Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Air Di Aquarium Banyak Cacing Putih ? Simak Penjelasannya

Air Di Aquarium Banyak Cacing Putih ? Simak Penjelasannya - Pernahkah kalian perhatikan di aquarium kalian terdapat bintik bintik putih menyerupai cacing ?. Kalau pernah mungkin air aquarium anda sudah menjadi tempat berkembang biaknya cacing putih atau biasa disebut dengan planaria dan satu lagi cacing putih bernama nemotoda.

Planaria adalah hewan berbentung cacing pipih yang biasa hdup dan berkembang di air tawar. Cacing planaria bukanlah parasit dan dapat dihilangkan dengan cara tertentu. Cacing putih pada aquarium sering kali terjadi pada aquarium aquascape dikarenakan kurang bersihnya pasir-pasir atau batu-batuan ataupun kayu yang digunakan. Sehingga masih tersisa telur-telur planaria di media tersebut.

Nematoda adalah sejenis cacing giling atau cacing halus yang mirip sekali dengan planaria namun jenis cacing ini lebih sering berenang kesana kemari berbeda dengan planaria yang biasanya menpel di kaca dan dasar aquarium.

Air Di Aquarium Banyak Cacing Putih ? Simak Penjelasannya


Maka dari itu untuh penghobies ikan hias khususnya aquascape disarankan membeli baru media dan peralatan aquascape. Lebih baik lagi apabila semua yang masuk ke aquarium di sterilkan menggunakan anti bakter seperti abate atau cairan PK. Tak hanya media dan peralatan, makanan ikan seperti pelet yang kotor juga dapat menjadi sumber berkembang biaknya cacing putih di aquarium.

Baca Juga : Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

Berbahayakah cacing putih pada ikan hias kita ?

Cacing putih pada aquarium tidak berbahaya untuk ikan hias kalian. Hanya saja membuat tampilan aquarium kalian menjadi kurang enak dipandang karena terdapat cacing-cacing putih dikaca dan di perairan.

Cara Menghlangkan Cacing Putih Di Air Aquarium

Menghilankan cacing putih pada aquarium ada 2 cara yaitu menggunakan obat-obatan atau cairan yang dapat membunuh cacing tersebut hingga ke telur-telurnya dan yang kedua menggunakan tankmate seperti ikan yang doyan sekali memakan cacing jenis ini.


Menghilangkan cacing menggunakan obat mempunyai kekurangan yaitu jika dosis nya kebanyakan akan berbahaya juga terhadap ikan yang ada di aquarium kalian. Solusinya untuk menggunakan cara ini ialah memindahkan ikan kalian ke aquarium lain sementara.

Cara ke dua menggunakan ikan-ikan pemakan yang rakus seperti ikan tawes, ikan nilem, ikan manfish, dan ikan guppy. Untuk tank ikan predator ikan-ikan tersebut mungkin sangat sulit dijadikan tankamate untuk menghilangkan caing putih di aquarium.

Untuk ikan predator kalian bisa mencoba ikan manfish yang berukuran besar, ikan kaviat dan ikan american flagtail sebagai tankamte untuk membersihkan cacing putih.


Penutup

Buat yang belum pernah mengalami hal ini coba di cek lagi baik-baik air aquraium kalian apakah ada atau tidak bibit-bibit cacing putih halus. Dan buat yang sedang mengalami hal ini silahkan segera lakukan cara diatas untuk mengatasinya. 

Jagalah air aquarium kalian dengan sering menguras seminggu sekali dan menggosok kaca aquarium kalian untuk memeinimalisir berkembangnya cacing putih halus di aquarium kalian. 

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :