5 Jenis Ikan Corydoras Yang Perlu kalian Tahu - Ikanesia.id

5 Jenis Ikan Corydoras Yang Perlu kalian Tahu

5 Jenis Ikan Corydoras Yang Perlu kalian Tahu - Ikan Cory catfish, lele corydoras atau biasa kita sebut sebagai ikan corydoras merupakan ikan hias yang sangat populer di kalangan penghobi ikan di aquarium. ikan yang memiliki kumis di sekitar mulutnya ini memiliki karakteristik dan manfaat sendiri bagi ekosistem aquarium kalian. Selain itu ikan ini terlihat cantik dan mudah perawatanya.

5 Jenis Ikan Corydoras Yang Perlu kalian Tahu


Ikan yang bisa hidup dengan ukuran 2 - 12cm ini memiliki kumis yang berfungsi sebagai sensor atau radar agar ikan ini mudah untuk mencari makananya di kegelapan. Biasanya ikan ini mencari makananya di dasar aquarium sehingga bisa membuat dasar aquarium kalian lebih bersih.

Baca Juga : Rekomendasi Ikan Hias Berdasarkan Tipe Area Renang

Selain bisa untuk aquarium air tawar, ikan ini sangat cocok untuk Aquascape karena dapat membersihkan sisa pakan yang akan menjadi amonia (makanan spora algae di Aquascape). Kalian bisa membaca seputar aquascape di Duniaaquascape.com

5 Jenis Ikan Corydoras Yang Perlu Kalian Tahu


Nah kali ini ikanesia akan membahas jenis jenis ikan yang sangat bermanfaat di aquarium bahkan aquascape kalian

1. Corydoras Albino

Corydoras Albino

Daftar ikan corydoras pertama ini kita isi dengan yang menurut saya paling lucu, Yaitu ikan corydoras albino. Sesuai namanya ikan corydoras ini memiliki warna putih albino dan dapat tumbuh hingga 6cm apabila sudah dewasa

Ikan corydoras albino ini suka di air  dengan kadar PH 5,8 - 7,0 dengan suhu 22 - 26 derajat celcius. Ikan ini merupakan ikan yang tenang , damai dan tidak usil ke ikan lain. usia ikan ini bisa sampai 5 tahun.

2. Corydoras Panda

Corydoras Panda

Meskipun ini adalah corydoras panda, namun ini bukan berasal dari cina ya. jadi ikan corydoras panda ini dapat kalian temukan di alam sungai di negara amerika, terutama amerika selatan corydoras panda ini ditemukan pada tahun 1968 lalu diberinama corydoras panda pada tahun 1971 oleh Nijssen dan Isbrücker. Penamaan ikan ini sesuai dengan warna atau corak tubuhnya yang seperti panda.

Baca Juga : 11 Jenis Ikan Hias Untuk Aquascape Yang Terindah Dan Bisa Dicampur

3. Corydoras Pepper

Corydoras Pepper

Selanjutnya ada ikan corydoras pepper, atau nama lainya blue leopard corydoras dan peppered catfish. Ikan ini memiliki habitat asli di sungai parana dan sungai sekitar brazil dan uruguay ikan jantan corydoras pepper ini bisa mencapai ukuran 6,5 cm.

Namun untuk sang betinanya, hanya bisa mencapai ukuran 3cm. Ikan ini sifatnya damai dan dapat dicampur dengan ikan ikan lain tanpa takut akan bertarung. Ikan ini bisa hidup lama hingga 5 tahunan.

4. Bronze Corydoras

Bronze Corydoras

ikan ini biasa juga disebut dengan green corydoras atau bandit corydoras. Ikan ini cukup populer di kalangan penghobi ikan dan mudah untuk ditemukan di toko-toko ikan ini saat dewasa ukuranya bisa mencapai 6,5 cm, dan dapat hidup lama hingga mencapai 10 tahun. Cukup lama bukan?

Di alamnya, ikan ini hidup di perairan tenang dan dangkal dengan suhu 25 - 28 drajat celcius, dengan PH 6.0 - 8.0.

Baca Juga : Jenis-jenis Udang Hias Air Tawar Yang Mudah Dipelihara Di Aquascape

5. Corydoras julii

Corydoras julii

Ikan corydoras jenis ini cukup cantik dan memiliki corak yang unik, sangat cocok untuk aquarium kalian karena bisa menambah keindahan serta memberikan manfaat kepada aquarium kalian.

Ikan Corydoras julii ini merupakan ikan dari brazil / sekitarnya. Mereka dapat tumbuh hingga 2-3 inci dan memiliki sifat damai terhadap ikan ikan lainya.

Karena ikan ini cantik dengan pola yang unik, corydoras jenis ini banyak dicari di pasaran. Bahkan kalian harus hati hati karena ikan ini kadang dijual bukan yang aslinya, melainkan ikan corydoras lain dengan jenis three stripe cory.

Cara membedakanya yaitu dengan melihat bercak diatas tubuhnya yang kelihatan terputus putus (tidak sambung menyambung yaa).

Nah itulah jenis jenis ikan corydoras yang memiliki warna yang cantik, corak yang unik. dan tentunya bermanfaat bagi aquarium maupun aquascape kalian. Masih banyak lagi jenis ikan corydoras yang lainnya yang belum disebutkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel