Jenis Ikan Sumatra Atau Tiger Barb Beserta Harganya - Ikanesia.id

Jenis Ikan Sumatra Atau Tiger Barb Beserta Harganya

Jenis Ikan Sumatra Atau Tiger Barb Beserta Harganya - Tiger barb atau ikan yang dikenal juga sebagai ikan sumatra ini merupakan ikan hias air tawar yang cukup populer di Indonesia. Ikan sumatra mempunyai nama latin Puntius Tetrazona ini termasuk ikan dari keluarga Cyprinidae.

Ikan sumatra mudah sekali ditemukan di pedagang ikan hias sekitar tempat kamu tinggal. Ikan sumatra ini biasa digunakan sebagai ikan aquascape ataupun ikan tankmate. Ikan sumatra juga ahli dalam membantu memakan kutu jangkar ataupun kutu lainnya di ikan hias kalian.

Maka dari itu ikan ini mempunyai manfaat yang baik jika dijadikan tankmate ikan hias kalian. Ikan ini juga biasa ditaruh dikolam ikan koi sebagai ikan pemakan kutu.


Jenis Ikan Sumatra Atau Tiger Barb Beserta Harganya

Habitat Asli Ikan Sumatra

Tidak hanya berasal dari Sumatra ikan tiger barb ini juga tersebar ke perairan Kalimantan dan juga terdapat di perairan Thailand.


Karakteristik Ikan Sumatra

Ikan Sumatra sebenrnya bukanlah ikan galak hanya saja ikan tersebut memang jail dan sering menganngu ikan ikan hias lainnya. Terkadang jika ikan hias lainnya terdapat kutu di badannya ikan sumatra akan mengejarnya dan mengigit-gigit badan ikan tersebut sampai kutunya hilang.

Ikan Sumatra ini hanya dapat tumbuh besar sampai ukuran 10 cm saja maksimalnya. Ikan ini dapat hidup hingga 4 tahun.

Jenis-Jenis Ikan Sumatra Atau Tiger Barb Beserta Harganya

1. Ikan Sumatra / Tiger Barb ( Systomus tetrazon )


Ikan tiger barb jenis ini merupakan ikan yang paling sering kita jumpai ketika kita membeli ikan hias. Harga ikan ini cukup murah yaitu mulai dari 2500 rupiah per ekornya.

2. Ikan Sumatra / Tiger Barb Ballon ( Systomus tetrazon )

Ikan Sumatra / Tiger Barb ( Systomus tetrazon )

Sama seperti ikan sumatra jenis no 1, perbedaannya hanya ikan ini bertubuh lebih besar di bagian perutnya sehingga disebut ikan sumatra balon. Untuk jenis balon di bandrol mulai dari 10rb rupiah per ekornya. Ada juga yang jenis slayernya, untuk jenis slayer ikan sumatra jenis ini dihargai mulai dari 15rb rupiah.

3. Ikan Sumatra Hijau / Green Tiger Barb



Sesuai namanya ikan sumatra hijau mempunyai ciri-ciri berwarna hijau pada bagan tubuhnya dan ekor serta mulutnya berwarna orange atau merah. Harga ikan sumatra hijau di bandrol mulai dari 5rb rupiah per ekornya. Sedangkan ikan sumatra hijau slayer kalian bisa tebus di harga mulai dari 10rb rupiah per ekornya.

4. Ikan Sumatra Albino / Tiger Barb Albino

Ikan Sumatra Albino / Tiger Barb Albino

Ikan sumatra juga ada versi albononya loh, warna nya cukup unik kombinasi antara putih merah dan pink membuatnya terlihat menarik jika dipelihara. Harga ikan sumatra albono bisa kalian dapatkan mulai dari harga  8rb rupiah per ekornya untuk jenis normal. Untuk harga ikan sumatra albono slayer bisa kalian dapatkan di harga 15rb rupiah.

Makanan Ikan Sumatra

Dalam hal makanan ikan sumatra gampang sekali karena hampir memakan apa saja yang menuruntya bisa dimakan. Makanan terbaiknya ialah cacing beku atau bisa juga pelet yang berukuran kecil-kecil.


Cara Budidaya Ikan Sumatra

Peluang budidaya ikan sumatra ini cukup menjanjikan karena omsetnya pun sangat tinggi sesuai dengan permintaan pasar. Maka dari itu gak ada salahnya buat kalian yang bingung mau budidaya ikan hias air tawar jenis apa, boleh mencoba jenis ikan sumatra ini.

Pertama-tama dalam hal budidaya ikan kalian harus tahu terlebih dahulu cara membedakan mana ikan yang jantan dan mana ikan yang betina. Cara membedakan jantan dan betina ikan sumatra ialah dapat dilihat dari ukuran badan, Ikan sumatra betina mempunyai ukuran badan yang lebih besar dari ikan sumatra jantan sedangkan ikan jantan mempunyai warna yang lebih jelas daripada ikan betina. Agar dapat membedakan dengan cara ini usia ikan sumatra harus diatas 6 bulan.


Setelah sudah mengetahui cara membedakannya barulah kalian boleh melakukan tahapan pemijahan ikan sumatra ini. Langkah-langkah pemijahannya sebagai berikut :
  1. Siapkan wadah bisa aquarium ataupun kolam minimal 15-30 liter air untuk 1 pasangan ikan sumatra.
  2. Pilihlah pasangannya, Untuk pejantan pilih yang berwarna cerah dan aktif berenangnya sedangkan betina pilihlah yang ukuran badannya besar.
  3. Tambahkanlah daun-daunan atau media untuk menempelkan telur.
  4. Atur suhu air dikisaran 25 dan 27 celcius, jaga tetap di angka tersebut ya.
  5. Setelah wadah siap barulah ikan dimasukan pada malam hari agar dapat hasil yang maksimal.
  6. Setelah ada telur di daun-daunan atau media bertelur, Angkatlah indukannya supaya telur-telur yang ada tidak dimakan.
  7. Biasanya setelah 3 sampai 5 hari ikan akan menetas dan menjadi burayak ikan sumatra.
  8. Pada usia 1 minggu lebih kalian bisa memeberikan makan burayak ikan sumatra dengan kuning telur ataupun artemia.
  9. Rawat burayak ikan sumatra sampai besar deh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel