Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat - Ikanesia.id

Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat

Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat - Tidak hanya soal makanan, ikan bisa saja akan mati ketika membutuhkan kadar oksigen yang terlarut dalam air yang cukup. Ciri ikan yang sehat adalah aktif dan terlihat sangat cerah, apalagi jika ikan hias yang memiliki warna yang menarik. Sisik ikan yang sehat juga akan terlihat bersih dan tidak mengelupas. Namun jika kalian menemukan tanda tanda ikan tidak sehat, maka kalian harus tahu cara mengatasi ikan sekarat. Yuk simak ulasan selengkapnya berikut.


Cara Mengatasi Ikan Yang Sekarat Dengan Tepat



Tips Mudah Untuk Mengatasi Ikan yang Hampir Sekarat 


1 Melakukan Pergatian Air 

Ikan dalam akuarium seringkali akan mengeluarkan banyak kotoran sehingga menyebabkan air akuarium menjadi kotor. Akuarium yang sangat kotor ini akan menyebabkan penuhnya bakteri dan alga yang tumbuh dengan cepat. Hal ini lah yang menjadi pemicu ikan mudah sekali sakit dan hampir sekarat. Untuk menanganinya kalan bisa melakukan pergatian air secara rutin untuk menyelematkan ikan dalam akuarium. 

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah memindahkan ikan ke akuarium yang terpisah ketika hendak membersihkan dan mengganti air. Lakukan pembersihan akuarium secara rutin dalam seminggu sekali untuk mencegah munculnya bakteri. Usahakan untuk tidak menggunakan zat kimia apapun di dalam air sehingga tidak akan membunuh ikan. Jika sudah isilah akuarium dengan air keran dingin agar bersih dan segar. 


2. Selalu Rutin Untuk Memeriksakan Kualitas Air 

Menjaga kualitas air dalam kolam memang sangat penting sekali untuk dilakukan. kebanyakan ikan yang sekarat bisa dipulihkan dengan melakukan perubahan suhu pada air. Mengatasi ikan sekarat akan sangat terbantu dengan memperhatikan kualitas dalam air. Kalian dapat membeli perangkat penguji akuarium di hampir semua toko heran yang dekat dengan rumah anda. 

Perangkat untuk melakukan pengujian ini akan mengenai masalah pada akuarium seperti kadar ammonia yang tinggi. Jika sudah ujilah suhu air untuk memastikan jika air berada diantara 10 hingga 25 derajat celcius. Kemudian lakukan pengujian tingkat keasaman air yang ada dalam akuarium. Umumnya jenis ikan akan tumbuh dengan baik pada pH netral yaitu tingkat 7. Apabila terlalu sama maka akan kalian bisa membeli penetralisasi kimiawi hampir semua toko hewan. 

3. Memisahkan Ikan yang Sakit 

Agar penyakit ikan tidak akan menular ke ikan yang lain, maka kalian bisa memisahkan ikan yang sakit. Penting kiranya untuk memisahkan ikan yang sakit dengan ikan yang sehat agar mendapatkan perawatan yang khusus. Untuk mengatasi ikan sekarat maka pindahkan ikan yang sakit ke akuarium menggunakan kantung plastik yang diletakkan di dalam tas kertas untuk menghindari stress pada ikan. 

Kalian mungkin akan mengisi air ke akuarium yang baru dari akuarium yang lama. Namun apabila airnya merupakan penyebab ikan kalian sekarat, maka langkah ini justru akan memperburuk permasalahan. Apabila kalian meletakkan ikan di dalam air baru, maka letakkan kantung plastik pada beberapa menit selama di dalam air untuk membantunya menyesuaikan diri. 


4. Melakukan Pemeriksaan Pada Ikan 

Setelah kalian berhasil membersihkan akuarium dan mengganti air, maka amati ikan selama beberapa hari untuk melihat apakah tindakan ini berhasil memulihkannya. Biasanya kalian akan mendapatkan hasil penyebabnya sesegera mungkin. Tunggulah selama satu atau dua hari sebelum mencoba pengobatan lain sehingga akan memastikan perkembangan kesehatan ikan setiap harinya.

5. Kenali Gejala Gejala Ikan yang Sakit 

Ada banyak sekali gejala yang berbeda untuk penyakit ikan pada umumnya. Kalian seagai pecinta ikan harus mengetahui dengan jelas untuk menyelamatkan ikan dari kematian. Pertama adalah dengan memeriksa tanda tanda penyakit sebelum memberi makan ikan. Kalian juga harus mengetahui beberapa gejala seperti ikan yang terenggah enggah, dan menyusuri akuarium. Dengan mengetahui bagaimana mengatasi ikan sekarat, maka kalian bisa menyelematkan ikan tersebut.
Dengan mengetahui beragam cara untuk mengatasi ikan yang hampir sekarat, maka kalian akan bisa memberikan penanganan yang tepat untuk ikan ikan tersebut. Apabila cara cara tersebut tidak juga berhasil, maka bawalah ikan ke dokter hewan atau yang ahli dalam pengobatan ikan terdekat untuk mendapatkan penjelasan mengenai penyakit ikan. Selalu rajin untuk membersihkan akuarium ikan sehingga ikan kalian akan tetap sehat dan terlindungi

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel