Cara Merawat Ikan Cupang Agar Selalu Sehat - Ikanesia.id

Cara Merawat Ikan Cupang Agar Selalu Sehat

Ikanesia.id - Untuk bisa menikmati keindahan ikan cupang, kalian harus mengerti cara merawat ikan cupang, baik ekor, tubuh, dan tempat tinggalnya. Agar si ikan bisa hidup nyaman dan tidak mudah stres.

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias yang digemari pecinta ikan hias, bukan saja karena bentuknya yang indah tapi juga karena cara merawat ikan cupang yang cukup mudah. 


Cara Merawat Ikan Cupang Agar Selalu Sehat

Tapi tetap saja kalau perawatannya salah akan berdampak pada daya tahan tubuh, hingga kecantikan tubuhnya. Lantas seperti apa cara tepat untuk merawat si kecil yang lincah ini?
Baca Juga : 55 Jenis Ikan Cupang

Jemur Ikan

Ternyata bukan manusia saja yang dianjurkan berjemur dipagi hari, ikan cupang juga sebaiknya dijemur bersama wadahnya di pagi hari selama beberapa menit. Ini juga jadi cara merawat ikan cupang biar cantik, selalu sehat, warnanya tetap cerah, dan tubuhnya sehat terkena sinar matahari.

Saat menjemur sebaiknya kalian menemaninya, atau gunakan wadah terbuka agar sirkulasi udara lancar, dan kuman yang ada di dalam air bisa mati akibat kena sinar matahari. Apakah harus setiap pagi? Sebaiknya iya, tapi jika waktu Kalian tidak memungkinkan, bisa dilakukan sekali dua hari atau dua kali seminggu.


Makanan

Trik memberi makanan untuk ikan ini adalah, pastikan waktu pemberian teratur dua kali sehari. Misalnya kalian tetapkan pukul 08.00 dan pukul 17.00, maka usahakan untuk konsisten memberikan pada waktu tersebut setiap hari.

Soal cara memberikan, cukup disebar di atas permukaan air dan biarkan si ikan mengambil makanannya sendiri. Tapi usahakan jangan memberikan makanan terlalu banyak, untuk menghindari ikan jadi kembung dan mual. Ini masuk dalam salah satu cara merawat ikan cupang agar cepat besar, tapi dengan cara yang cerdas.

Jika kalian meninggalkan ikan cupang berlibur atau pulang kampung pasti banyak yang bertanya berapa hari ikan cupang sanggup tidak makan ?. Jawabannya ialah ikan cupang sanggup dan kuat tidak makan hingga sekitar 10-14 hari.
Baca Juga : Makanan Ikan Cupang Agar Warnanya Bagus Beserta Harganya

Pilih Aquarium

Sebaiknya kalian memilih wadah yang tidak terlalu besar jika ingin memelihara ikan cupang, biasanya ukuran wadah berkisar 20x15x15 cm. Bisa berbentuk bulat atau persegi, yang penting terbuat dari bahan kaca yang transparan.

Jangan lupa untuk menambahkan hiasan yang mirip dengan habitat asli si ikan, misalnya ditambahkan kerikil warna warni. Bisa juga rumput pajangan yang akan dijadikan arena bermain oleh ikan cupang. Jika hanya aquarium polos, maka ikan bisa cepat stres alhasil pertumbuhannya juga akan terganggu.  

Baca Juga : Daftar Harga Aquarium

Jenis Air

Gunakan air tawar yang bersih untuk dijadikan air di dalam aquarium, jangan menggunakan air mineral kemasan atau galon. Karena air tersebut sudah terkontaminasi dengan zat kimia yang bisa mengganggu proses tumbuh kembang ikan.

Jika kalian hanya memiliki air PDAM, bisa dipakai setelah diendapkan selama 24 jam atau lebih, agar bahan kimia yang ada di dalamnya mengendap dan tidak ikut masuk ke dalam wadah ikan cupang.


Kapan Membersihkan Aquarium?

Ini jangan sampai diabaikan, walaupun kalian sibuk dengan aktivitas lain tapi usahakan untuk membersihkan wadah ikan sekali seminggu. Untuk menghindari berkembangnya kuman dan bakteri yang bisa muncul dari sisa makanan yang mengendap atau kotoran ikan yang bertebaran.

Kalau tidak dibersihkan secara rutin juga akan berdampak pada keaktifan ikan, juga keindahan tubuhnya, karena ketika air keruh tentu membuat kotoran menempel pada tubuh ikan. Alhasil keindahannya yang selama ini jadi kebanggaan akan hilang karena salah kalian sendiri yang tidak merawatnya.
Baca Juga : Cara Merawat Air Aquarium Agar Tetap Bersih Dan Kinclong

Berinteraksi Dengan Ikan

Jangan abaikan interaksi dengan ikan kesayangan hobbies,  sapalah ikan cupang sesering mungkin. Bisa dengan meatih ikan di pagi hari dan sore har dengan menggunakan kaca, dan sering perhatikan ikan agar ikan tidak terbiasa dengan manusia. karena semua jenis ikan cupang  sangat membutuhkan kedekatan emosional dengan siapa yang memeliharanya.


Jadi mulai sekarang cobalah untuk menerapkan cara merawat ikan cupang yang benar, seperti informasi di atas. Karena walaupun hanya hewan kecil, ikan cupang tetap butuh perawatan terbaik jika kalian ingin mendapatkan manfaat dari memeliharanya. Lagipula semua bisa dilakukan tanpa keluar banyak energi, biaya dan waktu!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel