Ingin Punya Aquarium Air Laut? Ketahui 4 Hal Ini Dulu - Ikanesia.id

Ingin Punya Aquarium Air Laut? Ketahui 4 Hal Ini Dulu

Ikanesia.id - Bagi beberapa orang, memiliki aquarium air laut lebih menantang dan menyenangkan. Kalau kalian juga tertarik, simak informasi berikut terlebih dahulu ya.

Dibandingkan aquarium air tawar, aquarium air laut dinilai lebih memberikan nilai plus untuk keindahan rumah. Itulah mengapa para pecinta ikan hias sebaiknya tidak melewatkan aquarium satu ini untuk dimiliki, termasuk kalian. Akan tetapi dengan catatan bila kalian juga hobi memelihara ikan.

Ingin Punya Aquarium Air Laut? Ketahui 4 Hal Ini Dulu


Kalian bisa membuat aquarium ini sendiri kok, karena caranya sangat mudah walaupun prosesnya cukup lama, mungkin sekitar 4 bulan. Namun, sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui seputar aquarium satu ini. Kurang lebih sebagai berikut.
Baca Juga : 17 Jenis Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Informasi Penting Mengenai Aquarium Air Laut Bagi Pemula


1. Perawatannya Cenderung Lebih Rumit

Sebagai pemilik, tentu kalian ingin agar aquarium yang dimiliki bertahan lama bukan? Agar bisa seperti itu, tentu kalian harus memberikan perawatan yang optimal, dan mengenai perawatan ini perlu diketahui bahwa perawatan aquarium dengan air laut cenderung lebih rumit dibandingkan dengan aquarium air tawar.

Jika kalian salah memberikan perawatan, ini bisa berdampak tidak bagus baik pada ikan maupun pada ekosistem atau dekorasi yang ada di dalamnya. Namun kalian juga harus tahu kalau perawatan ini juga berkaitan dengan ukuran aquarium loh.

2. Ukuran Aquarium yang Disarankan

Masih menyambung dari poin yang sebelumnya, ukuran aquarium air laut yang ideal adalah yang ukurannya sedang, dan yang disarankan sekitar 1 meter.  Sayangnya, pemula lebih memilih aquarium yang ukurannya kecil atau nano aquarium dengan alasan lebih mudah dalam perawatannya.

Sebenarnya hal tersebut tidak salah, namun aquarium yang ukurannya kecil juga lebih rentan terkena sejumlah masalah karena hanya mampu menampung sedikit air.
Sementara itu, jika aquarium berukuran sedang, ruangannya lebih luas dan misalkan terdapat kesalahan dalam perawatan, kalian juga bisa lebih mudah memperbaikinya. 
Nah, kalau untuk aquarium yang ukurannya besar, perawatannya jelas lebih sulit. Biayanya pun akan lebih tinggi dan memerlukan waktu yang lebih lama.

3. Ragam Peralatan yang Diperlukan

Selain aquarium, peralatan lain yang juga kalian perlukan di sini ialah pompa air yang akan mendukung sirkulasi air, chiller untuk menurunkan suhu air laut, coil denitrator untuk menetralisir nitrat dari kotoran para ikan, calcium reactor sebagai penambah kandungan kalsium serta skimmer sebagai pemecah kotoran.

Tentunya, harga peralatan aquarium air laut tersebut bervariasi ya tergantung pada merk dan tempat pembeliannya. Selain itu, kalian juga akan memerlukan filter untuk menyaring kotoran sekaligus lampu sebagai pencahayaan. 

Pencahayaan ini sangat penting loh dan harus kalian pikirkan terutama jika kalian menambahkan koral ke dalam aquarium. Pasalnya, koral tersebut sangat memerlukan cahaya yang memadai agar bisa tumbuh dengan baik.
Baca Juga : Jenis Ikan Laut Dalam Yang Kalian Harus Tahu
Nah, untuk kebutuhan pencahayaan akuarium air laut ini, kalian bisa mengandalkan lampu LED. Lampu ini mempunyai sejumlah kelebihan seperti hemat listrik, awet serta mempunyai spektrum warna yang bagus bagi pertumbuhan koral.

4. Jenis Koral yang Bisa Dimasukkan dalam Aquarium

Selain memerlukan berbagai peralatan di atas, kalian juga perlu menyediakan hiasannya ya. Hiasan ini meliputi pasir laut baik yang kasar maupun yang halus, rumput dan juga koral.

Mengenai koral, koral itu macam-macam, karenanya kalian harus memilih mana yang paling tepat sebagai tempat bermain ikan. Kurang lebih 3 jenis koral berikut bisa kamu jadikan pilihan, yaitu:

  1. Soft coral, ini adalah koral yang paling mudah dirawat dan mampu bertahan dengan aneka macam sistem pencahayaan
  2. Large Polyp Stony Coral, ini adalah jenis yang memerlukan perawatan lebih rumit mengingat coral ini cenderung sensitif terhadap lingkungan. Pencahayaan yang dibutuhkan juga termasuk sedang
  3. Small Polyp Stony Coral, ini adalah jenis yang memerlukan banyak cahaya serta nutrisi yang lebih rendah. Namun koral jenis ini juga lebih cocok untuk orang-orang yang sudah ahli dalam hal aquarium

Memiliki aquarium air laut tentu menjadi kebanggaan dan kesenangan tersendiri. Akan tetapi ya itu, perawatannya lebih rumit dan pembuatannya juga lebih lama. Namun kalau kalian mau yang instan, banyak juga kok yang menjual aquarium jenis ini.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :