Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Ikan RTC atau Red Tail Catfish Beserta Harganya

Mengenal ikan RTC atau Red Tail Catfish beserta harganya - Ikan RTC (Red Tail Catfish) sering dijuluki sebagai lele besar yang memiliki wajah Doraemon. Hal tersebut wajar karena tampilannya begitu unik serta menggemaskan. Ia sangat cocok jika digunakan sebagai hiasan di aquarium rumah atau tempat-tempat umum.

Mengenal Ikan RTC atau Red Tail Catfish Beserta Harganya

Klasifikasi Ikan Red Tail Catfish

Red Tail Catfish merupakan salah satu jenis ikan hias berukuran lumayan besar yang sangat digemari banyak pecinta ikan. Selain penampilannya lucu, perawatannya pun cukup mudah dan murah sehingga tidak menghabiskan banyak biaya tambahan.

Adapun klasifikasi ilmiah dari ikan yang satu ini jika dirinci secara mendetail yakni sebagai berikut:

  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Kelas : Actinopterygil
  • Ordo : Siluryformes
  • Famili : Pimoledidae
  • Genus : Phractocephalus
  • Spesies : P. Hemioliopterus
Baca Juga : Inilah Jenis-jenis Ikan Predator Air Tawar Yang Perlu Anda Ketahui

Habitat Ikan Red Tail Catfish

Habitat Ikan Red Tail Catfish

kan RTC (Red Tail Catfish) memiliki habitat asli di perairan air tawar seperti halnya sungai dan danau. Ia tidak dapat hidup di laut dan jenis air asin lainnya.
Ikan yang satu ini dapat hidup tengah-tengah air tawar yang mempunyai arus tenang maupun deras. Red Tail Catfish pertama kali ditemukan di wilayah sungai Orinoco, Amazon, serta Essequibo di Benua Amerika.

Selanjutnya, ikan ini banyak menyebar ke berbagai negara lain misalkan Guyana, Venezuela, Bolivia, dan juga Ekuador. Sekarang ini, Red Tail Catfish sudah ada di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia salah satunya.

Ciri-ciri Fisik Ikan Red Tail Catfish

Ciri-ciri Fisik Ikan Red Tail Catfish

Sesuai dengan namanya, ciri-ciri fisik yang menonjol dari ikan RTC yang membedakannya dengan jenis lain yakni adanya warna merah pada ekornya. Meskipun begitu, paha dan perutnya sangatlah kontras dan berwarna hitam serta putih.

Ikan ini juga dianggap sangat unik karena bentuk kepalanya yang sangat besar dan lebar sehingga mirip tokoh kartun Doraemon. Hal itulah yang membuatnya terkesan lucu serta menggemaskan, khususnya bagi anak-anak.

Nah, berbicara tentang ukuran dari ikan yang satu ini, ia memiliki panjang sekitar 1,8 meter. Ukuran yang lumayan panjang bagi ikan hias kebanyakan. Adapun berat seluruh tubuhnya yaitu bisa mencapai 80 kg.

Karakteristik Ikan Red Tail Catfish

Ikan RTC merupakan salah satu jenis spesies yang sangat pemalu. Ia senang sekali bersembunyi di belakang batu-batuan maupun hiasan aneka anemon laut ketika dipelihara dalam aquarium. Sifat tersebut sangat mirip seperti halnya ikan lele.

Ikan ini juga memiliki temperamen emosional yang cenderung terkontrol. Ia bersikap kalem dan lemah lembut kepada ikan lain maupun manusia.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Yang Hidup Di Perairan Sungai Amazon

Makanan Ikan Red Tail Catfish

Menyoal tentang makanannya, ikan RTC ini akan sangat gembira jika diberi segala jenis makanan. Ia memang bersifat omnivora sehingga doyan dan rakus terhadap segala jenis makanan yang diberikan, baik itu hidup ataupun mati.

Ketika memeliharanya, Anda bisa memberikan cacing, ulat, udang, pelet, sentrat dan jenis-jenis makanan instan lainnya.
Baca Juga : Harga Pakan Hidup Literan Untuk Ikan Predator terbaru

Harga Ikan RTC  ( Red Tail Catfish )

Sebagai ikan hias, harga jual dari Red Tail Catfish ini masih tergolong mahal di pasaran. Untuk jenis bayinya saja, ia umumnya dipatok seharga Rp 200.000,- hingga Rp 400.000,-.

Selanjutnya, jika ikan RTC sudah besar dan bentuknya terlihat menarik, maka harganya pun kian mahal hingga mencapai jutaan rupiah bergantung pada ukuran serta keunikannya.

Demikianlah ulasan mengenai seluk-beluk ikan RTC (Red Tail Catfish) mulai dari klasifikasi ilmiah hingga harga jualnya di pasaran. Semoga informasi tesebut dapat berguna serta menambah wawasan bagi para pecinta ikan.





Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :