Ternyata Umur Ikan Arwana Bisa Capai Puluhan Tahun ! - Ikanesia.id

Ternyata Umur Ikan Arwana Bisa Capai Puluhan Tahun !

Ternyata Umur Ikan Arwana Bisa Capai Puluhan Tahun !

Ikanesia.id - Arwana dikenal sebagai ikan hias yang mahal dan indah. Ternyata, umurnya juga bisa mencapai puluhan tahun, loh.

Hobbies pasti udah gak asing nih sama ikan yang satu ini. Ikan yang terkenal harganya mahal dan bentuknya yang unik ini sering mengingatkan pada pelawak Tukul Arwana. Tapi kalian tahu tidak, umur ikan arwana ternyata bisa sampai puluhan tahun loh. Yuk simak infonya di bawah ini!

“Ikan Naga” yang Indah dan Mahal

Ikan arwana adalah ikan air tawar spesies asia yang dikenal badannya panjang dan memiliki sisik yang mengkilap serta warna khas yang menawan. Ia tersebar di berbagai penjuru dunia. Ikan yang sudah ada sejak zaman purba ini sebagian spesiesnya dilindungi.

Tak hanya indah, ikan arwana pernah memiliki harga yang fantastis, walau sekarang sudah turun lagi. National Geographic menyatakan, Ikan arwana asli asia adalah ikan termahal di dunia. Harga ikan ini bisa mencapai 300 ribu dollar atau sekitar 42 juta rupiah.

Oleh orang Tionghoa, ikan arwana biasa disebut ikan naga karena dianggap membawa keberuntungan. Motif bergelombang yang dimiliki di tubuhnya memberi kesan indah. Ia juga memiliki kumis dan sirip yang khas.
Baca Juga : Tips Membeli Ikan Arwana Untuk Pemula

Jenis Ikan Arwana

Jenis arwana sangat banyak, Hobbies. Di antaranya arwana super red, arwana banjar, arwana papua, arwana golden pino, arwana silver, serta arwana red tail golden. Semuanya memiliki ciri khas yang berbeda.

Arwana Super Red dapat dikenali jika melihat warna kemerahan yang muda di sirip, bibir serta sungutnya. Ia banyak ditemui di Kalimantan Barat. Harga jual sekitar dua hingga empat puluh juta rupiah.
Baca Juga : 11 Jenis Ikan Arwana Atau Ikan Arowana Lengkap Beserta Harganya

Habitat ikan arwana

Arwana Banjar ada di Banjar, Kalimantan. Siripnya yang berwarna oranye membuatnya mudah dikenali.

Arwana Papua tentu sering ditemui di Papua. Jenis ini memiliki sirip yang hitam dengan bintik keemasan.

Arwana Golden Pino sering dipanggil Arwana Hijau tersebar di lingkup Asia Tenggara. Seperti namanya, arwana ini memiliki padan warna hijau dengan kuning dan emas.

Arwana Silver berasal dari Brasil. Satu ekor induk ikan arwana silver bisa menghasilkan 100 ekor. Tetapi perawatan agak sulit, karena harus menjaga temperatur sesuai kebutuhan yakni 30 derajat.

Arwana Red Tail Golden banyak tersebar di kepulauan riau dan pulau lain di Sumatera. Warna ikan arwana jenis ini sangat indah, memadukan hijau, biru merah serta kuning keemasan.

Bisa Berumur Puluhan Tahun

Hobbies, rata-rata umur ikan arwana hanya 10-15 tahun. Tetapi, bisa mencapai puluhan tahun asal mendapat cara merawat ikan arwana yang tepat. Oktober tahun 2019, Lucky Harun Channel mengunjungi Farm Arowana Suk Eng Pang yang ada di Cibinong Bogor. Di sana mereka memiliki ikan arwana yang berumur 42 tahun. Wah, bisa diwariskan ke anak cucu nih!

Umur ikan arwana induk bisa bertahan selama lima belas tahun. Dengan catatan masa produktifnya hanya di kisaran 3-4 tahun.

Menurut pengamatan pembudidaya, ikan arwana bisa mencapai umur 50 tahun jika dirawat dengan baik. Air perlu diganti setiap minggu. Usahakan juga mendapatkan suhu yang dingin agar ikan arwana bisa tumbuh dengan nyaman.

Memberi makan juga harus rutin untuk menjaga kebugaran. Hobbies tidak perlu menambahkan obat-obatan. Cara merawat ikan arwana yang disebutkan sebelumnya sudah cukup.

Hal yang paling penting adalah konsisten untuk merawat dan menyayangi ikan arwana. Perlu kesabaran untuk memenuhi kebutuhan dasar dari ikan arwana.

Wah, menarik sekali info yang di atas tadi ya, Hobbies. Menambah pengetahuan tentang umur ikan arwana dan pastinya bermanfaat untuk kalian yang penasaran atau ingin mulai membudidayakan ikan arwana. Kalian jangan ragu ya, mulai aja dulu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel