Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi Ikan Hias Berdasarkan Tipe Area Renang

Rekomendasi Ikan Hias Berdasarkan Tipe Area Renang - Di dalam memelihara ikan hias di aquarium ada 3 macam tipe area renang pada ikan yaitu ikan perenang atas, perenang bawah dan juga perenang bawah atau dasar. Kenapa disebut 3 macam tipe area padahal ikan tersebut tetap bisa berenang ke area atas bawah ataupun tengah ? karena yang dilihat merupakan kebiasaan ikannya itu sendiri apakah dia biasanya beernenang di dasar atau di permukaan air.

Rekomendasi Ikan Hias Perenang Bawah

Maka dari itu jika kalian ingin memelihara ikan hias kalian harus tau dahulu ikan perenang atas, tengah dan dasar mana yang akan kalian pilih. Jangan sampai kalian memelihara ikan perennag atas semuanya di dalam aquarium nanti jadi kurang enak dilihat dan menumpuk diatas. Maka dari itu simak rekomendasi ikan hias perenang atas, perenang tengah dan perenang bawah berikut ini :

Rekomendasi Ikan Hias Tipe Perenang Atas

Ikan Guppy 

Ikan Guppy

Ikan guppy cocok sebagai ikan hias perenang atas untuk aquarium aquascape. Ikan guppy merupakan salah satu ikan hias yang sangatlah populer karena warnannya yang berbeda-beda dan bisa di kawin silang sehingga membentuk warna baru.

Untuk ikan perenang atas aquascape memang sangat jarang ya. kalau kalian tahu bisa diberitahu ke saya.
Baca Juga : Jenis-Jenis Ikan Guppy Dan Harga Ikan Guppy

Ikan Aligator

Ikan Aligator

Ikan aligator ini merupkan salah satu jenis ikan predator tipe atas alias dia berenang di area atas. Ikan aligator juga termasuk ikan yang pertumbuhannya cepat karena memang ikan ini sangatlah rakus.

Jangan sekali-sekali mencapur ikan aligator dengan ikan guppy ya. karena ikan guppynya akan tiba-tiba hilang jika di campur dengan ikan ini.

Tak hanya ikan guppy hal ini juga berlaku ke ikan-ikan yang lebih kecil dan ukurannya muat dimulut aligator. Jadi jika ingin memelihara ikan aligator ini ikan yang dapat dicampur dengan aligator ialah ikan yang ukurannya sama besar dengan ikan aligator tersebut.
Baca Juga : 8 Jenis Ikan Allіgаtоr Yang Perlu Anda Ketahui

Ikan Arwana

Ikan Arwana

Ikan arwana ini termasuk juga ke dalam ikan predator tipe atas. Ikan ini juga termasuk kategori ikan predator yang doyan memangsa ikan-ikan yang lebih kecil dari ukurannya. Apabila ikan arwana sedang lapar bisa saja ikan tersebut memangsa ikan yang agak besar loh.

Ikan arwana sendiri merupakan ikan predator favorit saya apalagi jenis super red nya.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Arwana Atau Ikan Arowana Lengkap Beserta Harganya

Ikan Hujeta Gar

Ikan Hujeta Gar

Hujeta gar juga merupkan ikan galak alias predator tipe perenang atas. Namun ikan ini tidak bisa sebesar ikan aligator dan juga ikan arwana sehingga untuk mencari tankmate ikan hujeta gar lebih mudah dibandingkan 2 ikan yang saya sebutkankan tadi.

Ikan African Butterfly


Ikan African Butterfly

Tampak atas dari ikan ini benar-benar menyerupai kupu-kupu maka dari itu ikan ini disebut dengan nama butterfly. Ikan butterfly atau ikan kupu-kupu ini banyak sekali ditemukan d perairan air tawar di sungai-sungai di afrika maka dari itu ikan ini disebut dengan african butterfly.

Ikan kupu-kupu ini menghabiskan sebagian besar waktunya berenang di permukaan air. Karena hal itu kami memasukan ikan kupu-kupu ini ke list ikan tipe perenang atas. Ikan kupu-kupu ini juga cocok untuk aquarium aquascape.

Ikan Silver Hatchet

Ikan Silver Hatchet

Ikan hias air tawar jenis silver hatchet ini merupakan salah satu ikan tipe perenang atas yang direkomendasikan untuk aquarium aquascape.

Bentuk dari ikan ini sangat unik seperti mempunyai perut buncit saja. Hati-hati dengan kebiasan ikan ini yang bisa melompat karena di alamnya ikan ini bisa saja memakan serangga dengan melompati air maka dari itu wajib memakai tutup aquarium jika ingin memelihara ikan ini.

Rekomendasi Ikan Hias Tipe Perenang Tengah

Ikan Peacock Bass

Ikan Peacock Bass

Ikan pbass merupakan ikan air tawar jenis predator tipe perenang tengah. Ikan yang satu ini cukup populer di kalangan ikan predator karena mempunyai pengalaman yang asik memberi makan ikan ini.
Baca Juga : Jenis Ikan Peacock Bass ( Pbass ) Beserta gambarnya

Ikan Manfish

Ikan Manfish

Ikan manfish ini masuk ikan hias perenang tengah menurut kami karena memamng kebiasaannya dia sering bering ditengah. Ikan manfish ini cocok untuk tipe ikan perenang tengah di aquarium aquascape ataupun di aquarium biotope.
Baca Juga : 15 Jenis Ikan Manfish Atau Angelfish Lengkap Beserta Harganya

Ikan Discus

Ikan Discus

Sama seperti ikan manfish ikan discus pun sejatinya merupakan ikan hias air tawar perenang tengah menurut ikanesia. Namun jika ikan discus dipelihara dengan jumlah banyak ikan ini seperti membentuk layer dan bisa menjadi ikan perenang atas di layer pertama, layer kedua ikan perenang tengah dan layer ke tiga menjadi ikan perenang bawah.

Ikan discus cocok dicampur dengan ikan yang mempunyai sifat kalem dan tidak jail karena ikan ini gampang stress jika ada ikan yang rese. Ikan discus cocok untuk di aquascape namun terkadang suhu aquascape yang terlalu dingin membuat ikan discus menjadi stress. Paling ideal sih ikan discus berada di tank polos atau tank biotope.
Baca Juga : Harga Ikan Discus Terbaru 2020

Ikan Gurame Mini

Ikan Gurame Mini

Ikan gurame mini atau dwarf gourame ini merupakan ikan hias air tawar yang cocok untuk tank aquascape maupun biotope. Ikan gurame mini ini termasuk ikan jenis tipe perenang tengah.

Ikan Neon Tetra

Ikan Neon Tetra

Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan yang satu ini. Ikan ini sudah sangat populer dikalangan pecinta ikan hias air tawar khususnya penghobi aquascape. Ikan neon ini sebenarnya merupakan ikan schooling dan berenang random namun masih dalam kategori ikan perenang tengah menurut ikanesia.
Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Ikan Neon Tetra Terlengkap

Ikan Datz

Ikan Datz

Ikan datz merupakan ikan predator yang akhir-akhir ini mulai sangat populer dikalangan hobies ikan predator. Ikan datz asal indonesia ada 3 jenis yaitu datz sumatera, datz borneo dari kalimantan dan juga datz papua.

Ikan predator datz ini termasuk ikan tipe perenang tengah namun kebanyakan ikan datz yang dipelihara di aquarium berenang ke dadar dan berada di pojok aquarium. Jika ikan datz sudah stabil dan mempunyai mental yang baik ikan ini akan berenang-renang di area tengah.
Baca Juga : Jenis Dan Harga Ikan Tigerfish atau Datz

Ikan Golden Dorado

Ikan Golden Dorado

Ikan predator lainnya yang asik dilihat dengan cara renangnya yang aktif lainnya ialah ikan golden dorado,  Ikan dorado ini sangat aktif sekali dan merupakan ikan tipe perenang tengah dan juga perenang cepat. 
Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat tentang Ikan Golden Dorado

Ikan Oscar 


Ikan oscar masuk ke dalam ikan tipe perenang tengah yang di rekomendasikan menurut ikanesia. Namun ikan ini terkadang sangat jail maka ikan ini cocok-cocokan saja dicampur dengan ikan lainnya. 
Baca Juga : Jenis Dan Daftar Harga Ikan Oscar Terbaru 2020

Rekomendasi Ikan Hias Tipe Perenang Bawah

Ikan Pari Air Tawar

Ikan Pari Air Tawar

Ikan perenang dasar terbaik menurut ikanesia ialah ikan pari air tawar. Ikan pari ini termasuk jenis ikan predator sehingga tidak cocok apabila dicampur dengan ikan-ikan kecil. Banyak yang beranggapan kalau ikan pari air tawar ini ikan level sultan karena harganya yang lumayan mahal. Jenis termurah ikan pari air tawar sendiri di banderol sekitar 650rb keatas jenis motoro.
Baca Juga : Berbagai Macam Jenis Ikan Pari Air Tawar (Stingray) Beserta Harganya

Ikan Palmas Atau Ikan Naga 

Ikan Palmas Atau Ikan Naga

Ikan palmas atau ikan naga ini juga cocok sebagai tankmate ikan perenang bawah di aquarium ikan predator kalian. Untuk tankmate ikan predator yang dapat berukuran besar pilihlah ikan palmas yang dapat tumbuh besar juga seperti jenis palmas lapradei, endlichery, teugelsi, orna, dan pbb.
Baca Juga : 13 Jenis Ikan Hias Palmas Si Ikan Naga Predator Perenang Dasar Aquarium

Ikan Sili

Ikan Sili

Tankmate alternatif lainnya untuk jenis ikan predator ialah ikan sili atau moray eel air tawar ini. Ikan ini cenderung berada di dasar aquarium dan seringnya ikan ini mengumpat dan hanya keluar untuk makan saja.
Baca Juga : Asal Usul Dan Harga Ikan Sili Api Atau Ikan Fire Eel Tebaru

Ikan Botia

Ikan Botia

Ikan botia ini termasuk kategori ikan perenang dasar aquarium yang cocok untuk segala macam tipe tank. Karena ikan botia dapat berukuran jumbo ikan ini aman juga jika dicampur dengan ikan predator.
Baca Juga : Penjelasan dan Harga Ikan Botia Atau Clown Loach

Ikan Corydoras

Ikan Corydoras

Ikan corydoras ini ialah ikan hias air tawar tipe perenang bawah yang direkomendasikan untuk aquarium aquascape. Ikan ini banyak sekali jenis dan warnannya tinggal kalian pilih sesuai tema dan warna yang kalian suka.

Penutup 

Sekian Rekomendasi ikan hias berdasrkan tipe area renangnya versi ikanesia. Artikel ini akan berkala di update apabila ada tambahan ikan-ikan baru.
Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :