000 liter.
Baca Juga 16 Ide Kolam Ikan Minimalis Lengkap Dengan Foto
Dan dalam membuat kolam ikan gunakanlah cat kolam ikan yang aman untuk ikannya, contoh cat kolam ikan yang aman kalian bisa cek di artikel " Rekomendasi Cat Kolam Ikan " .

Agar ikan dapat tumbuh maksimal khususnya untuk ikan koi tinggi kolam ikan yang harus kalian gunakan minimal ialah 1 meter. Mungkin selain ikan koi ikan lain juga dapat tumbuh optimal di ketiggian air tersebut.

Kesimpulan

Jadi antara paludarium, aquarium dan kolam sebenarnya merupakan sama-sama wadah atau seni dalam memelihara ikan hanya saja berbeda dalam hal konsepnya.

Semoga dengan artikel ini dapat membantu kalian yang ingin mencari perbedaan antara paludarium, aquarium dan kolam. 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :