Cara Karantina Ikan Hias Yang Baik Dan Benar - Ikanesia.id

Cara Karantina Ikan Hias Yang Baik Dan Benar

Cara Karantina Ikan Hias Yang Baik Dan Benar - Tindakan karantina merupakan tindakan yang wajib dilakukan oleh kalian yang ingin mengirim ikan dan menerima ikan hias baru. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir stress pada ikan dan meminimalisir penyakit yang dibawa ikan dari air sebelumnya agar tidak tertular oleh ikan lainnya.

Karena asal ikan yang berbeda itulah maka kalian harus wajib banget melakukan cara ini. Kita tidak tahu ikan yang kita akan beli membawa penyakit atau tidak. Jika membawa penyakit dan ikan yang sudah ada di aquarium sudah sehat ketika kita langsung menaruh ikan baru maka ikan yang tadinya sehat bisa saja langsung menjadi sakit.

Cara Karantina Ikan Hias Yang Baik Dan Benar

Selain mengkarantina ikan baru, kita juga harus mengkarantina ikan hias yang akan dikirim. Hal ini berfungsi agar ikan kuat dalam pengiriman dan tidak keracunan air akibat pada perjalanan ikan sering mengeluarkan kotoran.

Baca Juga7 Tips Membeli Ikan Hias Secara Online

Cara Karantina Ikan Untuk Pengiriman

  1. Pisahkan ikan yang ingin dikirim ke wadah baru agar mendapatkan hasil yang baik.
  2. wadah baru bisa berupa aquarium ataupun bak.
  3. wadah harus disiapkan terlebih dahulu minimal sehari sebelum karantina dengan memflitrasi air di wadah baru.
  4. Masukan ikan dan puasakan ikan 3 hari hingga 5 hari agar ikan tidak kekenyangan dan membuang kotoran dalam perjalanan nantinya.
  5. Berikan obat yang soft alias dosis yang rendah saja agar meminimalisir jamur dan kawan-kawannya.
  6. Setelah prosses karantina lakukan lah prosses pengiriman ikan dengan menggunkan plastik yang layak sesui kapasitas ikan. Jika membutuhkan pakailah lebih dari 1 plastik agar tidak bocor.
  7. Berikan obat anti stress untuk ikan hias agar di perjalanan tidak terlalu stress.
  8. Ikan siap di kirim
Di atas merupakan cara karantina ikan hias untuk pengiriman. Bagaimana dengan karantina ikan yang baru datang ? yuk simak di bawah ini.


Cara Karantina Ikan Yang Baru Datang

  1. Siapkan wadah karantina seperti bak karantina, aquarium karantina yang layak apabila kalian ingin mencampur ikan yang baru dibeli dengan ikan yang sudah ada di aquarium kalian. Hal ini bisa saja tidak berlaku jika kalian baru memelihara ikan dan tidak ada ikan di aquarium kalian alias benar2 awal membeli ikan kalian bisa karantina ikan sekaligus di aquarium utama.
  2. Masukan air yang sudah di endapkan dan lakukan filtrasi dan pemberian gelembung udara minimal h-1 sebelum membeli ikan hias.
  3. Beri obat ikan sesuai kebutuhan dengan dosis rendah. Sebaiknya menggunakan obat untuk parasit ikan seperti anti jamur dan kutu.
  4. Saat wadah karantina sudah siap dan ikan datang lakukan lah penyesusai suhu air yang ada di wadah karantina dengan suhu air di plastik selama kurang lebih 30 menit. Hal ini biasa disebut prosses aklimitasi atau adaptasi ikan.
  5. Masukan ikan pelan-pelan, di rekomendasikan memasukan air aquarium terlebih dahulu ke plastik agar ikan dapat merasakan air barunya. Lalu buang air yang ada di plastik dan masukan ikannya saja.
  6. Puasakan ikan selama 3 hari sambil memantau kondisi ikan.
  7. Pada 3 hari ke atas coba berikan pakan sedikit saja untuk melihat ikan sudah mau makan apa belum.
  8. Karantina ikan yang di rekomendasikan ialah minimal 7 hari masa karantina.
  9. Setelah ikan sudah lulus karantina kalian bisa pindahkan ikan baru kalian ke aquarium utama dan jangan lupa terapkan prosses aklimitasi seperti yang ada pada di poin 4.
  10. Selesai dan pantau ikan kalian agar tetap sehat ya.
Sekian pembahasan cara karantina ikan hias yang baik dan benar. Karantina ini sebenarnya sangatlah merepotkan namun baik dalam kesehtan ikan kalian. Biasanya jika tidak melakukan karantina ikan banyak sekali dari kalian yang heran dan bertanya : kok baru beli ikan nya langsung mati ?. Pas beli sehat dan masuk aquarium baru sehari ikan saya mati dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Yk coba lakukan karantina ikan jika kalian mengalami masalah tersebut.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel