Apa Itu Bakteri Starter Dan Fungsinya - Ikanesia.id

Apa Itu Bakteri Starter Dan Fungsinya

Apa Itu Bakteri Starter Dan Fungsinya - Bakteri starter merupakan mikro organisme atau bibt bakteri yang membantu melawan bakteri potagen yang berdampak buruk untuk ikan hias. Bakteri potagen sendiri biasa disebut bakteri jahat sedangkan fungsi bakteri starter ialah untung mempercepat tumbuhnya bakteri baik sehingga bakteri jahat dapat di lawan dengan bakteri baik.

Bakteri baik berkembang dan akan menempati rumah bakteri yang biasa kita sebut dengan filter biologis. Maka dari itu adanya filter biologis ini sangatlah penting dalam memelihara ikan. Bakteri baik sebenarnya dapat berkembang biak sendiri tanpa menggunakan bakteri starter hanya saja memerlukan proses yang lama dibandingkan menggunakan bakteri starter.

Apa Itu Bakteri Starter Dan Fungsinya

Selain melawan bakteri yang buruk untuk ikan bakteri baik yang seimbang di dalam air dapat membuat air di dalam aquarium atau kolam tetap bening. Bakteri starter saat ini sudah banyak sekali yang menjualnya dan juga sudah banya merk bakteri starter yang beredar di pasaran.

Baca JugaJenis-Jenis Media Filter Biologis Terbaik Untuk Aquarium dan Kolam

Bentuk bakteri starter sendiri ada dua jenis yaitu cair dan bubuk. Bakteri starter yang bagus ialah bankteri starter yang dapat berkembang dengan cepat di dalam air. Hal ini diketahui dengan cara membaca di kemasanya atau claim dari pembuatnya.

Bakteri starter air tawar dan bakteri starter air laut sebenarnya sama saja namun apabila ada produk yang memang untuk air laut kalian bisa pakai yang air laut saja untuk aqaurium marine kalian.

Tentu saja bakteri starter air tawar lebih banyak variasi jenis dan merknya dibandingkan bakteri untuk air laut. Di bawa ini saya kan berikan merk-merk bakteri starter yang beredar di Indonesia :

Daftar Merk Bakteri Starter


1. Bakteri Starter EM4 

Bakteri Starter EM4

Bakteri starter em4 ini biasa digunakan untuk pembudidaya ikan hias ataupun ikan konsumsi. Bakteri jenis cair ini juga cocok sebagai bakteri starter untuk kolam ikan koi. Pilihlah em4 yang berwarna pink karena memang yang warna pink dikhususkan untuk perikanan dan tambak. 

Harga em4 perikanan berkisar 25rb per botolnya isi 1 liter.

2. Bakteri Starter PS BIO

Bakteri Starter PS BIO

PS bio juga merupakan bakteri starter bernetuk cair buatan lokal yang sudah banyak sekali yang menggunakannya. PS Bio ini di kemas didalam bentuk botol plastik dan cairannya berwarna merah.

Setiap menggunakan PS Bio kalian wajib mengocoknya terlebih dahulu dan simpan PS Bio di ruangan tertutup jangan sampai terkena matahari agar bakterinya awet.

PS Bio tersedia dengan berbagai kemasan botol kecil dan botol besar. Harga Ps Bio botol besar sekitar 50rb rupiah.

Baca Juga : Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

3. Bakteri Starter Oxygenic

Bakteri Starter Oxygenic

Bakteri starter oxygenic ini mirip-mirip dengan PS BIO warna nya merah kecoklatan. Oxygenic mempunyai kemasan yang ukuran besar yaitu ukuran 5 liter. Harga probiotik bakteri oxygenic ini sekitar 40rb-50rb rupiah per liter nya dan 140rb rupiah per 5 liter.

4. Bakteri Starter Aqua Sehat

Bakteri Starter Aqua Sehat

Bakteri starter tipe serbuk yang satu ini sudah sangat populer di kalangan aquascape. Bakteri aqua sehat mempunyai kemasan yang lebih hemat yaitu kemasan. Harga bakteri starter aqua sehat ini cukup murah yaitu sekitar 15rb-20rb rupiah per sachet.


5. Bakteri Starter Super Battle Bacteria 10000

Bakteri Starter Super Battle Bacteria 10000

Bakteri starter super battle bacteria 10000 ini di klaim sebagai bakteri starter terbaik karena mengandung 10rb jenis bakteri baik di dalamnya. Tak hanya terbaik bakteri starter yang 1 ini di bandrol dengan cukup mahal yaitu sekitar 450rb rupiah per 20gr. Inilah yang dinamakan ada harga ada kualitas hehe.

6. Bakteri Starter Merk FishCo

Bakteri Starter Merk FishCo

Bakteri serbuk merk fishco ini cukup populer juga di kalangan aquascape dan memang dibuat untuk aquascape. Bakteri fishco ini tersedia kemasan 2gr, 10gr, 40gr dan 100gr. Harga bakteri starter ini mulai dari 6rb rupiah hingga 150rb rupiah tergantung kemasan.


Penutup


Sekian merk daftar bakteri starter terbaik menurut ikanesia.id. Daftar diatas hanya sementara dan akan di update terus.

Bakteri starter diatas aman digunakan untuk aquarium air tawar dan aquarium air laut dan khusus merk em4 diperuntukan untuk kolam.

 Apabila kalian mempunyai produk bakteri starter yang bagus ntah itu produk buatan sedniri atau buatan yang lain bisa kalian email ke admin di ikanesiaid@gmail.com.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel