Mengenal Lebih Dekat tentang Spesies dan Karakteristik Ikan Golden Dorado

Mengenal Lebih Dekat tentang Spesies dan Karakteristik Ikan Golden Dorado -  Golden Dorado merupakan salah satu ikan yang hidup di perairan air tawar. Ia juga bisa disebut dengan ikan salmon Emas karena tampilan kulit atau sisiknya berwarna kekuning-kuningan. Sekarang ini, selain untuk hiasan, ikan tersebut juga sudah dimanfaatkan dalam kebutuhan konsumsi.pesies dan Karakteristik Ikan Golden Dorado.

Mengenal Lebih Dekat tentang Spesies dan Karakteristik Ikan Golden Dorado

Klasifikasi Ikan Golden Dorado

Jika dianalisa secara ilmiah, ikan Golden Dorado berasal dari kingdom Animalia dan tergabung pada kelompok Chordata. Nah, dari kelompoknya tersebut, selanjutnya ia diklasifikasikan kembali ke dalam kelas Actinopterygil.

Dari kelas Actinopterygil, ikan yang satu ini akan digolongkan ke dalam ordo Characiformes dan family Charachidae. Adapun tentang genusnya, ia tergabung pada genus Salminus dengan spesies spesifik S. Brasiliensis.
Baca Juga : Mengenal Dengan Ikan Payara Si Ikan Bergigi Vampir

Habitat Ikan Golden Dorado

Habitat Ikan Golden Dorado

Sejatinya, ikan Golden Dorado yang memiliki nama latin Salminus Brasiliensis ini berasal dari wilayah Brazil bagian selatan. Pada perkembangannya, ia menyebar ke beberapa negara-negara sekitar seperti halnya Uruguay, Paraguay, Argentina Utara dan Bolivia.

Penyebaran ikan yang dijuluki sebagai predator kuat ini sangat mudah menyebar ke beberapa benua di luar wilayah Amerika. Sekarang ini, Dorado sudah banyak ditemui di negara-negara Eropa bahkan Asia.

Di Indonesia sendiri, walaupun keberadaanya masih langka, namun ikan Golden Dorado sudah banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias maupun pebisnis ikan. Ia juga sudah ada di beberapa Taman Nasional serta tempat-tempat penangkaran khusus. 
Baca Juga : Berbagai Macam Jenis Ikan Pari Air Tawar (Stingray) Beserta Harganya

Ciri-ciri Fisik Ikan Golden Dorado

Ciri-ciri Fisik Ikan Golden Dorado

Ikan Golden Dorado sering sekali disebut sebagai Salmon air tawar. Karena hal itulah bentuk fisiknya juga hampir menyerupai ikan Salmon. Ia memiliki warna tubuh merah, hitam serta kekuning-kuningan.

Sisik-sisik dari ikan yang satu ini berfungsi untuk melindungi daging tubuhnya yang kaya akan manfaat agar tidak terlukai oleh musuh. Warna dari sisiknya sendiri yakni abu-abu keputihan dengan sedikit corak silver sehingga menimbulkan kesan glowing.

Dari segi etimologi tubuhnya, ikan Golden Dorado memiliki rahang yang sangat kuat untuk memakan makanan atau mangsa. Gigi-giginya sejajar rapi tajam walaupun terlihat kecil-kecil. 

Karakteristik Ikan Golden Dorado

Ikan Dorado memiliki karakteristik khas, yakni dapat berenang dengan lincah kesana-kemari walaupun tubuhnya lumayan besar. Hal ini juga cukup mengejutkan karena ia sudah termasuk golongan predator.

Ikan ini juga sangat pintar ketika ingin melawan arus sungai agar tidak hanyut karena tubuhnya mirip seperti torpedo. Selain itu, ia sangat suka menjelajahi bawah air baik itu di sungai, kolam maupun aquarium buatan.
Baca Juga : Asal Asul Dan Harga Ikan Arapaima Terbaru

Makanan Ikan Golden Dorado

Ikan Dorado akan sangat lahap jika diberi makanan ikan-ikan kecil dari sungai berair tawar. Di samping itu, ia juga senang makan berbagai jenis serangga seperti halnya udang, serta kadal.

Nah, ketika ikan Dorado dipelihara di aquarium, ia dapat menyesuaikan dengan jenis makanan apapun. Dia bisa saja diberi makan sentrat kualitas unggul ataupun ulat sutra Jerman.
Baca Juga : Harga Pakan Hidup Literan Untuk Ikan Predator terbaru

Harga Ikan Golden Dorado

Jenis Dorado merupakan salah satu ikan yang tergolong dalam kelas premium atau mahal. Hal tersebut karena bentuknya unik serta dagingnya pun mengandung banyak manfaat jika dikonsumsi oleh manusia.

Di pasaran sendiri, secara umum ikan Golden Dorado dijual dengan harga sebesar Rp 1.000.000,- hingga Rp 1.500.000,- per ekornya. Namun, nominal tersebut berbeda-beda bergantung pada besar kecilnya ikan serta tempat pembeliannya.

Demikianlah pembahasan mengenai ikan Golden Dorado mulai dari klasifikasinya hingga harganya saat dijual di pasaran. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi para pecinta ikan untuk menambah wawasan serta meningkatkan kepedulian terhadap keberlangsungan hidup mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel