7 Jenis Makanan Ikan Mujair dari Bahan-Bahan Alami - Ikanesia.id

7 Jenis Makanan Ikan Mujair dari Bahan-Bahan Alami

Ikanesia.id - Pada saat ini, makanan untuk ikan mujair sangatlah bervariatif. Selain yang berasal dari bahan kimia, makanan ikan mujair juga dapat kalian peroleh dari bahan-bahan alami.

Siapa sih yang tidak mengenal ikan mujair? Sebagian besar dari kalian tentu mengenalnya, bukan? Pasalnya, ikan mujair atau ikan yang mempunyai nama ilmiah Oreochromis mossambicus ini memiliki populasi yang terbilang cukup banyak di Indonesia. Namun, apakah kalian tahu apa makanan ikan mujair? 

7 Jenis Makanan Ikan Mujair dari Bahan-Bahan Alami


Makanan untuk ikan mujair ini sejatinya sangat beragam. Mulai dari makanan-makanan alami, hingga yang dijual di pasaran dalam bentuk pelet ikan. Buat kalian yang belum tahu atau mungkin sedang mencari tahu, simak informasi berikut ini sampai habis, ya! 

1. Daun Talas

Apakah kalian pernah mengonsumsi daun talas? Daun talas ternyata juga dapat kalian jadikan sebagai sumber makanan bagi ikan mujair. Kalian juga dapat memperoleh daun talas ini dengan mudah. Sebab, di sekitar kebun maupun sungai ditemukan banyak pohon talas yang tumbuh secara liar.
Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Lele Untuk Usaha Sampingan

2. Lumut

Salah satu makanan ikan mujair yang mudah didapat yaitu lumut. Umumnya, lumut akan banyak dijumpai di tempat-tempat yang lembab. Kalian juga dapat menjumpainya di kolam ikan. Nah. bagi kalian yang memiliki hobi memancing, kalian dapat menggunakan lumut ini sebagai makanan ikan mujair untuk memancing.
Baca Juga : Jenis Ikan Air Tawar Konsumsi Beserta Harganya
Namun, jika kalian memiliki kolam sendiri di rumah, kalian tak perlu khawatir. Mayoritas kolam ikan akan ditumbuhi lumut dengan sendirinya. Dengan begitu, kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari lumut sebagai makanan ikan mujair.

3. Cacing Tanah

Kalian juga dapat memanfaatkan cacing tanah sebagai sumber makanan ikan mujair. Cacing tanah memiliki kandungan protein dan juga lemak yang sangat baik untuk mempercepat pertumbuhan. Dengan menjadikan cacing tanah sebagai sumber makanan tambahan, ikan mujair yang kalian budidaya dapat berkembang dengan pesat.

4. Kangkung

Tanpa kalian sadari, kangkung ternyata juga dapat dijadikan sebagai salah satu makanan ikan mujair supaya cepat besar. Kangkung memiliki kandungan gizi yang dapat merangsang pertumbuhan si  ikan mujair. Tak hanya itu, kangkung juga dapat ditemukan dengan mudah dengan yang juga cenderung lebih murah.

5. Cacing Sutra

Buat kalian yang bingung apa itu cacing sutra, cacing sutra yaitu sejenis hewan dengan ukuran yang kecil. Umumnya, cacing sutra digunakan untuk makanan ikan mujair yang masih kecil. Kandungan protein yang dimiliki cacing sutra ini sangat baik untuk merangsang pertumbuhan agar anakan ikan mujair lebih cepat besar.
Baca Juga : Daftar Harga Cacing Darah Beku Terbaru 2020

6. Dedak

Tahukah kalian? Dedak ternyata tidak hanya dapat digunakan untuk sumber makanan ayam saja. Kalian juga dapat menjadikan dedak sebagai sumber makanan bagi ikan mujair.

Pasalnya, dedak memiliki kandungan karbohidrat yang dapat membantu pertumbuhan anak ikan mujair. Harga dedak ini pun cukup murah dan dapat kalian temukan dengan mudah di warung-warung.

7. Nasi

Kali ini tidak ada lagi istilah nasi sisa terbuang sia-sia. Kalian dapat memberikan nasi sisa tersebut sebagai makanan untuk ikan mujair. Kandungan karbohidrat nasi yang tinggi dapat mempercepat perkembangan ikan mujair. Ikan-ikan mujair tersebut pun akan menjadi besar dalam waktu yang relatif lebih singkat.

Jadi, makanan ikan mujair ini sangatlah bervariatif. Kalian dapat memberinya makan dari bahan-bahan alami seperti yang sudah disebutkan di atas. Tak hanya itu, kalian juga dapat membeli pelet ikan yang saat ini sudah tersedia di toko-toko yang menjual peralatan memancing atau perlengkapan budidaya ikan.

Nah, cukup sekian pembahasan jenis-jenis makanan ikan mujair, khususnya yang berasal dari bahan-bahan alami. Jangan lupa share tulisan ini ke orang lain. Siapa tahu mereka juga sedang membutuhkan informasi ini. Selamat beraktivitas kembali!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :