Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Dengan Modal Minim - Ikanesia.id

Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Dengan Modal Minim

Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Dengan Modal Minim - Jika kita berbicara perihal budidaya, maka salah satu komoditas yang paling menjamin atau yang paling berpotensi untuk dikembangkan saat ini adalah budidaya perikanan. Terlebih kita sebagai warga indonesia merasa sangat diuntungkan, sebab negara kita merupakan negara maritim yang mana wilayah perairannya sangatlah luas dan didukung dengan beraneka ragam kekayaan laut didalamnya.

Cara Sukses Budidaya Udang Vaname Dengan Modal Minim

Bila kita lihat dari kacamata bisnis, maka ini merupakan peluang besar yang bisa kita manfaatkan dengan cara membudidayakannya. Melihat kekayaan laut indonesia yang melimpah, tak heran jika banyak kapal-kapal asing dari negara tetangga yang mencuri ikan dan hewan-hewan laut dari perairan indonesia ini.

Perlu anda ketahui, bahwa untuk budidaya perikanan ini selain dari laut kita juga memiliki peluang yang besar untuk melakukan budidaya dari air tawar. Salah satu budidaya air tawar yang sedang merangkak naik yakni udang. Jika kita lihat dari tahun 2019 lalu, untuk udang saja memiliki nilai ekonomi mencapa USD 250 miliar atau jika kita rupiahkan menyentuh angka Rp 4 triliun. Tak hanya itu dari peringkat ekspor udang terbesar, indonesia menduduki urutan ke-3 setelah negara India dan Thailand.

Cara Sukses Berbudidaya Udang Vaname 

Untuk jenis udang yang diekspor oleh indonesia memiliki beberapa jenis, diantaranya seperti udang vaname, udang windu, dan udang lainnya. Namun jika kita lihat volume ekspor yang ada, maka udang vaname lah yang memiliki angka paling besar, hingga mencapai angka 85%. 

Setelah kita melihat data diatas, maka ini bisa dipastikan peluang besar bagi anda yang ingin memulai bisnis budidaya udang, dan jika kita amati maka jenis vaname lah yang memiliki pangsa pasar paling besar. Jika anda bertekad untuk berbudidaya udang vaname, tentunya saat ini sekarang anda berada ditempat yang tepat, karena pada artikel ini kami akan membahas mengenai cara sukses berbudidaya udang vaname, namun dengan modal yang minim, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Rencanakan Bisnis Budidaya Udang Vaname

Dalam memulai suatu bisnis rencana atau planning merupakan hal yang harus kita buat, mengenai seperti apa rencana-rencana yang akan dijalankan kedepannya. Begitu juga ketika anda ingin memulai berbudidaya udang vaname. Langkah-langkah yang harus dipersiapkan oleh anda mulai dari :

A. Tujuan bisnis

Diawal pastikan anda memiliki tujuan yang kuat sebelum memulai budidaya udang vaname. Tujuan ini bisa kita ibaratkan sebagai pondasi dari sebuah bisnis, yang mana nantinya bila anda membangun bisnis dengan pondasi (tujuan) yang kuat maka percayalah bisnis yang anda jalankanpun akan semakin kuat dan kokoh.

B. Menentukan aspek pasar dan pemasarannya

Untuk udang jenis vaname ini tidaklah sulit dalam mencari pelanggan, karena para konsumen dari udang vaname ini didaerah saja sudah cukup banyak, mulai dari ibu-ibu rumah tangga, hingga rumah makan dan Hotel. Tak hanya itu anda juga bisa melakukan eksport ke berbagai negara tetangga.

C. Planing untuk produksi

Tentunya anda harus memikirkan aspek penting mengenai produksi, dimana hal tersebut meliputi bibit seperti apa yang akan anda gunakan, kemudian kolam seperti apa yang akan anda buat, dan lain-lain. Hingga akhirnya baru anda bisa mengestimasikan keuntungan yang nantinya bisa anda peroleh.

2. Tips Menghemat Biaya

Dalam langkah awal memulai bisnis budidaya pastinya anda akan sedikit dibingungkan dengan masalah modal. Hal ini tentunya suatu hal yang wajar, maka dari itu untuk membudidayakan udang vaname ini, kami sarankan anda untuk menggunakan kolam terpal saja jika dibanding dengan kolam tambak. 

Pasalnya jika anda ingin menggunakan kolam tambak maka anda harus siap dengan modal untuk membuat kolam tersebut, yang bisa kita perkirakan angkanya lebih mahal jika dibandingkan dengan kolam terpal. 

Selain itu kolam terpal juga akan lebih mudah dan praktis karena anda hanya perlu menyiapkan lokasi, pemupukan kolam, air bersih, lalu memfermentasikan kolam sebelum digunakan untuk budidaya.

Selain itu untuk menghemat biaya, anda bisa memilih barang atau peralatan terpenting dan sangat dibutuhkan. Dengan begitu maka pengeluaran biaya akan lebih menipis.
Baca Juga : Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Di Aquascape

3. Langkah & Tips Memulai Budidaya Udang Vaname

Untuk menjalankan budidaya udang vaname dengan modal yang minim tentunya ada beberapa langkah serta tips yang perlu anda ketahui. Jika semua langkah anda lakukan dengan baik, maka kemungkinan besar budidaya udang vaname ini akan berhasil. Maka dari itu, langsung saja kami bahas satu persatu dibawah ini.

A. Pemilihan Induk Udang Vaname

Agar budidaya yang akan anda jalankan nantinya bisa subur, maka ada beberapa kriteria daru induk vaname yang berkualitas. Diantaranya seperti bobot tubuh dari induk betina sebaiknya memiliki bobot sekitar 60-80 gram dengan panjang 20-25 cm, untuk bentuk insangnya sendiri pastikan normal (berwarna merah serta ditutupi oleh bagian yang transparan), memiliki anggota tubuh yang lengkap dan bergerak aktif.

Sedangkan untuk indukan jantannya pastikan memiliki bobot tubuh sekitar 80 gram atau lebih dengan panjang tubuhnya 18-20 cm, mempunyai bentuk insang dan anggota tubuh yang normal serta bergerak secara aktif.

B. Cara Mengawinkan Induk Udang Vaname

Setelah anda memilih induk udang vaname yang berkualitas, sekarang anda bisa masuk ke proses pengawinan induk. Tahap pengawinan ini, perlu anda perhatikan baik-baik. Agar lebih jelas berikut kami buatkan langkah-langkahnya.

  • Sediakan wadah untuk menempatkan induk udang
  • Lakukan penyortiran induk udang vaname, agar mendapatkan hasil yang berkualitas
  • Masukan saponin sekitar 10 sampai dengan 12 ppm selama beberapa hari (untuk mencegah hama)
  • Seimbangkan jumlah antara induk jantan dan betina 
  • Pasanglah filter guna menyaring telur yang nantinya ditetaskan
  • Untuk hasil pembuahan juga nanti ditentukan oleh kualitas sperma dari vaname

C. Langkah Meneteskan Telur Udang Vaname

Untuk langkah penetasan telur udang vaname adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama pindahkan induk vaname yang sudah menetaskan telur ketempat lain
  • Tahap penglepasan telur berjalan kurang lebih satu sampai dua jam
  • Telur udang akan menetas dalam jangka waktu 15 hingga 18 jam 
  • Langkah terakhir benih yang sudah melalui penetasan sudah siap dipanen apabila sudah memiliki berat antara 10 hingga 120 gram per benih atau ekornya

D. Managemen Pakan, Vitamin dan Kebersihan Udang Vaname

  • Untuk memelihara anakan udang vaname pastikan kolam selalu bersih dari kotoran dan berikan pakan dengan kadar protein 30%, (pakan pabrik bisa berupa pelet dan pakan alami seperti keong dan bekicot)
  • Anda harus pertahankan tingkat dari keasaman kolam, terlebih pada saat siang menjelang malam
  • Pastikan juga salinitas untuk udang vaname berada sekitar angka 15 – 25 ppt dan kadar nitrit kurang dari 6,4 ppm. Hal ini perlu dilakukan untuk memperlancar pertumbuhan vaname
  • Bersihkan kolam terpal dengan rutin
  • Stabilkan suhu pada 28 – 30 derajat celcius
  • Tingkah kecerahan sebaiknya berada diangka 25 hingga 45 cm secchi disc.
Baca Juga : Peluang Bisnis Budidaya Ikan Sidat Menggunakan Kolam Terpal

4. Kebutuhan Untuk Budidaya Udang Vaname

  • Pompa air
  • Jaring ikan
  • Peralatan kebersihan kolam
  • Wadah (baskom)
  • Selang air
  • Kolam terpal
  • Probiotik
  • Pakan berprotein 30%
  • Obat-obatan
  • Vitamin & garam



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :