Jenis dan Daftar Harga Ikan Buntal Air Tawar Terbaru - Ikanesia.id

Jenis dan Daftar Harga Ikan Buntal Air Tawar Terbaru

Jenis dan Daftar Harga Ikan Buntal Air Tawar Terbaru - Pufferfish atau biasa kita sebut ikan buntal ialah ikan yang dapat berububah ukuran menjadi seperti gendut bulat. Hal itu ia lakukan jika dalam kondisi terancam saja.

Ikan buntal mempunyai banyak macam jenis dari yang terkecil, terlangka dan ada juga yang termahaalnya loh.

Jenis dan Daftar Harga Ikan Buntal Terbaru

Biasanya banyak berita bahwa ikan buntal ini adalah ikan yang beracun. Hal itu benar karena bagian ovarium ikan buntal mengandung racun yang sangat mematikan bahkan 200x lebih berbahaya dibandingkan racun sianida.

Di jepang ikan buntal memang dijadikan hidangan makanan maka dari itu hanya chef khusus saja yang dapat mengolah ikan buntal ini agar tidak berbahaya untuk di konsumsi.

Ikan buntal yang biasa dijadikan hidangan biasanya berasal dari muara dan laut. Pada kali ini kita akan membahas ikan buntal atau pufferfish yang berasal dari air tawar yang dapat dipelihara di aquarium maupun kolam.

Habitat ikan buntal berada di berbagai jenis air dan tersebar di berbagai benua. ikan buntal memiliki lebih dari 100 species. Dan yang akan di bahaskali ini ialah ikan buntal yang biasa dipelihara oleh hobies saja. yaitu ikan buntal air tawar. diantaranya :

1. Mini Puffer Green Spotted

Mini Puffer Green Spotted

Pufferfish atau ikan buntal mini yang satu ini sangatlah lucu dan menggemaskan jika dipelihara di aquarium. Ikan pufferfish jenis ini juga cocok dipelihara di aquarium kecil karena ukuran ikannya juga mini.

Ikan buntal satu ini juga biasa disebut dengan sebutan dwarf puffer karena ukurannya yang serupa dengan bangsa dwarf. Ikan buntal mini ini hanya dapat tumbuh sampai ukuran 15cm saja.

Makanan favorite ikan buntal mini ini ialah cacing beku atau siput-siput cangkang kecil. Harga ikan mini puffer atau ikan buntal mini ini mulai dari 20rb rupiah,
Baca Juga : 5 Daftar Jenis Ikan Air Tawar Terbesar Di Dunia

2. Congo Puffer / Tetraodon miurus

Congo Puffer / Tetraodon miurus

Congo puffer ini merupakan ikan buntal air tawar yang sebenarnya cukup langka alias susah didapatkan di pasar ikan Indonesia. Ikan congo puffer ini dapat berubah warna menjadi merah terkadang coklat dan terkadang menjadi warna pucat.

Karena ikan puffer yang satu ini memliki cara makan yang menyergap dan mengkagetkan musuhnya ikan ini perlu substrat yang agak tebal untuk tempat dia sembunyi dan mengkagetkan mangsanya.

Makanan ikan congo puffer ini sama dengan ikan buntal lainnya yaitu cacing darah, ikan-ikan yang muat di mulutnya serta jenis2 siput atau keong kecil.

Karena ikan ini masih sangat jarang dan langka maka harga ikan congo puffer cukup lumayan yaitu mulai dari 1jt rupiah per ekornya.
Baca Juga : Daftar Harga Akuarium Rakitan Dan Akuarium Pabrikan Terbaru

3. Fahaka Puffer ( Tetraodon lineatus )

Fahaka Puffer ( Tetraodon lineatus )

Selain jenis mini puffer ikan buntal yang banyak dipelihara lainnya ialah jenis ikan fahaka puffer. Ikan buntal air tawar yang satu ini cukup mudah ditemukan dan sudah banyak sekali yang menjual jenis ikan yang satu ini.

Fahaka puffer ini dapat tumbuh besar hingga 45cm loh, jadi buat kalian yang ingin memelihara ikan buntal yang satu ini harap menyediakan aquarium yang layak.

Karena ikan buntal fahaka ini bisa mencapai ukuran 45cm maka makanannya pun lebih beragam bisa menggunkann keong yang agak besaran.  Harga ikan fahaka puffer ini mulai dari 50rb rupiah saja per ekornya.

4. Mbu Puffer ( Tetraodon mbu )


Mbu puffer merupakan ikan eksotis dari keluarga ikan buntal. Bagaiamana tidak eksotis karena harga ikan mbu puffer ini bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ikan mbu puffer ini biasanya dipelihara oleh kolektor ikan hias.

Mbu puffer seklias memang mirip dengan saudaranya fahaka puffer hanya saja perbedaan paling jelas ialah ikan mbu puffer dapat tumbuh besar hingga ukuran 80cm yang arinya bisa 2x lipat lebih besar dari fahaka puffer. Tak heran jenis mbu puffer ini menjadi idaman kolektor ikan hias karena ukurannya bisa besar sekali.


Penutup

Sekian jenis dan daftar harga ikan buntal air tawar yang dapat kalian pelihara dirumah. Mana ikan buntal faforit kalian ? kalau saya sih tetap favoritkan mbu puffer. 





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel