Rekomendasi Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar - Ikanesia.id

Rekomendasi Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar

Ikanesia.id - Membudidayakan ikan Mas memang harus pintar, makanan terbaik akan memberikan efek cepat pertumbuhannya.

Siapa yang tidak mengenal ikan Mas, ikan paling populer dari jenis-jenis ikan air tawar yang dikonsumsi oleh masyarakat. Ikan ini memang memiliki rasa yang lembut, gurih dan juga enak. Maka tidak heran banyak yang menyukainya.

Rekomendasi Pakan Ikan Mas Supaya Cepat Besar


Ikan Mas dengan pasar konsumsi yang begitu besar memang menguntungkan untuk tujuan pengembangan bisnis ternak ikan. Tapi masih banyak juga orang yang tidak begitu paham tentang dunia ikan kemudian nekat terjun membudidayakan ikan Mas.

Baca Juga : Jenis-jeinis Ikan Mas Koki

Karena itulah kalian yang akan memulai budidaya ikan Mas harus paham tentang apa saja pakan ikan Mas supaya cepat besar sehingga keuntungan yang akan didapatkan semakin mengalir deras.

Cacing tanah

Pakan alami ini adalah yang paling favorit bagi pecinta dunia ikan, baik pembudidaya, ikan hias atau para pemancing sering memanfaatkan cacing tanah ini sebagai makanan dari ikan.

Ikan Mas sendiri memang sangat suka pada cacing tanah ini, memberikan cacing tanah pada ikan Mas akan memberikan pertumbuhan yang cepat dari ikan kalian. Kandungan 40% protein dari ikan Mas adalah penyebab dari tumbuhnya ikan begitu cepat.

Ulat daun pisang

Budidaya ikan Mas akan sukses jika pemberian makannya teratur dan tepat. Artinya anda harus memberikan makanan pada ikan Mas yang sesuai, salah satu makanan yang cepat membuat besar adalah ulat daun pisang.

Kandungan nutrisi dari ulat daun pisang sangatlah tinggi, hal ini yang menjadikan sebab ikan Mas yang diberikan makanan ulat tersebut akan cepat tumbuh dan besar.

Cacing sutra

Bagi yang belum mengetahui, cacing sutra ini tentu bukanlah cacing tanah. Yang membedakan adalah bentuknya yang lembut seperti sutra.

Pemberian pakan alami ikan Mas harus sesuai umurnya, cacing sutra ini sangat bagus sekali untuk masa pembibitan, artinya ketika ikan Mas masih kecil-kecil.
 
Walau cacing sutra kecil tapi kandungan proteinnya lebih tinggi dari cacing tanah yakni sekitar 45%, maka memang cukup bagus untuk proses pertumbuhan ikan Mas kalian.

Pelet

Pelet ini bisa sebagai makanan ikan ketika ikan sudah cukup besar, artinya ketika masa pembibitan bisa dipakai tapi tidak efektif karena ikan belum bisa memakannya.

Pelet akan sangat bagus sekali juga digunakan untuk makanan pada ikan Mas yang sudah dewasa. Agar ikan Mas tumbuh besar dengan cepat maka pelet bisa anda kombinasikan dengan cacing tanah atau ulat daun pisang.

Caranya jangan memberikan makanan bersamaan, misal pelet dengan cacing tanah. Tapi berikan, misal pelet pagi hari, cacing tanah pada sore hari, atau bisa juga sebaliknya. Agar pelet memberikan efek pertumbuhan yang pesat, maka pilihlah yang memiliki protein lebih dari 30%.

Baca Juga : Pakan Ikan Koi Lokal Terbaik

Sekam padi

Sekam padi menjadi variasi dari makanan ikan Mas anda, sebenarnya ikan Mas adalah tipe ikan omnivora yakni hewan pemakan tumbuhan dan daging. Salah satu tumbuhan untuk pakan ikan Mas adalah sekam padi ini.

Tapi cara penyajiannya jangan hanya sekam padi saja, harus dicampur dengan arang kelapa, tetes tebu dan tepung ikan. Kombinasi inilah kemudian jika diendapkan akan menjadi pelet alami.

Ketika pelet alami sudah jadi maka kalian bisa memberikan makanan pada ikan kalian, dan tunggu saat ikan Mas tumbuh besar.

Memulai bisnis budidaya ikan mas memang menguntungkan sekali, tapi yang perlu kalian lakukan adalah bersabar. Pertumbuhan ikan kadang tidak bisa diprediksi walau sudah memberikan pakan terbaik.

Karena selain memberikan pakan ikan Mas agar supaya cepat besar harus dibarengi dengan pengelolaan kolam yang baik agar ikan tidak stres dan mati. Kalian akan rugi jika ikan stress maka perhatikan hal ini juga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Artikel Yang Mungkin Kalian Suka :